Ilustrasi Membangun Saluran Air Area Rawan Gempa

Faktor alam kerap menjadi kendala dalam membangun saluran air bersih, terutama di kawasan dengan rawan gempa. Untuk mengindari hal yang tak diinginkan, dibutuhkan produk pipa dengan karakter istimewa yakni kuat dan lentur.

Pada dasarnya di Indonesia pilihan produk pipa Air ditawarkan beragam sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja yang cocok untuk kasus di atas adalah model produk dengan karakter kuat, lentur dan memiliki tingkat keretakan rendah.

Kombinasi ketiga factor tersebut akan memberi keuntungan, terutama saluran pipa air bersih yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Terlebih faktanya, Indonesia merupakan negara tropis dengan risiko terjadinya bencana alam sangat tinggi.

Dalam hal ini Pipa HDPE kerap direkomendasikan untuk saluran pipa air bersih yang Tangguh, dan aman bagi Kesehatan.

Baca Juga


Karakter pipa lentur

Keuntungan dalam memanfaatkan karakter pipa yang lentur akan memberi Anda setidaknya dua keuntungan. Terutama pada saat membangun saluran air bersih di daerah rawan gempa seperti beberapa wilayah di Indonesia.

Pertama adalah jalur pipa yang fleksibel. Beberapa produk pipa didesain dengan karakter kaku, dan saat digunakan di medan berkontur perbukitan. Dibutuhkan persiapan lahan yang tepat (Lurus) agar pipa dapat diletakkan dengan sempurna.

Karakter lentur pada pipa HDPE dapat membuat hal ini bisa dilewati, karena karakter pipa yang dapat menyesuaikan medan turun atau naik khas perbukitan dan kawasan berawa. Kelebihan ini tentu akan memberi Anda keuntungan dari pengeluaran biaya dan waktu instalasi yang lebih singkat.

Selain itu, kelenturan pipa juga dibutuhkan pada wilayah dengan kecenderungan memiliki tanah bergerak, atau rawan gempa. Kondisi ini jika tidak diimbangin dengan fleksibilitas tinggi, makan pipa akan mudah mengalami kerusakan.

Faktanya kebutuhan sumber air bersih adalah mutlak harus terpenuhi, bahkan pada saat terjadi bencana alam. Penggunaan produk pipa yang tepat, dengan karakter tangguh dan lentur akan membuat pasokan air tidak terputus, walau saat terjadi gempa.

Mudah Disambung dan Kuat.


Tak hanya bagian utama pipa, bagian sambungan kerap memerlukan perhatian tersendiri dalam membangun saluran air bersih Tangguh di kawasan rawan gempa. Tanpa proses dan penyambungan yang baik, bagian ini akan mudah rusak, meski pada dasarnya karakter pipa sudah cukup kuat.

Beberapa produk perpipaan didesain dengan cara penyambungan simple namun efektif. Seperti produk pipa uPVC yang disambung dengan metode rubbering joint. Metode ini bisa Anda jumpai pada produk Pipa PVC SNI atau PVC-O.

Cara ini dapat dilakukan tanpa menggunakan alat khusus dan bahan kimia untuk mendapatkan hasil sambungan “Persenyawaan sempurna”. Proses dapat dilakukan dengan singkat, dengan hanya memasukkan bagian spigot pada socket yang didalamnya telah dilengkapi dengan karet Rubbering.

Cara lain Anda juga dapat menggunakan pipa HDPE roll dengan model sambungan Mechanical Joint. Cara ini juga dapat dilakukan dengan sangat mudah, yakni dengan mengunci bagian sambungan dengan aksesoris khusus Compression Joint.

Cara ini dapat dilakukan pada produk pipa HDPE ukuran dibawah 4 inch atau 110mm. Tanpa menggunakan mesin penyambung dan bahan perekat lain. Sehingga dapat dilakukan secara cepat, atau tak sampai 10 menit untuk satu kali proses penyambungan.

Memilih produk yang tepat, dengan mempertimbangkan kualitas, model penyambungan dan besar manfaat apa yang bisa didapat akan membuat proses penyambungan pipa awet dalam jangka waktu lama. Bahkan hal ini juga berlaku pada kawasan dengan risiko rawan terjadi gempa atau kontur tanah yang mudah bergerak.   

Membangun Saluran Air Rawan Gempa
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.