Ilustrasi Pipa HDPE Adalah Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Pipa HDPE adalah rangkaian produk pipa dan aksesoris dari material polietilena berdensitas tinggi dengan karakter kuat, lentur, anti karat dan tingkat keretakan rendah.

Pipa HDPE adalah produk perpipaan yang diproduksi dari material thermoplastik jenis Polietilena Berdensitas Tinggi. Atau biasa dikenal dengan nama material high density polyethylene sehingga produk ini juga dikenal dengan nama pipa PE-100.

Material high density polyethylenei atau HDPE diproduksi dari minyak bumi, sehingga produk olahan bahan baku ini umumnya berwarna hitam. Selain digunakan untuk beragam produk, salah satunya produk perpipaan / plumbing.

Produk pipa HDPE memiliki karakter sangat ideal untuk saluran air bersih bertekanan. Penggunaan material bahan baku HDPE membuat pipa lebih kuat, dan lentur, disamping mengeliminasi kelemahan pipa plastik konvensional yang mudah retak dan pecah.

Karakter pipa seperti ini sangat ideal untuk saluran air bersih dengan takanan. Dimana saluran air biasanya menggunakan tenaga pendorong untuk mengambil dari sumber menuju tempat dimana air dibutuhkan.

Baca Juga : Mengenal Pipa HDPE


Ideal untuk saluran air bersih berstandard Food Grade.

Karakter yang buruk dengan risiko pecah membuat bagian kecil dari pipa terbawa dalam saluran air. Hal ini kerap meningkatkan risiko pencemaran dan membuat saluran air tidak sesuai dengan standard Food Grade atau aman bagi Kesehatan (Jika air tertelan).

Untuk menghindari hal tersebut, dibutuhkan karakter pipa yang tak mudah pecah, dan berpotensi menyebabkan pencemaran saluran air bersih. Pipa HDPE Adalah solusi dalam hal ini, karena material polietilena berdensitas tinggi memiliki crack resistance tinggi atau tidak mudah rusak dan pecah.

Selain membuat saluran air aman dari pencemaran, karakter anti pecah ini membuat produk pipa HDPE awet digunakan bahkan dengan usia pemakaian lebih dari 50 tahun. Hal ini memberi Anda kelebihan minim biaya perawatan, dan tentu saja instalasi ulang.

Baca Juga : Mengenal Jenis-jenis Pipa HDPE


Kuat, lentur dan tahan benturan benda tumpul

Berbeda dengan material thermoplastic konvensional jenis PVC, bahan HDPE terbukti memiliki karakter lebih Tangguh. Dengan tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik, sehingga tak mudah rusak saat produk dibengkokkan, atau terpukul benda tumpul.

Tingkat kelenturan yang baik membuat produk pipa HDPE tersedia dalam bentuk roll, dengan Panjang lebih dari 50 meter. Ini artinya selain ringkas dalam hal mobilisasi, varian roll membuat proses penyambungan tidak memakan waktu, energi dan tentu saja banyak biaya.

Tingkat kekuatan dan kelenturan yang baik pada produk pipa HDPE membuat produk ini mudah menyesuaikan bentuk. Bahkan di kawasan perbukitan, rawa dan bebatuan, produk ini sangat ideal untuk menyalurkan air bersih tepat pada tempat seperti yang diinginkan.


Harga Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah produk perpipaan dengan harga paling murah, jika dibanding produk lain. Produk ini mampu bertahan hingga suhu 60 derajat celcius, dan ideal menjadi solusi saat produk pipa besi sering bermasalah dengan karat.

Harga Pipa HDPE ditawarkan beragam sesuai dengan brand pipa yang Anda pilih. Diluar dari beragam harga tersebut, produk yang kokoh dan Tangguh akan menghemat pengeluaran Anda, terutama dalam hal perawatan dan instalasi ulang, pada saat terjadi kerusakan pipa.

Oleh karena itu, harga pipa HDPE umumnya terlihat sangat mahal pada awalnya. Namun dalam hal jangka Panjang, pilihan produk ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran dan permasalahan lain yang kerap muncul.

Untuk melihat update harga pipa HDPE, Anda bisa mengikuti link yang ada di bawah.

Baca Juga : Perbandingan Harga Pipa HDPE 6 Brand Populer


Cara Penyambungan Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah salah satu jenis pipa thermoplastik yang mampu meleleh pada saat dipanaskan, namun mengeras pada saat suhu normal. Hal ini memberi kelebihan tersendiri dalam hal proses penyambungan, yang dapat dilakukan secara persenyawaan sempurna.

Proses ini dilakukan dengan memanaskan ujung pipa dengan ujung pipa atau aksesoris yang hendak di sambung dengan welding machine pipa HDPE. Pada saat meleleh, proses penyatuan akan berjalan dengan baik, dan saat suhu normal bagian sambungan akan menyatu dengan sempurna. Prosedur penyambungan ini biasa dikenal dengan istilah Butt Fusion.

Selain disambung dengan cara tersebut, produk pipa HDPE, terutama varian roll dapat disambung tanpa mesin pemanas atau welding machine. Yaitu dengan menggunakan aksesoris mechanical atau biasa dikenal dengan nama Compression Joint Fitting.


Aplikasi Sistem

Pada dasarnya penggunaan produk Pipa HDPE adalah untuk kebutuhan saluran air bertekanan. Material yang kuat, lentur dan tidak gampang rusak membuat saluran air tetap higienis, tanpa risiko pencemaran serpihan pipa yang rusak.

Karena tersedia mulai dari ukuran ½ inch (20mm) hingga 28 inch (710mm) produk pipa HDPE dapat digunakan untuk kebutuhan saluran air multi skala. Mulai dari kebutuhan saluran air sederhana rumah, bangunan komersial, hingga kebutuhan fasilitas umum dan sebagainya.

Dalam skala besar, produk pipa HDPE juga kerap digunakan untuk kebutuhan pipanisasi air bersih keperluan tambang. Karakter yang Tangguh dan tak mudah rusak, membuat pipa HDPE ideal untuk kebutuhan ini saat dipasang di medan berat, dengan kontur tanah kurang rata.

Baca Juga : Distributor Pipa HDPE

Pipa HDPE Adalah : Segala Hal yang Perlu Diketahui
Tagged on:             

76 thoughts on “Pipa HDPE Adalah : Segala Hal yang Perlu Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *