Ilustrasi Fungsi dan Jenis Pipa HDPE ragampipa.com

Tak hanya untuk air bersih, Fungsi dan jenis pipa PE-100 juga kerap digunakan untuk beberapa kebutuhan, berikut fungsi dan beberapa Jenis Pipa HDPE :

Selama ini Jenis Pipa HDPE sering dikenal sebagai produk jaringan perpipaan (Produk pipa dan aksesoris pendukung) untuk kebutuhan air bersih dan sebagainya. Padahal dalam aplikasinya, pipa jenis ini memiliki sejumlah kegunaan dan juga jenis yang berbeda satu dengan yang lain. Lalu apakah setiap jenis bisa digunakan untuk fungsi lain secara bersamaan ?

Untuk membahasnya kita akan memulai dengan beberapa kebutuhan yang kerap membutuhkan karakter pipa setangguh produk pipa berbahan HDPE. Ketangguhan tersebut diantaranya, pipa tak mudah rusak, elastis, memiliki panjang hingga puluhan hingga ratusan meter dan yang pasti kuat dengan masa penggunaan hingga 50 tahun.


Beberapa kebutuhan tersebut diantaranya :

  • Kebutuhan pipa pembungkus (pelindung) kabel
  • Kebutuhan saluran gas bertekanan
  • Sistem pengarirah sawah, kebun dan insdustri holtikultura
  • Sistem saluran air untuk kebutuhan proyek pertambangan dan sebagainya.

Distributor Pipa HDPE


Kebutuhan diatas pada dasarnya merupakan pengembangan aplikasi penggunaan produk pipa berbahan dasar Polietilena 100 atau biasa dikenal dengan Pipa PE-100 atau pipa HDPE. Pengembangan ini yang pada akhirnya membuat produk dikembangkan sedemikian rupa, sehingga memiliki fungsi dan karakter sesuai dengan kebutuhan pembangunan jaringan saluran seperti yang dibutuhkan.

Untuk membahasnya, mari kita bahas satu persatu fungsi pipa yang dapat disesuaikan dengan Jenis Pipa HDPE yang Anda butuhkan.


Fungsi dan Jenis Pipa HDPE untuk Saluran Air Bersih

Sejak awal diciptakan Jenis Pipa HDPE difungsikan dalam mendukung jaringan saluran air bersih. Karena bahan ini memiliki beberapa kriteria istimewa yang berbeda dengan produk jaringan perpipaan sejenis.

Kelebihan tersebut diantaranya, bahan yang elastis, tak mudah rusak dan memiliki standard food grade. Bahan yang sama bahkan sering digunakan untuk beragam kebutuhan rumah tangga. Mulai dari kantong plastik, perkakas rumah tangga berbahan plastik, tempat makan, mainan hingga tempat susu bayi.

Produk pipa HDPE untuk saluran air bersih memiliki ciri fisik khas, dengan dominasi warna hitam, dan garis biru dibagian samping. Simbol ini merupakan penanda bahwa pipa memiliki standard food grade dan bisa digunakan secara aman untuk mengalirkan air bersih untuk kebutuhan konsumsi. Produk ini tersedia dengan variasi diameter mulai 20mm (1/2”) hingga 630mm (24”).

Selain dalam bentuk batang, juga tersedia dalam bentuk roll dengan panjang puluhan hingga ratusan meter untuk Jenis Pipa HDPE berukuran diameter ½” hingga 4”.

Baca Juga : 


Kebutuhan pembungkus kabel

Masih memanfaatkan keunggulan bahan HDPE dengan karakter kuat elastis, tak mudah rusak, berkarat dan rusak karena benturan mendadak, kebutuhan pembungkus kabel juga kerap menggunakan Jenis Pipa HDPE.

Standardnya untuk kebutuhan pipa pembungkus kabel atau pipa corrugated, produk pipa memiliki kriteria tertentu. Dan standard ini dikeluarkan secara resmi oleh Telkom untuk digunakan dibanyak proyek saluran pengaman kabel optik dan sebagainya untuk ditanam.

Secara khusus, bahan yang digunakan untuk kebutuhan ini tak jauh berbeda dengan produk yang sering digunakan untuk pembangunan jaringan perpipaan saluran air bersih. Hanya saja, untuk kebutuhan pembungkus kabel, pipa memiliki sejumlah warna, corak dan garis spesifik. Fungsinya, bagian ini untuk mempermudah pengidentifikasian saluran kabel tertentu.

Untuk kebutuhan saluran kabel listrik dan jaringan, pipa HDPE hitam juga sering digunakan. Karena material ini biasanya dimanfaatkan untuk melindungi kabel dari ancaman kerusakan dari luar. Seperti benturan dan gigitan binatang (tikus).


Jenis Pipa HDPE Untuk Kebutuhan Pengairan

Kebutuhan pengarian kebun, sawah, dan insdustri holtikultura biasanya membutuhkan pipa yang tak terlalu besar, namun memiliki panjang hingga puluhan meter, hingga ratusan meter. Hal ini yang memungkinkan penggunaan Jenis Pipa HDPE karena memiliki karakter kuat, hingga penggunaan lebih dari 50 tahun.

Saluran air yang dialirkan ke springkell memiliki tekanan kuat, sehingga memudahkan proses penyiraman secara otomatis. Penggunaan pipa PVC kerap bermasalah dengan penurunan kualitas material karena beberapa hal. Diantaranya lingkungan sekitar dan bahan yang memang tak bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun.

Sementara untuk saluran yang dibangun dengan produk pipa besi memiliki nasib yang sama. Karena air dan cuaca, pipa besi kerap berkaitan dengan masalah karat. Setelah muncul masalah ini, pipa bisa dipastikan tak akan berusia lama.

Produk yang sesuai adalah pipa HDPE yang dapat digunakan dengan karakter lebih tangguh dibanding produk lain. Panjang optimal hingga ratusan meter, membuat instalasi dengan pipa jenis ini lebih mudah, dengan meminimalisir penggunaan sambungan.


Pipa HDPE Saluran Gas Bertekanan

Jenis Pipa HDPE untuk saluran Gas memiliki karakter yang berbeda dengan produk pipa HDPE untuk saluran air bersih. Hal ini terlihat dari warna yang digunakan jenis produk pipa gas dengan dominasi warna kuning. Warna ini mempermudah proses indikasi saluran air gas bertekanan. Sehingga orang akan lebih berhati-hati jika bekerja di sekitarnya.

Prosedur pembeda saluran air dan gas juga pada metode penyambungan. Metode penyambungan saluran air biasa menggunakan metode butt fusion atau mechanical joint. Hal yang tak mungkin digunakan untuk membangun jaringan saluran gas bertekanan.

Alasanya adalah meminimalisir risiko kebocoran pada saluran. Untuk intu, saluran pipa HDPE gas menggunakan metode penyambungan electro fusion. Metode ini menggunakan bantuan mesin pemanas khusus dan aksesoris pipa HDPE.

Cara kerjanya, mesin electro fusion akan menghantar listrik yang kemudian diolah menjadi panas oleh fitting yang dilengkapi dengan lilitan tembaga. Bagian ini akan membuat bagian dalam fitting dan luar pipa akan meleleh dan bersenyawa dengan baik antara satu dengan yang lain. Sambungan pun akan terjadi dengan sempurna.


Saluran Air untuk Pertambangan

Berbeda untuk kebutuhan saluran perairan sawah dan industri holtikultura, kebutuhan pengairan untuk industri pertambangan membutuhkan pipa berdiameter besar. Selain itu, iklim dan lingkungan tambang, juga membutuhkan saluran yang tangguh dan tak mudah rusak.

Kebutuhan ini tak akan mungkin terpenuhi dengan baik, saat Anda menggunakan produk pipa PVC, kecuali jenis pipa PVC-O yang memiliki modifikasi tingkat kekuatannya. Solusi termudahnya adalah dengan menggunakan produk pipa HDPE.

Pipa HDPE tersedia hingga ukuran 630mm atau setara dengan 24” yang bisa disambung dengan metode persenyawaan sempurna. Metode ini menggunakan sebuah mesin yang biasa dikenal dengan welding machine pipa HDPE yang bekerja memanaskan bagian ujung pipa dengan pipa (atau fitting) yang kemudian disatukan dengan yang lain.

Fungsi dan Jenis Pipa HDPE
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.