Ilustrasi Pipa PVC SDR-41, Ideal Untuk Saluran Limbah

Pipa PVC SDR-41 atau biasa dikenal dengan pipa limbah merupakan produk yang didesain untuk saluran limbah dan air kotor dengan karakter lentur dan tak mudah rusak.

Di Indonesia produk pipa PVC SDR-41 pertama kali diperkenalkan melalui brand Wavin. Dengan nama Wavin Lite, produk ini dikenal sangat baik sebagai pipa spesialis air limbah dan air kotor yang biasa digunakan untuk beragam kebutuhan.



Mulai dari kebutuhan berskala kecil rumah tangga untuk saluran buangan air hujan, air sisa kotoran wastafel, kamar mandi hingga pipanisasi septictank. Produk ini juga biasa digunakan untuk saluran pembuangan komunal, seperti wc umum dan sejenisnya.

Tak hanya itu, produk pipa PVC SDR-41 juga kerap digunakan untuk kebutuhan industri, bisnis hingga perhotelan. Standard penamaan dan kode SDR-41 sejak lama telah menjadi ciri produk pipa khusus air limbah.

Produk pipa ini memiliki karakter warna dominan cokelat, dengan sistem penyambungan RRJ (Rubbering Joint) dan panjang optimal 6 meter (Sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI). Karena untuk saluran buangan, produk tersedia mulai dari ukuran 4 inch.



Saat ini produk pipa PVC SDR-41 Wavin Lite telah tidak lagi beredar di Indonesia, sebagai gantinya produk ini secara resmi menjadi Rucika Lite. Produk dibuat dengan bahan istimewa uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride)

Bahan uPVC merupakan pengembangan dari material PVC konvensional dengan penyempuranaan karakteristik menjadi lebih baik (Sumber). Yakni dengan tingkat keretakan rendah sementara kelenturan dan kekuatan sangat baik.

Produk pipa SDR-41 hanya memiliki satu varian produk, dengan tebal dinding pipa sangat efisien. Bahkan lebih tipis dibanding produk pipa PVC JIS Class D. Hal ini ditujukan karena kebutuhan saluran air limbah pada dasarnya tanpa tekanan atau mengalir dengan dorongan gravitasi.

Efisiensi tebal dinding, permukaan dalam yang halus dan sistem penyambungan antii bocor dengan RRJ memungkinkan saluran pipa limbah SDR-41 sangat efektif. Dengan sistem penyambungan dan mobilisasi efisien karena bobot pipa yang relatif lebih ringan.

Pipa PVC SDR-41, Ideal Untuk Saluran Limbah
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!