Ilustrasi Kelebihan Pipa Plastik dan Mengenalnya

Kelebihan Pipa Plastik dibanding produk pipa dari bahan lain adalah harganya yang lebih ekonomis, ringan dan mudah dalam hal instalasi serta mobilisasi. Nah dibedakan berdasarkan jenisnya, berikut beberapa ragam produk pipa thermoplastik terbaik.

Thermoplastik merupakan material plastik yang diolah dengan cara dipanaskan (akan memeleh) dan akan mengeras pada saat suhu normal. Mudahnya proses produksi dan ragam karakteristik material berkualitas membuat pipa thermoplastik kerap digunakan untuk beragam kebutuhan.

Berikut beberapa jenis produk pipa thermoplastik yang bisa kita jumpai di pasar, sekaligus kelebihan pipa plastik ini masing-masing :


Kelebihan Pipa Plastik HDPE

Pipa HDPE merupakan jenis produk piping dari material thermoplastik dengan karakter istimewa. Yakni dengan tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik, namun tingkat keretakan sangat rendah. Sehingga material ini pada umumnya tak mudah rusak.

Untuk kebutuhan produk pipa, bahan ini memiliki karakter sangat baik, sehingga direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan. Karakter ini juga membuat produk dengan bahan baku High Density Polyethylene berstandard Food Grade.

Dalam aplikasinya, Pipa HDPE memiliki risiko kecil mencemari saluran air bersih. Material yang kuat juga membuat produk dapat digunakan hingga usia penggunaan lebih dari 50 tahun, minim risiko kerusakan dan mudah proses perawatan.

Pipa HDPE tersedia dari ukuran diamter ½ inc hingga lebih dari 24” tergantung brand apa yang Anda gunakan. Kelebihan Pipa Plastik HDPE lain adalah varian penyambungan yang bisa dilakukan dengan alat pemanas (Welding Maching), Electro Fusion (alat dan aksesoris khusus) dan tanpa mesin atau bahan perekat dengan Mechanical Joint.

Baca : Mengenal Pipa HDPE


Kelebihan Pipa PPR

Pipa PPR didesain mampu digunakan untuk saluran air panas dan dingin bertekanan, rahasianya adalah bahan baku yang digunakan Polypropilene random tipe 3. Sekilas bahan ini mirip dengan material HDPE, namun dengan kelebihan tahan terhadap suhu tinggi.

Poroduk pipa PPR memiliki warna dominan hijau dengan strip di bagian badan pipa. Strip berupa warna biasanya mengindikasikan ketebalan dinding produk yang artinya, pipa dapat digunakan untuk tekanan atau suhu lebih tinggi.

Variasi ini dibedakan dengan istilah PN atau pressure nominal (Seperti produk pipa HDPE). Pada pipa PPR tersedia dari PN-10, PN-12.5, PN-16 dan PN-20. Sementara produk seperti Rucika merilis produk dengan PN-22.

Di Indonesia produk pipa PPR ditawarkan oleh beragam brand, dengan dukungan ratusan jenis aksesoris. Ukuran diameter yang tersedia mulai dari ½ inch hingga 4 inch, bahkan beberapa brand menawarkan ukuran diameter lebih besar.

Baca : Mengenal Pipa PPR


Pipa Plastik PVC

Pipa PVC merupakan salah satu dari beberapa produk piping dari bahan thermoplastik. Kelebihan produk ini adalah harga yang relatif lebih ekonomis dari dua produk yang kita sebut di awal dengan kebutuhan saluran air sederhana.

Kelebihan pipa plastik dari bahan PVC adalah murah dan cocok untuk saluran air sederhana. Produk ini digunakan untuk saluran air bersih hingga kotor. Disambung dengan cara mudah, caranya dengan menggunakan solvent cement atau lem PVC.

Kelebihan pipa plastik ini adalah material PVC yang ditingkatkan menjadi uPVC (Unplasticized Polyethylene). Peningkatan material ini membuat produk lebih lentur kuat dan tak mudah rusak saat digunakan.

Baca : Mengenal Pipa PVC

Kelebihan Pipa Plastik dan Mengenal Jenisnya
Tagged on:                     

2,141 thoughts on “Kelebihan Pipa Plastik dan Mengenal Jenisnya