Ilustrasi Pipa PE Hitam Untuk Saluran Air Bersih

Beragam produk perpipaan ditawarkan dengan karakter spesial. Salah satunya Pipa PE Hitam untuk saluran air bersih, berikut keistimewaannya.

Membangun saluran air bersih bertekanan bukan perkara mudah. Karena kesalahan memilih produk pipa dapat berdampak kurang baik. Tak hanya saluran yang mudah rusak, tapi juga ancaman polusi yang muncul karena remahan material pipa yang mudah rusak dan menjadi biang pencemaran.

Dalam industri perpipaan, terdapat beberapa produk yang didesain ideal dalam hal ini. Salah satunya pipa PE Hitam atau biasa dikenal dengan nama Pipa HDPE atau Pipa PE-100. Berikut beberapa fakta terkait produk yang dikenal dapat digunakan hingga lebih dari 50 tahun ini.


Baca Juga :


Dominasi Warna Hitam

Pipa PE Hitam merupakan satu diantara beberapa jenis produk peripaan dari material thermoplastik Jenis HDPE atau High Density Polyethylene. Sehingga juga biasa dikenal dengan nama pipa HDPE atau PE-100.

Material HDPE sudah dikenal memiliki karakter istimewa, terutama material yang tak mudah rusak dengan tingkat keretakan rendah. Bahan ini banyak digunakan untuk beragam produk, salah satunya ideal untuk saluran air bersih, karena berstandard Food Grade.

HDPE dibuat dari material Minyam bumi, sehingga produk ini memiliki warna dominan alami berwarna hitam. Dengan komposisi 1,75 Kg minyak untuk membuat sekitar 1 Kg material nahan HDPE untuk beragam keperluan.

Material HDPE juga dikenal sangat ramah lingkungan, karena pada dasarnya bahan ini dapat di daur ulang untuk menghindari penumpukan sampah plastik. Produk dengan material bahan baku HDPE biasanya memiliki symbol daur ulang 2.

Di Seluruh dunia, penggunaan produk Pipa PE-100 Hitam untuk saluran air bersih sudah bukan hal baru lagi. Terutama di Indonesia, karakter yang tak mudah rusak, dan tahan hingga suhu 60 derajat, membuat produk pipa ini ideal digunakan untuk saluran air bersih di kawasan tropis.


Kuat, Lentur dan Tidak Mudah Pecah

Seperti sempat tersebut di atas, material HDPE memiliki karakter istimewa sehingga ideal untuk menjadi bahan baku produk dengan karakter awet dan tak mudah rusak. Salah satunya untuk saluran air bersih bertekanan yang aman bagi keseahatan.

Produk Pipa PE-100 Hitam memiliki tingkat keretakan rendah, sehingga material tak mudah rusak dan mencemari saluran air. Oleh karena itu, seperti produk dari material bahan baku yang sama, pada pipa air material ini berstandard Food Grade atau aman bagi Kesehatan.

Karakter dengan tingkat kelenturan tinggi, membuat pipa mudah dikemas dalam ukuran Panjang puluhan kali lipat dari Panjang pipa konvensional. Karena produk dapat di gulung dalam bentuk roll dengan Panjang lebih dari 100 meter.

Tak hanya itu, bahan HDPE juga membuat pipa tak mudah rusak oleh benturan benda tumpul. Hal ini membuat saluran pipa air dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Bahkan jika penyambungan dilakukan dengan benar, saluran dapat berusia lebih dari 50 tahun.


Model Sambungan Welded atau Mechanical

Selain warna hitam, produk pipa PE-100 juga sering disertai dengan garis lurus berwarna biru. Indikasi penandaan ini biasanya digunakan untuk mempermudah proses identifikasi. Bahwasannya produk perpipaan dengan model ini didesain aman dan ideal untuk saluran air bersih bertekanan.

Dalam hal penyambungan pipa PE-100 hitam ini memiliki karakter istimewa karena dilakukan secara “Persenyawaan Sempuna”. Ini Artinya bagian sambungan tidak memiliki sekat karena disambung dengan proses pelelehan menggunakan suhu tinggi.

Mekanisme ini dilakukan dengan melelehkan bagian ujung pipa dengan pipa sehingga melekat dengan sempurna. Cara ini menggunakan alat khusus yang biasa dikenal dengan nama welding machine atau mesin penyambung pipa HDPE.

Selain menggunakan cara ini pipa HDPE juga dapat disambung dengan model mechanical joint menggunakan aksesoris khusus. Cara ini dapat dilakukan untuk diameter pipa 4” ke bawah atau dalam bentur roll.

Pipa PE Hitam Untuk Saluran Air Bersih
Tagged on:                     

108 thoughts on “Pipa PE Hitam Untuk Saluran Air Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *