Ilustrasi Cara Menyambung Pipa PE Tanpa Welding Machine

Proses pelelehan pada suhu tinggi selama ini dikenal sebagai cara menyambung pipa PE (HDPE), lalu bisakah metode ini dilakukan tanpa welding machine ?

Memanfaatkan kelebihan pipa thermoplastik, pipa HDPE memiliki metode penyambungan “Butt Fusion” atau pelelehan dengan suhu tinggi menggunakan welding machine. Cara ini dilakukan dan membuat hasil sambungan “Persenyawaan sempurna” sehingga memiliki karakter Tangguh seperti halnya bagian utama pipa.

Proses yang dilakukan dengan alat khusus dan sumber listrik genset, membuat cara ini kurang efektif dilakukan di daerah dengan medan berat. Meski demikian, metode ini bukan cara menyambung pipa PE satu-satunya, terutama jika menggunakan varian jenis roll.

Karena cara lain bisa dilakukan lebih fleksibel, bahkan tanpa menggunakan mesin penyambung welding machine HDPE.

Cara menyambung pipa PE tanpa welding machine bisa dilakukan dengan metode mechanical joint. Cara ini bisa dilakukan tanpa proses pelelehan dengan temperatur tinggi dan bahan perekat seperti solvent cement.


Baca Juga :


Untuk cara menyambung pipa PE kita membutuhkan aksesoris khusus biasa dikenal fitting mechanical joint HDPE atau Aksesoris compression joint.  Alat ini memiliki bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bentuk saluran.

Seperti elbow untuk belokan, coupler atau sock untuk sambungan lurus, tee untuk pecabangan, cap untuk menutup saluran dan sebagainya. Dalam hal ukuran produk ini disesuaikan dengan jenis pipa HDPE dalam varian Roll, oleh karena itu, aksesoris compression joint tersedia dari ukuran ½ inch hingga 4 inch.

Penggunaan pipa jenis roll dan aksesoris khusus yang disambung tanpa menggunakan welding machine (Dengan sumber daya listrik genset) membuat proses instalasi dengan metode ini ideal di kawasan dengan medan sulit. Seperti pegunungan, rawa-rawa dan sebainya karena proses penyambungan dilakukan secara manual.

Cara Menyambung Pipa PE dengan Aksesoris Compression Joint memiliki beberapa bagian penting yang membuat bagian sambungan awet dan memiliki usia pemakaian Panjang. Diantaranya socket pengikat (Compression Collar) bagian dalam, sistem union atau ring pengunci drat dan gelang karet untuk mencegah kebocoran.

Aksesoris terbuat dari mater Polyfusion tahan panas, sehingga dapat digunakan di daerah tropis dalam jangka waktu lama. Dengan kemampuan bertahan di suhu tropis dengan rata-rata kurang dari 60 derajat celcius.

Cara Menyambung Pipa PE Tanpa Mesin
Tagged on:                 

74 thoughts on “Cara Menyambung Pipa PE Tanpa Mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *