Ilustrasi Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE

Konsep cara Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE dilakukan dengan cara menyatukan ujung satu dengan yang lain dengan proses pemanasan.

Terbuat dari bahan thermoplastik, pipa HDPE akan mengalami leleh pada saat dipanaskan. Namun setelah suhu normal dan kembali dingin bahan akan mengeras.

Karakter ini yang kemudian dimanfaatkan sebagai prosedur persenyawaan sempurna Cara Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE.

Oleh karena itu, untuk melakukan prosedur penyambungan ini kita memerlukan mesin pamanas penyambung pipa HDPE atau biasa dikenal dengan welding machine.

Tak hanya memanaskan bagian pipa, mesin ini biasanya disiapkan mendukung prosedur penyambungan sempurna.

Untuk mengetahui cara kerja mesin ini, berikut beberapa bagian yang ada pada welding machine pipa HDPE.


Panel Pendorong

Bagian ini befungsi untuk menggerakkan (maju mundurr) pipa pada saat proses penyambungan. Pada mesin manual, bagian ini digerakan secara mekanis dan manual.

Sementara pada mesin otomatis, bagian ini dapat digerakkan secara otomatis dengan bantuan hidraulic.


Pemanas Teflon

Merupakan salah satu bagian penting Cara Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE. Alat ini memiliki dua sisi pemanas bebas lengket, yang fungsinya melellehkan dua ujung pipa atau fitting yang akan disambung.


Mesin Penyerut

Bagian ini tak kalah penting dalam proses penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE. Berfungsi merapikan bagian yang hendak disambung, sehingga memiliki permukaan rata, dan membuat proses penyambungan berjalan sempurna.


Ragum Pipa

Bagian ini berfungsi memastikan pipa tepat pada tempatnya saat bergerak maju mundur untuk proses penyerutan dan pemanasan. Biasanya ragum pada mesin penyambung tersedia dalam ukuran diameter terbatas untuk satu seri welding machine.


Monitor

Bagian ini akan memberi kita info seberapa tinggi suhu pemanas, dan prosedur waktu yang dibutuhkan untuk proses pemanasan pipa HDPE diameterr tertentu.

Baca Juga :


Mekanisme Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE

Berbeda dengan proses penyambungan mechanical Joint,  proses Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE disarankan untuk ukuran tak kurang dari 63mm atau 2 inch.

Untuk melakukannya, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan dan proses penyambungan :

  • Pasang pipa dengan ragum pengikat yang ada pada welding machine. Kunci bagian tersebut sehingga pipa tak bisa bergeser saat digerakkan maju mundur.
  • Setelah bagian pipa terpasang dengan sempurna, proses selanjutnya adalah penyerutan.
  • Proses ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan meratakan ujung pipa yang hendak disambung. Juga memonitor sambungan telah berada pada posisi lurus atau kurang lurus.
  • Setelah proses penyerutan dilakukan, proses selanjutnya adalah pemanasan. Biasanya proses ini memakan waktu beberapa menit, tergantung diameter pipa yang hendak disambung.
  • Setelah proses pemanasan, barulah ujung pipa dengan pipa atau fitting disatukan satu dengan yang lain.

Tips Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE

Jangan ragu menggunakan lap kering untuk memeriksa tak ada kotoran yang menempel di pipa yang hendak disambung satu dengan yang lain.

  • Perhatikan kebutuhan proses pemanasan dan tekanan yang dibutuhkan, karena beda diameter, memerlukan waktu pemanasan berbeda.
  • Potong bagian yang gagal tersambung. Hindari penumpukan bagian yang disambung berulang. Karena hal ini dapat meningkatkan kerusakan bagian sambungan.
  • Hanya pergunakan produk fitting berbahan dasar PE atau yang disarankan pada proses penyambungan butt fusion Pipa HDPE. Perbedaan bahan membuat proses penyambungan tak akan berjalan sesuai yang diharapkan.
Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE
Tagged on:             

81 thoughts on “Penyambungan Butt Fusion Pipa HDPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *