Ilustrasi instalasi Limbah Pipa PVC
Industri menjadi aktivitas selain rumah tangga penyumbang limbah terbesar

Aktivitas manusia tak bisa lepas dari produk pencemaran setiap hari, untuk mengurangi dampak pencemaran, salah satunya dengan membangun instalasi limbah pipa PVC.

Lingkungan yang bersih tak hanya memberi rasa nyaman, tapi juga meningkatkan kualitas sehat seseorang yang tinggal di dalamnya. Nah untuk mendapatkan hal tersebut, instalasi pengolahan air limbah perlu dibangun dengan baik dan tepat.

Sumber air kotor sering muncul setiap hari dari setiap lini kehidupan di masyarakat. Seperti rumah tangga, perdagangan, industri, dan sebagainya. Beberapa diantaranya sumber air kotor muncul dari aktivitas sanitasi. Seperti mandi, mencuci dan lain sebagainya.

Air yang tercemar limbah kimia dari sabun dan bahan lain tersebut akan kian menyebar seiring terbawa banjir oleh air hujan dan sebagainya. Dan jika tidak tertangani dengan buruk, lingkungan yang tercemar tersebut akan menjadi ancaman serius bagi Kesehatan.

Dalam sebuah kesimpulan penelitian mengungkap, sekitar 80% dari air yang terbuang dari aktivitas rumah tangga, bisnis, industry dan sebagainya berbentuk sudah tercemar. Air tersebut akan terbuang ke tanah atau sungai atau laut yang pada akhrinya dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.


Baca Juga :


Berdasarkan pengelompokannya, instalasi limbah pipa PVC dapat digunakan untuk mengakomodir beberapa produk air kotor buangandari aktivitas manusia setiap hari dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :

Limbah Domestik. Jenis limbah ini biasanya berasal dari aktivitas rumah tangga, atau bersekala domestik (Kecil). Biasanya limbah jneis ini dihasilkan dari aktivitas sanitasi (Buang Air) Mandi, mencuci dan aktivitas bersih-bersih lain yang dilakukan setiap hari.

Jenis limbah ini biasanya berupa Tinja, air seni, sisa sabun, bahan organic dan sebagainya. Untuk pengolahan limbah jenis ini biasanya dilakukan beberapa cara simple, dan instalasinya dapat dilakukan dengan cara sederhana.

Limbah Industri. Atau biasa dikenal dengan istial industrial Wastes water, merupakan limbah cair yang berasal dari sisa aktivitas perindustrian. Beberapa zat yang sering terkandung dalam jenis limbah ini diantaranya Logam bera, pelarut, nitrogen dan bahan baku industry yang lain. Sehingga dalam hal penanganan, dibutuhakn instalasi limbah PVC khusus untuk menyelamatkan sumber air yang terbuang dari limbah.

Limbah Minicipal. Atau limbah yang berasal dari aktivitas bisnis, perindustrian dan perdangangan. Seperti limbah dari perkantoran, Gedung, hotel, restaurang dan fasilitas umum lainnya. Jenis limbah yang terkandung pada jenis ini umumnya sama dengan limbah domestik, hanya saja dalam jumlah yang besar.

Salah satu cara mengatasi pencemaran lingkungan seperti di atas adalah membangun instalasi limbah pipa PVC. Cara ini membantu pengotimalan pembuangan limbah tepat pada tempatnya, sekaligus pengolah air kotor menjadi layak untuk digunakan kembali.

Selain proses alat khusus pengolahan limbah, dibutuhakan jenis pipa yang tepat dalam hal ini. Produk perpipaan dengan spesifikasi non tekanan dan tak mudah rusak. Produk yang tepat dalam hal ini adalah Jenis Pipa PVC khusus yang biasa dikenal dengan pipa SDR-41 atau pipa limbah.

Instalasi Limbah Pipa PVC
Tagged on:                     

48 thoughts on “Instalasi Limbah Pipa PVC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *