Ilustrasi Mengoptimalkan Saluran Air dengan Warna Pipa

Mengoptimalkan Saluran Air dengan Warna Pipa di rumah bisa dilakukan dengan beberapa trik, salah satunya dengan memanfaatkan warna-wani produk pipa.

Tak hanya dalam hal estetika, penggunaan warna pada produk pipa dapat dimanfaatkan sebagai monitor dalam mengenali jenis saluran air. Misalnya, untuk pipa air kotor biasanya menggunakan pipa berwarna cokelat dan sejenisnya.

Dalam industri perpipaan penggunaan warna biasanya wewenang sepenuhnya produsen dengan beragam brand. Jadi jangan heran beberapa orang mencari produk pipa tertentu dengan pipa khusus, dan pada akhirnya dijumpai hanya pada satu brand saja.

Terlepas dari ciri khas sebuah produk, ternyata penggunaan produk perpipaan internasinal menyepakati penggunaan werna untuk identifikasi saluran air secara khusus. Misalnya untuk saluran air bersih, warna biru atau garis biru sering menjadi ciri khas.

Selain itu, penggunaan pipa untuk saluran air kotor biasanya identic dengan warna cokelat. Perbedaan ini mempermudah proses perbaikan dan pemeliharaan jalur pada saat produk pipa sudah terinstal, baik dalam bangunan atau di fasilitas umum.


Distributor Pipa HDPE, Pipa PPR dan Pipa PVC


Seperti halnya penggunaan pada fasilitas dan bangunan umum kebanyakan, identifikasi saluran air berdasarkan warna juga dapat diaplikasikan untuk saluran pipanisasi di rumah. Prosedur umum ini dapat membantu Anda menentukan perbaikan saat terjadi kebocoran saluran.

 Dalam kebutuhan pipanisasi kebutuhan perumahan, biasanya dibutuhkan beberapa jenis pipa untuk beragam saluran. Seperti saluran air bersih, saluran pembuangan atau limbah, saluran air panas dan mungkin saluran gas.

Beragam kebutuhan saluran tersebut tidak mungkin mengandalkan satu jenis pipa. Karena sebagus dan seberapa banyak kelebihan satu produk pipa biasanya juga memiliki spesifikasi tertentu yang tidak cocok untuk saluran air tertentu.

Misalnya pipa HDPE, sangat ideal untuk saluran air bersih bertekanan berstandard Food Grade. Hanya saja jenis pipa ini tidak cocok untuk saluran air panas, karena tidak tahan terhadap suhu diatas 60 derajat cellcius.

Untuk kebutuhan Mengoptimalkan saluran air panas bertekanan, produk ideal adalah jenis pipa PPR. Produk ini mampu tahan terhadap saluran fluida bersuhu tinggi, bahkan hingga 100 derajat celcius, dan tahan terhadap tekanan.

Produk pipa PPR biasanya memiliki dominan warna hijau, warna yang biasa digunakan sebagai monitor saluran air bersuhu tinggi dan bertekanan untuk produk pipa thermoplastik.

Sama halnya dengan kebutuhan saluran air kotor, meski bisa namun kebutuhan ini lebih ideal dan efisien menggunakan jenis pipa PVC. Produk pipa PVC cocok untuk saluran air kotor buangan, dengan harga lebih hemat tentu saja.

Tak hanya itu, produk pipa PVC juga tersedia dalam dominan warna cokelat, sehingga mempermudah proses monitoring saluran air limbah buangan. Produk pipa ini biasanya dikenal dengan istilah Pipa PVC SDR-41.

Sementara untuk kebutuhan gas, biasanya bisa dipenuhi dengan penggunaan produk pipa HDPE. Hanya saja berbeda untuk kebutuhan saluran air bersih, kebutuhan ini biasanya dapat dipenuhi oleh pipa dengan dominasi warna kuning.

Mengoptimalkan Saluran Air dengan Warna Pipa

52 thoughts on “Mengoptimalkan Saluran Air dengan Warna Pipa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *