IlustrasiTekanan dan Suhu Ideal Produk Pipa PPR

Suhu Ideal Pipa PPR dan tekanan yang pas akan membuat saluran air panas dan dingin bertekanan dapat digunakan hingga usia penggunaan maksimal. Pertanyaannya, berapa suhu dan tekanan ideal produk agar bisa digunakan maksimal ?

Bukan lagi rahasia, penggunaan produk secara benar dapat membuat usia penggunaan hingga mencapai 50 tahun.

Produk pipa PPR ditawarkan beragam sesuai dengan brand dengan segenap kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski demikian, jika mengacu pada tugas utamanya, produk kerap berkecimpung pada nilai tekanan dan suhu fluida (aliran air) yang dihantar.

Kombinasi buruk antara tekanan dan suhu akan berdampak kurang baik pula. Sementara jika digunakan secara baik dengan perhitungan matang, penggunaan pipa dapat dioptimalkan dengan usia penggunaan hingga mencapai 50 tahun.


Baca Juga :


Meski ditawarkan secara umum dibedakan berdasarkan ketahanan pipa terhadap tekanan (PN), lalu berapa suhu ideal dan tekanan ideal produk ? Mengutip penjelasan dari produk Pipa PPR Rucika Kelen Green, berikut penjelasannya :


Tekanan dan Suhu Ideal Pipa Pipa PPR PN-10. Secara umum produk pipa PPR dengan PN-10 biasanya didesain untuk saluran air bersih sederhana, dengan suhu normal. Dibanding dua varian produk yang lain, jenis ini memiliki tebal dinding paling tipis.

Lalu berapa suhu ideal Pipa PPR untuk memperoleh usia penggunaan maksimal ? Produk pipa PPR PN-10 biasanya akan bekerja dengan baik pada suhu normal, dengan suhu tertinggi antara 20 hingga 30 derajat Celsius. Suhu tersebut akan lebih ideal dengan tekanan 9 hingga 10 bar maksimal. Penggunaan kombinasi suhu 20°C dengan 10 bar dan suhu 30°C dengan tekanan 9 bar akan membuat usia penggunaan pipa optimal. Untuk lebih detil kombinasi tersebut, bisa dilihat di table.


Suhu dan Tekanan Ideal Pipa PN-16. Dibanding produk pipa PPR sebelumnya, peningkatan 6 bar pada produk PN-16 memberi perbedaan tebal dinding pipa. Ini artinya produk dapat ditekan dengan nominal bar (Kg/cm2) lebih besar.

Produk Pipa PPR Rucika Kelen Green jenis ini umumnya disarankan untuk penggunaan saluran air bersih bersuhu normal dengan tekanan. Produk ini juga dapat digunakan untuk saluran air panas dengan tekanan rendah. Secara umum, produk tipe ini dapat dialiri Fluida (Air) dengan suhu tertinggi 20°C  hingga 60°C dengan tekanan antara 8 bar hingga 16 bar untuk usia penggunaan maksimal. Rumus penggunaan tekanan dan suhu dapat dilihat pada table.


Tekanan dan Suhu Ideal Pipa Pipa PPR PN-20. Dibanding dua produk sebelumnya produk ini memiliki karakter dindin pipa paling tebal. Dalam produk pipa PPR, ini menandakan pipa dapat dialiri fluida bertekanan dan suhu tinggi.

Dalam penjelasannya, varian pipa PPR PN-20 dapat dialiri saluran air bersih bertekanan dan suhu tinggi. Sangat ideal untuk kebutuhan fasilitas umum seperti rumah sakit, perhotelan dan bangunan komersial lain pada umumnya.

Lalu pertanyaanya, berapa suhu dan tekanan ideal untuk mengoptimalkan usia penggunaan pipa ? Tipe pipa PPR ini dapat dialiri saluran air bersuhu paling tinggi 70°C, dengan tekanan hingga 20 bar (Kg/cm2). Kombinasi penggunaan tekanan dan suhu dapat dilihat pada table.


Ilustrasi Tekanan dan Suhu Ideal Pipa PPR
Dari katalog produk pipa PPR Rucika Kelen Green
Tekanan dan Suhu Ideal Pipa PPR
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.