Ilustrasi Jenis Sambungan Pipa PVC, Ragam dan Bentuk

Jenis Sambungan Pipa PVC didesain beragam sesuai dengan bentuk kebutuhan saluran dan model penyambungan, berikut beberapa diantaranya.

Secara umum, sambungan pipa PVC diproduksi sesuai dengan kebutuhan membangun instalasi air sesuai kebutuhan. Hal tersebut pada akhirnya didasarkan atas varian bentuk, ukuran diameter dan model penyambungan produk.

Berikut beberapa jenis sambungan pipa PVC yang dibedakan berdasarkan bentuk dan model penyambungan :


Jenis Sambungan Pipa PVC Berdasarkan Bentuknya

Jenis Sambungan Pipa PVC memiliki beragam bentuk sesuai dengan diameter pipa yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan jalur perpipaan sesuai dengan keinginan dan yang pasti kebutuhan.

Sepeti sambungan percabangan 3, belokan, lurus dan sebagainya. Beberapa aksesoris selain dapat menyatukan antar pipa, juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan (belokan dan percabangan) tersebut.

Berikut beberapa jenis sambungan pipa PVC dengan nama yang mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar :


Ilustrasi Elbow AW

Elbow atau Knee PVC. Seperti namanya, material ini memiliki bentuk seperti siku, atau Elbow / knee. Fungsinya tentu saja dimanfaatkan untuk mendukung sistem belokan pada saluran. Secara umum, aksesoris ini dibedakan menjadi dua macam, yakni Elbow 90 derajat dan Elbow 45 derajat.

Meski demikian dalam pengembangannya Elbow dikembangkan dalam beberapa varian derajat untuk memenuhi kebutuhan saluran (Terutama saluran limbah dan air kotor). Selain itu Elbow juga memiliki varian perbedaan diameter, untuk menyambung dua pipa dengan diameter berbeda.

Elain itu, Elbow juga memiliki varian yang mendukung sistem penyambungan Dratting. Jenis sambungan pipa PVC ini biasanya disebut Valve Elbow (Untuk drat luar) dan Faucet Elbow (untuk drat dalam).


Ilustrasi Socket AW

Socket. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung pipa dengan pipa secara lurus. Meski pada dasarnya pipa PVC sudah memiliki satu bagian spigot untuk proses penyambungan, socket memberi tambahan jika bagian tersebut sudah dipakai atau terpotong.

Tak hanya varian model penyambungan solvent Cement atau RRJ, socket pipa PVC juga memiliki varian dratting. Valve Socket untuk drat luar, dan Faucet socket untuk drat dalam. Fasilitas ini biasa digunakan untuk sambungan pipa dengan valve, pipa lain, dan sebagainya.

Socket juga biasa digunakan untuk sambungan beda diameter, atau biasa dikenal dengan istilah reducer atau increaser. Seperti fungsinya untuk sambungan lurus, aksesoris ini digunakan untuk menyambung dua buah pipa dengan diameter berbeda.


Ilustrasi Tee AW

Tee. Berasal dari istilah huruf “T” jenis aksesoris ini digunakan untuk media percabangan pipa (tiga jalur). Fungsinya tentu saja membagi aliran air sesuai dengan kebutuhan atau jalur yang telah dibuat sebelumnya.

Varian Tee memiliki beragam bentuk, biasanya dibedakan berdasarkan derajat. Jenis ini biasa dikenal dengan istilah Y-branch atau Tee “Y” karena bentuknya seperti huruf Y. Tee jenis ini biasanya digunakan untuk saluran buangan dan sejenisnya.

Selain itu, varian Tee juga tersedia untuk dua diameter pipa berbeda. Untuk sambungat Drat, juga tersedia baik Tee drat luar maupun Tee drat dalam yang berfungsi untuk sambungan ke pipa lain atau valve.

Selain ketiga varian aksesoris tersebut sambungan pipa PVC juga memiliki beragam bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti Cap untuk menutup saluran, Flange untuk model penyambungan Flange to Flange Joint, dan sebagainya.


Baca Juga :


Berdasar Model Penyambungan

Dua model penyambungan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Dan saat digunakan kedua Jenis Sambungan Pipa PVC terebut dapat bekerja secara optimal dalam jangka waktu lama jika dilakukan dengan baik dan benar.

Perbedaan keduanya adalah bahan penyatu yang digunakan. Lem PVC atau Solvent Cement dan Karet gelang khusus atau biasa dikenal dengan Rubbering Joint. Sebagai pendukung metode penyambungan produk perpipaan fleksibel, keduanya sangat ideal satu dengan yang lain.

Lalu, kapan sebaiknya satu metode penyambungan sebaiknya digunakan dibanding model yang lain ? Untuk mengetahuinya, mari kita mengenal Jenis Sambungan Pipa PVC Solvent Cement dan Rubberring Joint.


Jenis Sambungan Pipa PVC Solvent Cement (lem). Jenis Sambungan Pipa PVC Solvent Cement, paling mudah dikenal dengan metode menggunakan “lem Pipa PVC”. Meski demikian, pada dasarnya arti lem atau merekatkan dua bagian dalam hal ini tidak bekerja seperti lem konvensional pada umumnya.

Material Solvent Cement merupakan kombinasi beberapa material yang bertugas, menyambung pipa PVC satu dengan yang lain secara welded kimiawi. Pelelehan secara kimia ini akan membuat sambungan bersatu dengan baik, tanpa celah dan awet untuk penggunaan lama.  

Solvent Cement merupakan metowde penyambungan pipa PVC yang terdiri dari dua material, yakni Solvent dan Cement. Kombinasi keduanya saling melengkapi dan membuat sistem penyambungan pipa thermoplastik dilakukan dengan “persenyawaan sempurna”.

Solvent merupakan bahan baku pertama yang diproduksi dari beberapa material, diantaranya THF atau Tetrahydrofuran, Cyclohexanone, Methyl Ketone, Aceton dan Methyl Isobutyl Ketone. Kombinasi dalam solvent cement berfungsi melarutkan resin atau bahan baku pipa PVC (uPVC).

Selain itu bahan ini juga berfungsi seabgai pelumas sambungan, kontrol penguapan dan mengembangkan material uPVC pada pipa. Sehingga proses penyambungan dapat berjalan sesuai dengan harapan (Tidam mudah rusak dan copot).

Sementara Cement, merupakan material bahan baku yang berisi kombinasi Resin, Aditif dan Filler. Kombinasi ketiganya berfungsi menutup setiap celah yang ada pada bagian sambungan. Sehingga saluran fluida (air) yang dialirkan tidak bocor sampai ke luar.

Kombinasi antara bahan Solvent dan Cemenk akan bekerja dengan agresif, membuat bagian sambungan menyatu dengan sempurna. Tak hanya memastikan posisi tetap dalam waktu lama, bahan ini juga berfungsi menjaga aliran mengalir hingga pada tempat seharusnya.

Jenis Sambungan Pipa PVC Solvent Cement hampir tersedia di beragam produk pipa PVC. Baik produk pipa dengan standard JIS, SNI, ASTM dan sebagainya. Karena dikhawatirkan tidak teroles dengan merata, metode ini biasanya disarankan pada pipa dengan diameter kecil, atau dibawah 6 inch.


Ilustrasi Aksesoris Pipa PVC RRJ

Jenis Sambungan Rubberring Joint. Rubberring Joint atau metode penyambungan dengan gelang karet, merupakan salah satu aleternatif penyambungan pipa PVC. Dibanding dengan cara Solvent Cement, cara ini lebih praktis, karena dilakukan tanpa bahan kimia dan mesin penyambung khusus.

Metode penyambungan ini memanfaatkan struktur bagian dalam pipa uPVC yang dapat merekat dengan baik dengan gelang karet khsusu yang didesain sesuai standard Rubberring Joint pipa PVC. Sehingga saat disatukan akan mengunci bagian (tidak lepas dan bergeser) sambungan dalam waktu lama.

Mekasnisme Jenis Sambungan Pipa PVC Rubberring Joint dilakukan dengan sederhana, hanya mendorong bagian sprigot dan socket pipa atau aksesoris (yang telah memiliki rubbering joint di dalamnya). Maka penyambungan sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Meski demikian, proses kadang berjalan kurang sempurna, dan untuk mempermudah proses dapat dilakukan dengan bantuan Lubricant. Material ini berfungsi memperlancar (Pelumas) bagian spigot dan socket pipa atau fitting saat disatukan.

Tips dalam Jenis Sambunga Pipa PVC ini, jangan menggunakan sabun sebagai pengganti Lubricant. Sabun memiliki sifat asam terlalu tinggi, bahan ini yang menurunkan kualitas bahan karet, sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Jenis Sambungan Pipa PVC : Bentuk dan Ragam
Tagged on:             

68 thoughts on “Jenis Sambungan Pipa PVC : Bentuk dan Ragam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *