Ilustrasi Manfaat Saluran air Limbah Tertutup
Ilustrasi Pipa PVC SDR-41 yang didesain untuk saluran limbah tertutup

Tak hanya air bersih, pengolahan air kotor juga perlu diperhatian. Berikut Manfaat Saluran Air Limbah jika ditata dengan baik.

Produksi limbah dilakukan setiap hari, bahkan dari aktivitas kecil seperti rumah tangga. Aktivitas sanitasi seperti mandi, buang air dan kebutuhan cuci (peralatan makan atau baju) kerap menyisakan limbah cair, atau biasa dikenal dengan Limbah Domestik.

Dalam skala kecil, limbah domestik dapat diolah dengan cara sederhana, sehingga pemanfaatan air yang telah dibuang dapat digunakan kembali. Kebutuhan lebih komplek biasa dibutuhkan dari aktivitas limbah industri, terutama berskala besar.

Dibutuhkan sistem pengolahan air limbah lebih komplek sesuai dengan kontaminasi polutan yang terjadi pada fluida (air). Mebangun sistem pengolahan air yang benar, dengan manfaat Saluran Air Limbah yang tepat.

Pengolahan saluran pembuangan air kotor yang tepat akan mencegah beberapa permasalahan. Seperti kerusakan lingkungan dan penuruhan kualitas Kesehatan di masayarakat. Proses ini kerap menggunakan produk pipa SDR-41 yang dirancang ideal untuk sistem saluran pembuangan tertutup.

Lalu apa jadinya jika hal ini tidak dilakukan, dan kontaminasi polutan terjadi dalam skala besar ? Berikut beberapa dampak buruk yang biasa terjadi dan berpengaruh secara signifikan terhadap lingkungan dan perubahan kualitas Kesehatan masayarakan yang terdampak.


Baca Juga


Lingkungan menjadi kurang sehat. Bakteri dan kotoran yang tercemar dan terbuang sembarangan melalui air kotor kerap menjadi permasalahan tersendiri bagi Kesehatan. Hal ini menimbulkan sejumlah permasalahan, terutama munculnya sumber penyakit.

Beberapa jenis penyakit kerap muncul dari lingkungan dengan saluran buangan air kotor kurang baik. Diantaranya Kolera, Tipes, Abdominalis dan permasalahan disentri, yang dapat diderita masayarakat sekitar.

Hal tersebut dikarenakan, lingkungan kotor yang telah tercemar tersebut menjadi tempat ideal hidup Mikroorganisme Jahat. Jenis makhluk hidup ini biasanya dikenal dengan istilah mikroorganisme pathogen yang sangat merugikan bagi Kesehatan.


Populasi Nyamuk Meningkat. Tak hanya saluran air kotor yang terkontaminasi, sistem saluran air limbah terbuka juga kerap menjadi permasalahan tersendiri. Terutama pada meningkatnya populasi nyamuk di sekitar.

Populasi nyamuk biasanya akan meningkat seiring munculnya genangan air (bersih) atau dengan kontaminasi polutan rendah. Hal ini kerap terjadi saat saluran air kotor atau limpahan air hujan tidak tertangani dengan baik, pada tempatnya.

Oleh karena itu, manfaat saluran air limbah yang baik tidak hanya mencegah lingkungan bebas pencemaran. Namun menjaga saluran air kotor buangan tidak tergenang di satu tempat. Melainkan terbuang tepat pada tempatnya. Sekaligus mencegah timbulnya habitat baru bagi nyamuk yang mengganggu.


Pusat bau tak sedap. Apa jadinya jika hunian rumah kita sering dihinggapi bau tak sedap karena saluran air kotor yang terkumpul tidak pada tempatnya. Hal ini akan membuat rumah menjadi kurang nyaman, disamping juga kurang sehat.

Air sisa kotoran limbah domestic, dan zat padat sisa sayuran atau makanan jika dibiarkan dalam beberapa waktu akan mengalami pembusukan oleh bakteri. Aktivitas ini pada dasarnya akan menimbulkan bau tidak sedap yang membuat lingkungan ruman menjadi kurang nyaman.

Manfaat Saluran Air Limbah dalam hal ini adalah memastikan proses pembusukan terjadi di tempat yang sudah di tentukan. Dan hal tersebut tidak akan menimbulkan bau yang menyengat, karena sistem pembuangan yang tertutup.

Manfaat Saluran Air Limbah Tertutup
Tagged on:             

45 thoughts on “Manfaat Saluran Air Limbah Tertutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *