Ilustrasi Produk Pipa HDPE - High Density Polyethylene

Dalam industri plastik, bahan Polietilena atau PE sudah sering digunakan dalam banyak kebutuhan. Salah satunya memproduksi saluran air thermoplastik untuk kebutuhan saluran jalur perppaan air bersih dan gas bertekanan, berikut fakta terkait mengenal produk PIPA HDPE ATAU PE-100.

Seperti dikutip dari Wikipedia, bahan Polietilena (PE) (IUPAC: Polietena) merupakan materi termoplastik yang digunakan banyak kebutuhan. Mulai dari kantong plastik, tempat makan, bahkan mainan bayi. Bahan yang tak mudah rusak dan aman karena tidak menyebabkan pencemaran membuat produk berbahan PE aman bagi kesehatan atau food grade.

Begitu juga dalam hal produksi plumbing, berbeda dengan jenis perpipaan lain, produk pipa HDPE memiliki keistimewaan aman dan sesuai dengan standard food grade. Sementara pada pipa HDPE, bahan PE sering digunakan untuk dua jenis, yakni MDPE (Density Polyethylene) dan High Density Polyethylene.

Produk MDPE atau PE 80 biasanya digunakan untuk saluran gas. Sementara untuk HDPE atau PE 100 paling sering digunakan untuk saluran air bersih juga dapat digunakan untuk saluran gas bertekanan tinggi.

Jenis pipa dari material HDPE merupakan pengembangan perpipaan termoplastik dengan karakter istimewa. Dengan tingkat keretakan lebih rendah namun kelenturan tinggi. Sehingga berbeda dengan perpiapan dari material PVC yang terlebih dahulu diperkenalkan, produk pipa HDPE memiliki usia pemekaian lebih lama. Yakni sekitar 50 tahun usia pemakaian (Dengan instalasi benar dan sesuai standar).

Bahannya yang tidak mencemari saluran didalam membuat jenis produk pipa HDPE diekomendasikan mendukung saluran air bersih. Sementara karakteristiknya yang tak gampang rusak, membuat pipa HDPE juga bisa digunakan untuk saluran pipa gas.


Baca Juga :


Bahan HDPE sendiri diproduksi dengan bahan polymer minyak bumi. Dalam kamus Wikipedia, Polietilena berdensitas tinggi (High density polyethylene, HDPE) terbuat dari 1.75 kg minyak bumi per 1 Kg HDPE.

Bahan plastik ini merukanan salah satu jenis ramah lingkungan, karena dapat didaur ulang dengan nomor rantai 2 (Artinya bahan plastik yang bisa didaur ulang).

Baiknya kualitas produk HDPE membuat bahan ini sangat populer tahun 2007. Dengan berbagai macam peralatan diproduksi dengan bahan ini, sehingga mencapat 30 ton produksi bahan tersebut, termasuk untun produk pipa HDPE.

Karakter unik HDPE terletak dari percabangan yang sedikit. Sehingga bahan ini tidak mudah bereaksi dengan bahan kimia. Selain itu, karakter ini yang juga membuat bahan HDPE tahan terhadap temperatur tinggi. Bahkan hingga mencapai 120°C.

Beberapa peralatan dari HDPE diantaranya : Kemasan deterjen, Kemasan susu, Tanki bahan bakar, Kayu plastik, Meja lipat, Kursi lipat, Kantong plastik, Wadah pengangkut beberapa jenis bahan kimia, Sistem perpipaan transfer panas bumi, Sistem perpipaan gas alam, Pembungkus kabel dan tentu saja perpipaan untuk air dan gas

Dalam hal saluran air, produk Pipa HDPE selama ini dianggap terbaik, dengan karakternya yang unik mengantar air/gas dan zat lain. Karakter ini yang membuat produk ini dipandang mampu menggantikan fungsi pipa besi (Bahkan lebih baik). Karena sifat anti korosi yang ada pada Pipa PE-100 membuat jenis produk ini memiliki usia pemakaian lebih lama ketimbang produk pipa besi.

Produk Pipa HDPE – High Density Polyethylene
Tagged on:         

47 thoughts on “Produk Pipa HDPE – High Density Polyethylene

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *