Ilustrasi Post - Mengenal Istilah Pipa Thermoplastik

Mengenal Istilah Pipa Thermoplastik Adalah sebutan untuk produk peripaan dari material olahan biji plastik, sehingga sering dikenal dengan nama Pipa Plastik. Jenis produk pipa ini misalnya pipa HDPE, Pipa PPR dan Pipa PVC yang memiliki beragam macam varian.

Dikutip dari kamus bebas Wikipedia, istilah Thermoplastik terbuat dari bahan Polimer yang akan melunak (leleh) pada saat dipanaskan. Namun saat suhu Kembali normal, bahan akan menjadi sangat keras.

Sifat moldable ini membuat bahan thermoplastik mudah dibentuk. Sehingga material ini sering digunakan untuk beragam kebutuhan. Salah satunya produk perpipaan untuk beragam jenis saluran air.

Jenis produk pipa thermoplastik pertama adalah Pipa PVC. Produk ini ini diproduksi dari material bahan baku polyvinyl chloride yang mudah dibentuk, dan untuk memperolehnya sangat mudah karena jenis material sederhana.

Penggunaan pertama produk pipa PVC sangat diandalkan di tengah permasalahan karat yang ada pada pipa besi. Jenis pipa dari material besi terlebih dahulu digunakan untuk saluran air karena dianggap lebih awet dan tahan lama.

Sayangnya permasalahan karat membuat produk pipa besi sering berumur pendek, sehingga pada akhirnya pipa PVC menjadi pilihan. Karena selain mudah dibuat, ringan dan lebih murah, produk pipa ini memiliki sifat anti karat.

Dalam perkembangannya, produk pipa PVC mengalami evolusi yang membuat jenis pipa thermoplastik ini lebih kuat, ringan, lentur dan tak mudah pecah. Sebelum dikenal istilah pipa PVC-O (dengan tingkat kekuatan dan kelenturan 10 kali lebih baik) dikenal produk pipa dari bahan uPVC yang memiliki kelenturan lebih baik dibanding pipa PVC konvensional.

Mengenal Istilah Pipa Thermoplastik yang bersifat Moldable pada akhirnya dimanfaatkan sepenuhnya pada jenis pipa PPR (polipropilen random) dan pipa HDPE (high density polyethylene). Kedua jenis pipa ini tak hanya dibuat dan dibentuk berdasarkan sifat thermoplastik, namun juga memanfaatkan kelebihan ini untuk membangun prosedur penyambungan yang berkualitas dan efektif.


Baca Juga :


Pipa PPR adalah produk perpipaan yang diproduksi dari material polipropilen random yang tahan terhadap suhu tinggi. Bahan ini membuat produk pipa lebih tahan terhadap suhu panas, sehingga pemanfaatnya bisa digunakan untuk saluran air bersih Food Grade bertekanan dan suhu tinggi.

Pipa HDPE adalah produk perpipaan dari material bahan baku high density polyethylene dengan kelebihan kuat, lentur dan tingkat keretakan rendah. Sehingga ideal untuk saluran air bersih bebas polusi atau Food Grade.

Mengenal Istilah Pipa Thermoplastik
Tagged on:                 

48 thoughts on “Mengenal Istilah Pipa Thermoplastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *