Ilustrasi - Tips Memilih Pipa Air Limbah

Tips memilih pipa Limbah untuk saluran air kotor dan buangan untuk penggunaan jangka waktu lebih dari 20 tahun.

Mengoptimalkan bahan saluran limbah tertutup akan membuat biaya harga Pipa Air Limbah bisa lebih ekonomis. Meski demikian, Anda tetap bisa menggunakan dalam waktu lama jika tahu caranya.

Saat ini, beragam produk jaringan perpipaan ditawarkan dengan spesifikasi tertentu. Tujuanya agar bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Apakah untuk saluran air bersih, saluran distribusi air untuk kebutuhan sanitasi, bahkan hingga untuk kebutuhan membangun jaringan saluran limbah tertutup dan sebagainya.

Beragam kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan pemilihan produk pipa yang tepat. Hanya saja kali ini kita coba membahas bagaimana memilih produk untuk membangun saluran limbah terpadu berskala kecil hingga besar.

Memilih produk pipa air limbah pada dasarnya susah-susah gampang. Susah jika Anda kurang mengenal produk dan kebutuhan saluran buangan. Namun mudah, karena saat ini banyak ditawarkan produk pipa air limbah dengan beragam merk dan spesifikasi.

Salah satunya produk pipa air limbah Rucika Lite.

Nah untuk lebih jauh bagaimana cara memilih produk untuk kebutuhan sluran limbah berikut tips yang bisa Anda gunakan. Bagaimanapun, pemilihan produk yang tepat akan membuat biaya instalasi lebih efisien dan saluran bisa bertahan dalam jangka waktu lama.


Baca Juga :


Pilih produk dengan karakter permukaan halus

Beragam produk pipa air limbah ditawarkan dengan beragam keuntungan, termasuk harga miring dibanding produk sejenis yang lain. Tapi apakah hal tersebut menjadi jaminan pipa bisa digunakan dengan usia penggunaan lebih lama?

Belum tentu, untuk mengatasinya, coba pilih bahan pipa dengan permukaan sangat halus. Bagian ini sangat penting, mengingat permukaan kasar atau berongga mudah membuat kotoran mudah menumpuk di bagian tersebut.

Bagaimanapun, sekecil apapun kotoran yang menumpuk, lama kelamaan akan berisiko menjadi besar, dan menyumbat saluran.

Selain itu, hindari penggunaan pipa dengan bagian sambungan berbentuk sekat. Seperti pipa HDPE yang disambung dengan mesin pemanas. Bagian ini berpotensi mengakibatkan saluran mudah tersumbat.

Idealnya kebutuhan membangun jaringan saluran limbah menggunakan produk pipa PVC.


Kebutuhan saluran limbah umumnya tanpa tekanan

Berbeda dengan kebutuhan jalur distribusi air bersih dan sanitasi, umumnya saluran limbah berjalan tanpa tekanan. Instalasi jalur ini biasanya belerja dengan hanya bantuan gravitasi.

Untuk itu, Tips Memilih Pipa Air Limbah selanjutnya adalah, Anda bisa menggunakan produk pipa PVC bertekanan paling rendah, atau pada jenis Pipa PVC JIS cukup menggunakan produk kelas D atau dengan tekanan tak sampai 5 kg/cm2.

Atau jika tak repot, Anda bisa menggunakan jenis produk spesialis pipa air limbah, seperti Wavin Lite. Selain permukaan halus, produk didesain tanpa tekanan dengan tingkat .


Distributor Pipa PVC Limbah SDR-41


Tip Memilih Pipa Air Limbah : Hindari mudah rusak

Kebutuhan pipa tanpa tekanan membuat Anda harus jeli, terutama jika ingin saluran bisa bertahan hingga usia penggunaan bertahun-tahun. Dalam hal ini tak semua jenis pipa PVC apalagi kelas D bisa digunakan untuk saluran limbah.

Umumnya limbah domestik rumah tangga terdiri dari sisa makanan dan cucian. Selain bahan organik, limbah yang terbuang mengandung beberapa senyawa kimia.

Bahan kimia ini yang pada akhirnya kerap membuat usia pipa PVC tak bisa lama. Hanya produk pipa PVC Air limbah dengan desain tahan kimia yang membuat saluran pembuangan berusia lama karena tak mudah rusak.


Pilih produk dengan instalasi mudah namun berkualitas

Instalasi jalur limbah dengan PVC tak bisa lepas dari prosedur penyambungan. Selama ini, untuk kebutuhan tersebut direkomendasikan pada produk Pipa UPVC RRJ (menggunakan metode penyambungan Rubbering Joint).

Selain itu, pilih produk dengan dukungan kelengkapan aksesoris pendukung. Selama ini beberapa produk ditawarkan hanya untuk material pipa, tanpa dukungan kelengkapan aksesoris.

Padahal dukungan aksesoris komplit akan membuat proses instalasi bisa dilakukan sesuai dengan keinginan.


Pilih produk Pipa Saluran Air kedap

Kemampuan ini mutlak harus terpenuhi jika Anda ingin membangun jaringan pembuangan limbah terpadu yang baik dan berkualitas. Karena pipa yang buruk dengan karakter tidak kedap air hanya akan meningkatkan risiko kebocoran.

Selain itu, pipa PVC limbah pada dasarnya bertugas menyalurkan dan menyembunyikan bau limbah. Sehingga tak hanya sampai di lokasi akhir pembuangan, bau limbah tak akan tercium di lingkungan sekitar.

 Beberapa produk didesain dengan keuntungan seperti di atas, salah satunya Wavin Lite yang didesain kedap air dan udara dengan sistem penyambungan menggunakan metode rubbering Joint atau penguncian dengan gelang karet.

Metode ini sangat efektif dan tidak meninggalkan sekat dibagian sambungan, sehingga sangat direkomendasikan untuk saluran air limbah buangan.

Tips Memilih Pipa Limbah
Tagged on:         

66 thoughts on “Tips Memilih Pipa Limbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *