Disadari atau tidak, Penyebab Pipa Bocor bisa berawal dari hal kecil yang kerap terjadi secara konstan, berikut beberapa hal diantaranya.

Memiliki saluran air Tangguh dan bisa digunakan dalam jangka waktu Panjang, bisa jadi harapan semua orang. Sayangnya, meski beragam produk menawarkan kemudahan proses instalasi saluran air sesuai kebutuhan, kesalahan kecil kerap menjadi penyebab pipa bocor, rusak dan tidak bertahan lama.

Berikut beberapa hal yang kerap menjadi penyebab utama kerusakan saluran air. Disadari atau tidak, meski kadang tak terjadi secara langsung, kesalahan ini membuat usia penggunaan pipa tidak maksimal, atau tidak bertahan dalam waktu lama.


Masalah penyumbatan. Bukan hal baru, penyumbatan kerap menjadi awal penyebab pipa bocor dan rusak. Hal ini terjadi terutama pada jenis saluran air bertekanan, seperti pipa air bersih, saluran makanan cair dan sebagainya.

Masalah penyumbatan bisa terjadi karena beberapa hal, pertama dari benda asing (padat) yang tidak sengaja masuk ke dalam saluran. Selain itu, kotoran kecil yang terkumpul di satu tempat, dalam waktu lama akan mengerak dan menjadi sumbatan pada pipa bertekanan.

Dalam kondisi tersumbat, saluran pipa terutama bagian sambungan akan bekerja ekstra berat. Hal ini yang memungkinkan terjadinya penyebab pipa bocor dan berakhir pada kerusakan saluran air bersih.

Memberi filter pada bagian input, serta menggunakan produk pipa yang tepat adalah cara mencegah kerusakan pipa karena penyumbatan. Selain itu, lakukan proses pembersihan dan pengecekan saluran air secara rutin, dengan tujuan memastikan benda asing tidak masuk dalam saluran pipa.


Tekanan Terlalu Besar. Tekanan kerap dibutuhkan agar fluida (Air) yang dialirkan terhantarkan tepat pada tempat dimana kebutuhan ini diharapkan. Beberapa cara biasa dilakukan, seperti menggunakan pompa air dan sebagainya.

Kesalahan dalam meiliki pompa air, dalam hal ini kerap menjadi Penyebab Pipa Bocor, terutama kesalahan menggunakan tipe tekanan produk yang dibutuhkan. Tekanan pompa yang terlalu besar jika tidak diimbangi dengan tipe pipa yang tepat akan membuat pipa mudah rusak.

Beberapa tipe pipa ditawarkan beragam, terutama jenis pipa air bersih. Diantaranya pipa dengan tipe tekanan kecil, sedang hingga besar. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan saluran air, ada baiknya Anda menyesuaikan jenis tekanan pompa dan pipa air yang digunakan.


Permasalahan Korosi. Permasalahan korosi sudah bukan menjadi isu baru paka produk pipa besi, hal ini yang membuat orang mulai beralih pada produk pipa Plastik. Seperti pipa uPVC, Pipa HDPE dan Pipa PPR untuk semua kebutuhan saluran air. Baik air kotor, bersih, hingga panas dan dingin bertekanan.

Tak hanya karat pada pipa besi, masalah kerusakan karena reaksi kimia ini juga kerap dialami oleh jenis pipa PVC konvensional. Bahkan tanpa gangguan fisik, dalam waktu singkat pipa mudah rusak dan membuat saluran air bocor sehingga tak bertahan lama.

Solusi kekurangan pipa PVC pada dasarnya sudah teratasi dengan penggunaan material uPVC yang membuat karakter pipa lebih kuat, lentur dan bebas korosi. Karena material ini memiliki tingkat keretakan sangat rendah.

Baca Juga


Kesalahan pemilihan produk pipa. Hal ini kerap menjadi penyebab pipa bocor, terutama karena masalah tekanan. Karena tidak semua produk perpipaan dapat melakukan tugas untuk semua jenis saluran air.

Misalnya, penggunaan produk pipa PVC bertekanan rendah untuk saluran air bersih bertekanan. Selain berisiko merusak bagian sambungan, dorongan dari pompa air juga dapat menghancurkan bagian utama pipa, sehingga saluran tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama.


Posisi jalur pipa yang bergeser. Beberapa hal bisa membuat saluran pipa bergeser. Misalnya bencana alam, seperti erosi, banjir, gempa dan sebagainya. Kejadian yang tak terduga seperti ini kerap membuat posisi pipa bergeser dari semula.

Perubahan ini sangat berdampak, terutama pada bagian sambungan. Jangan heran bagian ini menjadi sangat rapuh dan mudah rusak saat terjadi pergeseran posisi pipa. Selain itu bagian itama pipa juga mudah rusak jika pergeseran terjadi secara ekstrim.


Instalasi yang buruk. Sederhana tapi jika tidak dilakukan dengan baik dapat berdampak fatal, dan menjadi penyebab pipa bocor dan rusak. Oleh karena itu persiatan, perhitungan yang tepat dan finishing yang baik akan menjamin saluran pipa awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Sebaliknya, kesalahan perhitungan dapat berdampak kurang baik. Kerusakan berawal dari kebocoran pipa kerap terjadi. Hal paling sering dilakukan adalah kesalahan instalasi pemasangan aksesoris, seperti fitting mechanical Pipa HDPE, yang dilakukan dengan dislokasi bagian gelang karet.

Penyebab Pipa Bocor yang Perlu Kita Ketahui
Tagged on:                 

60 thoughts on “Penyebab Pipa Bocor yang Perlu Kita Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *