Ilustrasi Coupler Hdpe, Mengenal Fungsi Dan Info Harga

Socket atau biasa dikenal dengan Coupler HDPE, merupakan aksesoris Mechanical Joint untuk Pipa Jenis roll, berikut Fungsi dan Info Harga Produk.

Pada dasarnya, pipa HDPE dapat disambung dengan tiga macam metode, Butt Fusion, Electro Fusion dan Mechanical Joint. Hal ini bisa disesuaikan dengan seberapa besar diameter pipa yang digunakan, dan kebutuhan saluran air bersih apa yang sedang akan dibangun.

Dalam skala besar, menggunakan pipa dengan diameter lebih dari 4 inch, umumnya model penyambungan yang disarankan adalah Butt Fusion. Sementara untuk saluran gas, metode Electro Fusion dianggap mampu meminimalisir risiko kebocoran.

Nah untuk yang terakhir adalah metode Mechanical Joint. Berbeda dengan kedua cara diatas, metode ini dapat dilakukan tanpa mesin penyambung. Atau lebih tepatnya hanya menggunakan aksesoris Pipa HDPE jenis Compression joint.

Dalam metode jointing dengan aksesoris Pipa HDPE tipe ini, proses penyambungan dilakukan secara manual. Dengan proses penguncian dengan seal karet di dalam aksesoris untuk mencegah kebocoran. Cara ini ideal untuk prosedur penyambungan pipa dengan diameter dibawah 4 inch.

Salah satu jenis akeseris paling sering digunakan adalah socket atau biasa dikenal dengan istilah Coupler HDPE. Seperti istilahnya, aksesoris ini biasa digunakan untuk sambungan antar pipa jalur lurus.

Selain dapat menyambung antar pipa dengan diameter sama, Coupler juga dapat digunakan untuk menyambung pipa dengan diameter berbeda. Jenis socket ini biasa dikenal dengan istilah reducing Coupler.

Dalam penggunaannya aksesoris ini memiliki beberapa bagian penting di dalamnya. Diantaranya bagian penyangga paling luar sambungan pipa yang berfungsi menahan pipa tetap pada tempatnya. Seal karet untuk mencegah kebocoran dan ulir untuk proses pengencangan.

Mekanisme sambungan yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat sambungan manual tanpa mesin ini mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Terlebih, jika Anda menggunakan aksesoris pipa HDPE Compression joint berkualitas.

Bahan ideal pembuat aksesoris jenis ini adalah Polyproilene. Bahan ini memiliki karakter sangat padat dan tahan terhadapsuhu hingga 60 derajat celcius. Sehingga seperti pipa HDPE, penggunaannya pun bisa bertahan dalam jangka waktu sangat lama.

Baca Juga


Harga Coupler Pipa HDPE

Seperti dijelaskan sebelumnya, produk socket HDPE biasanya direkomendasikan untuk jenis produk Roll. Aplikasi secara manual juga menjadi pertimbangan produk ini tidak didesain untuk pipa dengan diameter besar.

Di Indonesia produk ini sendiri ditawarkan beragam, sesuai dengan produsen atau brand produk. Berikut harga produk coupler yang didesain untuk penyambungan pipa HDPE dengan metode Mechanical Joint :

Ilustrasi Harga Coupler HDPE
Coupler Hdpe, Mengenal Fungsi dan Info Harga

61 thoughts on “Coupler Hdpe, Mengenal Fungsi dan Info Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *