Ilustrasi Cara Menyambung Pipa PVC

Cara Menyambung Pipa PVC dapat dilakukan dengan cara mudah dan sederhana, yakni dengan merekatkan ujung pipa dengan pipa atau aksesoris dengan bahan Solvent Cement (Lem PVC). Cara ini sangat mudah dilakukan, dan membuat produk pipa dari PVC banyak digunakan.



Lem PVC atau Solvent Cement merupakan media perekat pipa yang juga diproduksi dari bahan PVC. Bahan ini bersifat korosif sementara, sehingga membuat bagian sambungan pipa bersatu dengan sempurna tanpa celah. Untuk melakukan proses penyambungan, Anda bisa memperhatikan cara berikut :

Membersihkan bagian yang hendak disambung. Proses ini sederhana namun sering terlewatkan pada saat proses penyambungan pipa. Dari kebiasaan sederhana yang sering terlalaikan ini pada akhirnya membuat prosedur penyambungan kurang berjalan dengan baik. Dampaknya bagian sambungan mudah mengalami kebocoran. Kotoran seperti debu dan butiran kotoran lain kerap menimbulkan rembesan kecil. seiring berjalan waktu, bagian ini akan melebar dan pada akhrinya berdampak pada kebocoran di saluran pipa air.

Mengukur bagian spigot. Spigot adalah bagian pipa atau aksesoris yang memiliki ujung lebih besar yang berfungsi untuk memasukkan ujung pipa lain. Proses pengukuran kedalaman bagian pipa yang masuk kedalam Spigot berfungsi untuk memastikan seberapa banyak bahan Solvent Cement (Lem PVC) digunakan. Bagaimanapun juga terlalu banyak atau terlalu sedikit penggunaan bahan ini membuat prosedur penyambungan pipa PVC menjadi kurang efektif dan efisien.



Mengoles Solvent Cement. Proses pemberian bahan perekat resin solvent cement dilakukan pada bagian dalam spigot. Lakukan secara merata sehingga semua bagian mendapat bagian yang sama. Setelah itu, masukkan bagian pipa lain dengan segera. Proses yang dilakukan terlalu lama akan membuat bahan perekat mudah mengering dan mengeras, sehingga pada akhirnya membuat proses penyambungan tidak berjalan dengan baik dan benar.

Pastikan Proses Penyambungan sudah tepat. Setelah memasukkan pipa dengan bagian spigot yang telah diberi perekat, pastikan bagian sambungan sudah tepat. Indikasinya, pipa sudah masuk sesuai dengan garis yang telah Anda berikan pada pipa (seperti pada langkah kedua). Jika sudah masuk dengan benas, Anda bisa mengantisipasi hal yang tak diinginkan dengan membersihkan bagian sambungan dari kotoran dan bekas solvent cement yang tercecer.

Prosedur cara menyambung pipa PVC pada dasarnya sangat mudah dan sederhana, bahkan Anda bisa pelajari metode ini hanya dengan melihatnya di Youtube. Tipsnya adalah, lakukan dengan benar, jaga higienis bagian sambungan, dan yang terpenting adalah penggunaan bahan perekat solvent cement yang tepat (tidak berlebih dan tidak kurang).

Dalam beberapa kasus penggunaan bahan solvent cement yang terlalu berlebih kerap merusak struktur sambungan pipa. Selain berfungsi merekatkan bagian pipa, bahan ini pada bagian pipa yang kurang tepat justru dapat merusak, sehingga menyebabkan kebocoran.

Pada dasarnya cara menyambung pipa PVC dapat dilakukan dengan cara lain, selain menggunakan bahan perekat Solvent Cement. Yakni dengan menggunakan sistem penguncian dengan gelang karet. Sistem ini biasa dikenal dengan mekanisme menyambungan RRJ atau Rubber Ring Joint.

Baca Juga : Cara Menyambung PVC RRJ

Cara Menyambung Pipa PVC
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!