Ilustrasi Cara Menyambung Pipa HDPE

Cara Menyambung Pipa HDPE dapat dilakukan dengan beberapa metode dengan simple dan mudah, tergantung jenis dan diameter produk yang Anda gunakan.

Terbuat dari material High Density Polyethilene, pipa HDPE atau juga biasa dikenal dengan pipa PE-100 adalah produk terbaik untuk saluran air bersih bertekanan dan berstandard Food Grade. Hal ini dikarenakan produk dengan tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik, sehingga memiliki tingkat kerusakan sangat rendah.

Karena hal ini partikel yang disebabkan karena kerusakan pipa minim bahkan tidak pernah terjadi sehingga mencemari aliran air bersih. Tak heran material ini juga kerap digunakan untuk beragam kebutuhan seperti peralatan makan, mainan, hingga perlengkapan bayi lain dengan bandrol bebas material berbahaya.

Lalu pertanyaannya bagaimana produk pipa ini menjaga higienitas aliran fluida (air bersih) yang dialirkan tanpa terkontaminasi material berbahaya dari luar pipa ? Terutama bagian sambungan, dan menjaga kualitas air tetap baik dari sumber menuju tempat terakhir pipa mengalir.

Seperti produk pipa lain, pipa HDPE didesain dengan panjang terbatas, dalam bentuk batang produk memiliki panjang efektif 6 meter. Sementara dalam bentuk roll pipa rata-rata diproduksi dengan panjang 100 meter. Sehingga dalam mewujudkan jalur pipa air, dibutuhkan proses penyambungan.



Pada dasarnya cara menyambung pipa HDPE berbeda dengan pipa PVC konvensional dengan model lem pipa (Solvent Cement). Pipa jenis ini disambung dengan memanfaatkan material bahan baku yang memiliki karakter melunak saat dipanaskan dan mengeras pada saat suhu normal. Model ini biasa dikenal dengan “Proses penyambungan dengan persenyawaan sempurna”

Cara ini dikenal dengan istilah Butt Fusion, singkatnya bagian ujung pipa dengan pipa atau aksesoris yang mendukung akan dipanaskan, setelah melunak dan leleh, keduanya disatukan, sehingga dalam suhu normal bagian ini akan menyatu tanpa sekat (tersambung dengan sempurna). Sehingga bagian sambungan memiliki kekuatan setara dengan badan pipa dalam hal durabilitas dengan risiko kebocoran sangat kecil.

Metode ini biasanya menggunakan alat khusus atau biasa dikenal dengan mesin penyambung pipa HDPE. 1 unit mesin penyambung pipa HDPE biasanya terdiri dari beberapa perkakas. Diataranya plat pemanas dua sisi, ragum untuk memastikan posisi pipa tetap terjaga dan mesin penyerut untuk memastikan ujung pipa tetap rata.

Sayangnya cara ini tidak bisa digunakan untuk semua diamter pipa, terutama ukuran pipa HDPE diameter kecil.



Selain mengoptimalkan penggunaan mesin pipa, cara penyambungan pipa HDPE diameter kecil juga terkendala dimensi diameter luar pipa yang tentu saja sangat terbatas. Sehingga proses ini bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, namun dengan bantuan aksesoris khusus atau biasa dikenal dengan nama Fitting HDPE Mechanical Joint

Aksesoris ini memiliki seal gelang karet yang berfungsi mencegah sambungan dari kebocoran, dengan sistem penguncian dratting. Aksesoris ini biasanya tersedia dari ukuran 1/2 inch hingga 4 inch, atau biasa digunakan jenis pipa HDPE roll.

Selain kedua metode penyambungan diatas, Cara menyambung pipa HDPE juga dapat dilakukan dengan metode Electro fusion. Cara ini dilakukan dengan menggunakan alat dan aksesoris khusus. Mahalnya biaya pembelian aksesoris membuat metode ini sangat jarang digunakan, terutama untuk membangun saluran air bersih bertekanan.

Meski demikian cara penyambungan electro fusion memiliki tingkat risiko kebocoran sangat kecil. Prosedur ini biasa digunakan untuk membangun saluran gas bertekanan dengan produk pipa HDPE khusus gas. Produk ini biasanya memiliki warna dominan kuning, sementara produk pipa HDPE untuk air bersih memiliki warna dominan hitam dengan garis biru dibagian badan.

Cara Menyambung Pipa HDPE
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!