Ilustrasi Perpanjang Usia Pipa Ini Tipsnya

Perpanjang usia pipa untuk kebutuhan saluran air (bersih atau kotor) dapat dilakukan dengan beberapa hal, berikut ini tipsnya.

Disadari atau tidak, instalasi saluran pipa yang buruk kerap membuat permasalahan datang secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya lingkungan sekitar yang tercemar akibat limbah yang terbuang tidak pada tempatnya atau debit pipa air bersih yang kian hari semakin kecil.

Pada dasarnya, kendala yang muncul pada kerusakan saluran air umumnya berawal dari persiapan yang kurang matang. Pemahaman tentang kebutuhan saluran pipa yang kurang tepat, ditambah instalasi sambungan yang buruk merupakan kombinasi yang dapat mempercepat usia pakai pipa air.

Bukan perkara sederhana, saluran air yang dibangun di bawah tanah, menyatu dengan pondasi Gedung, atau dipasang dengan jalur rumit di sekitar rumah, terpaksa harus dibongkar. Terutama saat permasalahan sudah dianggap tidak lagi mampu di toleransi.

Nah untuk menghindari hal terbut, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan. Mulai dari mempelajari tipe saluran air yang akan dibangun, produk pipa yang digunakan, proses penyambungan dan perawatan.

Kombinasi beberapa hal diatas dapat perpanjang usia pipa untuk beragam kebutuhan saluran air. Untuk memulainya, berikut tips yang bisa Anda lakukan :

Kenali produk pipa yang hendak di pakai. Beberapa produk pipa biasanya didesain untuk melakukan pekerjaan mengalirkan jenis fluida tertentu. Misalnya untuk air bersih, biasanya dibutuhkan pipa bertekanan karena letak sumber yang ada di bawah. Kebutuhan ini bisa Anda penuhi dengan menggunakan produk pipa HDPE.

Sementara saluran air kotor, biasanya dibuang dari atas menuju kebawah, sehingga dibutuhkan produk pipa tanpa tekanan. Kebutuhan ini bisa Anda penuhi dengan menggunakan pipa PVC, terlepas dari factor kelebihan spesifikasi produk yang ideal dan harganya yang lebih ekonomis.

Penggunaan produk pipa yang tepat akan meminimalisir kerusakan pipa untuk kebutuhan saluran air tertentu. Sehingga cara awal ini jika dilakukan dengan benar akan perpanjang usia pipa untuk saluran air.

Baca Juga

Pelajari dan lakukan proses penyambungan dengan benar. Produk pipa ditawarkan dengan ragam aksesoris dan fitting yang dapat digunakan untuk mempermudah instalasi kebutuhan saluran air. Meski demikian ada baiknya kemudahan ini dilakukan dengan prosedur yang benar.

Misalnya pipa PVC disambung dengan model solvent cement atau rubbering joint, sementara pipa HDPE dan pipa PPR disambung secara welded dengan alat khusus. Setiap proses ada tahapan dan beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Melakukan semua tahapan dengan baik dan benar akan membuat bagian sambungan kokoh, bahkan seperti bagian utama pipa. Proses ini akan perpanjang usia pipa bahkan hingga digunakan lebih dari puluhan tahun untuk saluran air.

Lakukan perawatan secara rutin. Beberapa produk pipa membutuhkan mekanisme perawatan berjangka. Misalnya untuk saluran limbah, lemak makanan dan sejenisnya kerap mengendap dan menjadi kerak dalam jangka waktu tertentu.

Tanpa penanganan secara tepat bagian ini akan membuat sumbatan tersendiri dan pada akhirnya saluran air tidak berfungsi. Oleh karena itu, perlu proses perawatan secara rutin untuk menghilangkan bagian tersebut, sehingga memperpanjang usia pipa.

Murah boleh, asal berkualitas. Beberapa produk pipa ditawarkan beragam, mulai dari kualitas produk dan sebagainya. Tak hanya itu, Distributor Pipa terbaik juga akan memberi Anda harga terbaik produk dengan kualitas tinggi.

Sehingga di dapat peroduk dengan harga ekonomis, namun untuk instalasi saluran air yang ideal, tepat dan memiliki usia penggunaan sangat lama. Bahkan, bertemu dengan supplier pipa terbaik akan memberi Anda tambahan keuntungan.

Selain memberi harga terbaik, mereka akan senantiasa memberi Anda tentang kebutuhan pipa yang tepat sesuai dengan instalasi kebutuhan saluran air Anda. Termasuk metode penyambungan dan model aksesoris yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Perpanjang Usia Pipa, Ini Tipsnya

70 thoughts on “Perpanjang Usia Pipa, Ini Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *