Ilustrasi Menyambung Pipa HDPE Roll, Ini Tipsnya

Menyambung Pipa HDPE Roll jelas berbeda dengan proses menyambung pipa batang. Nah berikut beberapa perbedaan tips yang bisa Anda perhatikan, saat menjalankan proses ini.

Pipa HDPE pada dasarnya direkomendasikan disambung dengan cara “persenyawaan sempurna”. Cara ini dilakukan dengan metode pelelehan dengan suhu tinggi menggunakan Welding Machine HDPE Pipe. Proses ini membuat bagian sambungan menyatu dengan sempurna, tanpa meninggalkan sekat.

Baca : Mesin penyambung Pipa HDPE

Pipa HDPE varian roll biasanya tersedia untuk ukuran 4 inch hingga ½ inch. Welding Machine pipa HDPE pada dasarnya bisa dilakukan untuk semua tipe pipa HDPE. Hanya saja karena kendala keterbatasan diameter pipa yang terbatas (untuk ukuran kecil), karena proses ini kerap meninggalkan lipatan pada bagian luar. Sehingga cara ini dianggap kurang efektif dan efisien.

Pada dasarnya, menyambung pipa HDPE Roll tidak selalu dilakukan dengan cara welded, atau pelelehan dengan menggunakan mesin pipa HDPE. Karena untuk melakukan metode ini bisa dilakukan dengan cara manual, atau dengan menggunakan aksesoris mechanical joint.

Metode mechanical joint pada proses menyambung pipa HDPE Roll adalah solusi untuk varian pipa ukuran kecil, umumnya dibawah ukuran 3 inch. Jenis produk pipa ini biasanya cocok untuk saluran air sederhana yang dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, industri, restauran, fasilitas umum dan sebagainya.

Cara ini sangat mudah dilakukan karena tidak membutuhkan media perekat dan alat khusus seperti welding machine. Nah berikut tips yang bisa Anda perhatikan pada saat melakukan proses penyambungan manual pipa HDPE roll :

Memastikan kebersihan ujung pipa yang hendak disambung. Kotoran seperti debu dan pasir akan membuat proses penyambungan kurang berjalan dengan baik, dan hal ini sebaiknya Anda perhatikan sebelum melakukan proses penyambungan ini.

Memastikan produk aksesoris pipa HDPE sudah tepat. Saat ini banyak beredar produk serupa, namun berbeda fungsi. Karena aksesoris sejenis juga kerap didesain untuk jenis pipa lain seperti PVC. Produk aksesoris mechanical joint HDPE yang tepat umumnya berbahan dasar polypropylene, bahan ini memiliki karakter unik, dengan kemampuan terhadap suhu tinggi lingkungan tropis. Sehingga saat digunakan, material tak mudah rusak dan rapuh karena panas sinar UV.

Pastikan Prosedur pemasangan tepat. Anda dapat mempelajari langkah penyambungan pipa HDPE dengan browsing video di Youtube, atau kanal lain. Kami juga pernah membahas proses tersebut pada bagian mengenal produk pipa HDPE.

Melakukan proses sesuai prosedur, menjaga kebersihan, dan melakukan tanpa kesalahan akan membuat saluran pipa air bersih bertekanan dengan pipa HDPE bisa awet lebih dari 50 tahun. Bahkan cara ini memiliki kekuatan sama baiknya dengan metode welded dengan welding machine.

Menyambung Pipa HDPE Roll, Ini Tipsnya
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!