Ilustrasi Aplikasi Penggunaan Pipa HDPE Untuk Saluran Air

Aplikasi penggunaan pipa HDPE sangat luas untuk saluran air, karena karakter kuat, lentur dan tingkat keretakan rendah, membuat produk ini spesial.

Mendapat akses sumber air bersih kapanpun dan dimanapun, pada dasarnya tujuan utama dalam membangun saluran pipa air bersih. Sayangnya hal ini tak bisa dilakukan secara sembarangan, karena kadang produk yang buruk justru akan membuat kontaminasi pada saluran, membuat air tidak lagi higienis.

Nah karena kelebihan karakteristiknya, berikut Aplikasi penggunaan pipa HDPE yang kerap digunakan untuk membangun saluran air bersih terintegrasi :


Jalur Utama Pipa Air Bersih. Fasilitas saluran air bersih jenis ini paling banyak dijumpai di perkotaan. Keterbatasan lahan, membuat cara ini lebih efektif dalam hal menyalurkan sumber air bersih untuk aktivitas setiap hari, tepat pada rumah ke rumah.

Meski ditempatkan di dalam tanah, bukan berarti fasilitas ini tak memiliki permasalahan sama sekali. Jauhnya jarak membuat dorongan atau tekanan sangat dibutuhkan agar saluran bisa menjangkau rumah yang berada jauh dari sumber air.

Untuk itu, dibutuhkan produk pipa Tangguh yang tahan terhadap tekanan tinggi. Spesifikasi ini sangat ideal dengan produk pipa HDPE. Spesifikasi pipa yang kuat, lentur dan tingkat keretakan rendah sangat ideal saat dipasang dengan model sambungan “persenyawaan sempurna”

Model penyambungan ini dilakukan dengan cara welded, atau pelelehan pada suhu tinggi. Karakter bahan (HDPE) yang leleh saat dipanaskan pada suhu tinggi, membuat tak hanya mudah di bentuk tapi juga mudah menyatu dengan sempurna.

Proses ini pada akhirnya membuat bagian sambungan tidak bersekat. Bahkan jika dilihat lebih dalam, bagian antar pipa atau fitting menyatu dengan sempurna satu dengan yang lain. Sehingga memiliki karakter seperti bagian utama pipa.

Untuk itu, Instalasi jaringan saluran air bawah tanah dengan pipa HDPE sangat ideal. Cara ini membuat saluran bebas masalah, dan dapat digunakan dengan usia penggunaan (bahkan) lebih dari 50 tahun.

Bobot yang ringan membuat produk mudah di pindah dan dipasang, karena tanpa menggunakan alat berat (Untuk ukuran kecil). Selain menghemat waktu, kelebihan ini juga terasa dalam hal biaya dan efisiensi waktu pemasangan.

Produk pipa HDPE memiliki tingkat kelenturan dengan dapat ditekuk 25 kali diameter luarnya. Hal ini membuat prenggunaan aksesoris (Terutama elbow) dapat diminimalisir. Disamping produk memiliki kemampuan menyesuaikan dengan medan.


Baca Juga :


Jaringan Pipa Bawah Air. Membangun instalasi jalur perpipaan bukan perkara mudah, karena dibutuhkan spesifikasi khusus produk perpipaan yang tepat. Diantaranya material yang kuat, mudah disambung dan memiliki kemampuan mengapung.

Pipa HDPE memiliki semua kelebihan tersebut, masa jenis produk yang lebih ringan dari air, membuat produk perpipaan mudah mengapung. Selain mempermudah proses mobilisasi, kelebihan ini juga membuat produk mudah disambung di tengah laut menggunakan kapal khusus.

Kelebihan proses penyambungan kembali menjadi keuntungan membangun kebutuhan saluran perpipaan bawah air dengan pipa HDPE. Proses penyambungan yang dilakukan tak semudah jika dilakukan di darat akan lebih efektif jika metode ini dilakukan sekali namun efektif dalam penggunaan jangka Panjang.

Kesalahan atau kelemahan dalam proses penyambungan membuat saluran pipa bawah air mudah mengalami permasalahan. Dan jika hal ini terjadi, bukan perkara mudah, dan membutuhkan banyak biaya untuk melakukan proses perbaikan.

Kelebihan lain adalah kelenturan produk pipa HDPE yang sangat baik. Hal ini membuat saluran pipa mudah menyesuaikan dengan medan bawah air yang tidak rata. Bahkan saat digunakan terapung, pipa tak akan berpengaruh pada hantaman ombak laut dan sebagainya.


Pemasangan di Daerah Sulit. Tantangan terberat dalam aplikasi penggunaan pipa HDPE dan produk pipa jenis lain adalah medan yang berat. Seperti perbukitan, rawa-rawa, Genangan air, daerah rawan gempa dan sebagainya. Sayangnya, sebagian besar wilayah di Indonesia memiliki karakter tersebut.

Instalasi di daerah sulit menjadi tantangan, saat beberapa daerah di Indonesia mengalami krisis akses air bersih. Wilayah perbukitan, rawa, pegunungan dan sebagainya, kerap menjadi Kendala saat proses instalasi pipa air dilakukan dengan produk pipa konvensional.

Pipa HDPE diproduksi dari material high density polyethylene, dengan tingkat kelenturan tinggi. Hal ini membut produk perpipaan dari bahan ini memiliki fleksibilitas tinggi. Tak hanya tersedia dalam bentuk roll, hal ini membuat saluran pipa HDPE mudah menyeruaikan dengan medan.

Bahkan saat digunakan di daerah rawan gempa, produk pipa HDPE tidak mudah mengalami kerusakan, karena kombinasi karakternya yang kuat, lentur dan tak mudah pecah. Bobot yang ringan juga membuat produk lebih mudah dalam hal mobilisasi dan instalasi.

Aplikasi Penggunaan Pipa HDPE Untuk Saluran Air
Tagged on:             

118 thoughts on “Aplikasi Penggunaan Pipa HDPE Untuk Saluran Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *