Ilustrasi Saluran Air Mampet, Ini Tips Jitu Mengatasinya

Saluran air mampet secara tiba-tiba di rumah bisa jadi hal menjengkelkan. Tak perlu pusing, karena ternyata masalah tersebut dapat diatasi dengan cara mudah. Untuk memulainya, berikut beberapa bahan yang perlu Anda siapkan.

Sudah hal lumrah, saluran air mampet tiba-tiba terjadi, terutama pada saluran air kotor dan buangan. Fluida (air) yang tercampur beragam material padat pada akhirnya berpotensi tertumpuk di tengah saluran. Hal tersebut membuat aliran menjadi tidak lancar, bahkan berhenti.

Kejadian ini biasanya ditandai dengan menggenangnya air di pintu masuk lubang kotoran. Jika hal ini terjadi pastikan filter pintu lubang kotoran tidak tertutup material yang membuntu aliran, jika solusi tersebut tak berhasil bisa jadi mampet terjadi di bagian dalam saluran pembuangan.

Baca : Mengenal Produk Pipa PVC

Nah, tak perlu risau mengganti produk pipa saluran air kotor baru, karena ternyata beberapa bahan yang biasa dijumpai di dapur, bisa memperingan migrain Anda karena saluran air mampet. Selain mudah di dapat, tak ada salahnya Anda mempraktekkan cara berikut :


Gunakan Garam dan Air Panas

Dikutip dari Republika, pada dasarnya garam yang biasa kita jumpai di dapur bersifat abrasi. Ini dikarenakan bahan ini memiliki struktur kristal kecil, pengaruhnya seperti amplas bahan ini dapat membersihkan noda dan sisa makanan hingga kotoran lain.

Selain itu garam juga memiliki kemampuan menyerap air. Kemampuan ini sering digunakan tukang daging untuk melapisi telenan kayu mereka. Dengan cara ini reproduksi bakteri menjadi terhambat. Cara yang sama juga dapat dilakukan untuk mengatasi saluran air mampet.

Dikombinasi dengan bahan lain, membuat partikel sodium dan klorin (pada sampah bekas makanan yang menyumbat) akan melonggar. Ditambah dengan air panas, akan membuat lemak yang mengeras menjadi mudah leleh, sehingga solusi akhirnya teratasi.


Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Tak hanya benda padat, lemak sisa makanan juga kerap berkumpul di sela saluran buanganan. Tanpa solusi yang tepat, hal ini pada akhirnya berdampak pada pengerasan yang pada akhirnya menghambat Fluida yang lewat.

Produk sabun cuci piring pada dasanrnya dibuat dengan tujuan menghilangkan lemak. Jika cara ini dikombinasi dengan air panas, maka lemak yang menyumbat saluran air akan mudah terangkat, sehingga saluran tidak lagi mampet.

Baca : Harga Pipa PVC Limbah SDR-41


Backing Soda, Lemon dan Cuka

Seperti garam, cara ini juga dapat membuat partikel sisa makanan dan kotoran seperti sodium dan klorin mudah hancur. Campur kedua bahan ini dalam segelah air, tuangkan lalu bilas dengan air biasa hingga air tak mampet kembali.

Cara ini juga dapat Anda gunakan dengan mengkombinasi dengan bahan lain. Seperti mencampur garam dan air panas. Kombinasi semua bahan ini sangat ampuh mengatasi masalah air mampet, terutama karena lemak makanan yang terbuang disaluran wastafel.


Soda Api

Bahan Soda Api juga kerap digunakan untuk mendorong kotoran di saluran air mampet. Bahan ini kerap menimbulkan reaksi kimia, dan membuat lemak dan kotoran mudah terbuka dengan sendiri. Setelah dirasa cukup, mengatasi mampet dapat dilakukan semudah menyiram kotoran dengan air.

Gunakan bahan ini secukupnya dalam takaran gelas. Campur dengan air dan aduk hingga rata lalu tuang ke bagian pintu saluran pembuangan. Tunggu beberapa saat sebelum akhirnya menyiram dengan air, kombinasi dengan air panas juga dapat meningkatkan tingkat keberhasilan.


Pasir Karsa

Seperti garam, cara ini dapat mengatasi masalah saluran air dengan cara fisik (Bukan kimia). Pasir Karsa memiliki karakter kasar seperti amplas. Cara ini membuat kotoran mudah hilang seperti teramplas.

Gunakan secukupnya, dan campur dengan air. Untuk hasil yang maksimal, gunakan air panas agar kotoran berupa lemak juga mudah hilang. Cara ini membutuhkan kesabaran, tergantung tingkat hambatan yang terjadi pada saluran air buangan Anda.

Baca : Harga Aksesoris Pipa PVC


Pembersih Kimia

Jika cara diatas tidak berhasil, Anda juga dapat melakukan pembersihan secara kimia dan instan dengan pembersih kimia. Sifat produk pembersih biasanya mampu mengatasi masalah kerap yang menempel. Ini artinya kotoran yang mengerak dapat dengan mudah terangkat dengan cara menuang (Secukupnya) produk pembersih.

Tak hanya kotoran produk pembersih biasanya mudah menimbulkan reaksi berlebih yang bisa kita rasakan. Bau yang menyengat dan cairan yang membakar (Meski berskala kecil) dapat membuat kulit terasa gatal. Untuk itu, senantiasa gunakan masker dan sarung tangan saat melakukan aktivitas pembersihan dengan cara ini.

Saluran Air Mampet, Ini Tips Jitu Mengatasinya
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published.