Ilustrsi Saluran Pipa Berumur Pendek, Ini Sebabnya

Pemilihan produk perpipaan yang tepat tidak menjamin masalah Saluran pipa berumur pendek muncul, berikut beberapa hal penyebab munculnya permasalahan ini.

Sungguh menjengkelkan, jika proses persiapan telah dilakukan secara matang harus gagal di tengah jalan. Hal tersebut yang mungkin bisa Anda alami saat membangun instalasi saluran air tertutup menggunakan produk perpiapan.

Pendekatan memahami sebuah produk (perpipaan), mengenal kebutuhan dan menghindari beberapa hal penyebab saluran pipa berumur pendek bisa Anda lakukan untuk menghindari permasalahan tersebut. Berikut beberapa hal yang kerap menjadi biang masalah tersebut :


Munculnya Karat dan Korosi. Bukan jagi rahasia, masalah korosi membuat orang mulai beralih menggunakan pipa plastik, Kemunculan permasalahan ini kerap menimbulkan kerusakan seius pada saluran air, dan membuat fluida di dalamnya tercemar (untuk kebutuhan saluran air bersih).

Tak hanya pipa dari besi, permasalahan yang disebabkan reaksi kimia ini juga kerap muncul pada produk pipa plastik. Terutama pada produk dengan bahan baku yang buruk, seperti bahan PVC Konvensional.

Bahan PVC konvensional memiliki tingkat keretakan rendah, sehingga membuat produk mudah rusak dan saluran pipa berumur pendek. Solusinya, beberapa produk mengganti bahan ini dengan uPVC yang memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan lebih baik, beberapa kali lipat dibanding PVC biasa.

Baca Juga :


Pergeseran saluran pipa. Banyak hal menjadi penyebab munculnya fenomena pergeseran saluran pipa. Beberapa kejadian bahkan membuat jarak pergeseran tetrjadi sangat jauh, meski demikian pergeseran sedikit saluran pipa juga kerap menjadi permasalahan saluran pipa berumur pendek.

Pondasi rumah yang tidak kokoh, merupakan salah satu penyebanya. Pergeseran yang terjadi bisa dalam waktu singkat, meski juga sering terjadi dalam kurun waktu lama. Fenomena ini tak hanya merusak bangunan tapi juga saluran air.

Selain itu, faktor bencana alam, juga dapat menjadi penyabab munculnya permasalahan ini. Tingkat kerusakan seperti kebocoran, atau kerusakan berat pipa dapat terjadi dalam waktu singkat, dan membutuhkan penanganan serius.


Keasalahan Pemilihan Pipa. Beberapa pipa didesain ideal untuk saluran air terntu, meski dalam hal bahan baku sangat baik, hal ini tidak menjamin sebuah produk ideal untuk saluran air yang lain. Pipa HDPE misalnya, ideal untuk saluran air bersih, tapi tidak disarankan untuk saluran air kotor dan limbah.

Hal ini dikarenakan, model penyambungan pipa yang dilakukan secara welded menggunakan suhu tinggi kerap meninggalkan sekat. Sekat yang muncul akan menimbulkan risiko penumpukan kotoran penyebab saluran tersumbat.

Oleh karena itu, memahami karakter saluran yang hendak dibangun dan mengenal produk pipa yang akan digunakan adalah solusi dalam menghindasi permasalahan Saluran Pipa Berumur Pendek. Jangan ragu berkonsultasi dengan distributor pipa pilihan Anda untuk mengenal produk yang tepat.


Penyumbatan dan tekanan air terlalu besar. Penyumbatan sering terjadi karena benda padat masuk ke dalam saluran air. Biasanya hal ini sering terjadi pada saluran pembuangan pipa wastafel, atau kamar mandi.

Sisa bungkus dan kotoran dari makanan kerap ikut terbuang dengan air. Tanpa filter dibagian atas pembuangan wastafel hal ini akan menumpuk, pada akhirnya terjadi penyumbatan. Selain membuat saluran tidak bekerja dengan baik, dalam jangka waktu tertentu kerusakan permanen akan terjadi pada saluran air.

Dalam hal saluran air bersih yang kerap digunakan dengan tekanan, pemilihan produk yang tidak tepat (Down Specs) akan membuat saluran air berumur pendek. Hal ini dikarenakan tekanan yang terlalu besar dibanding spesifikasi pipa yang digunakan.


Kesalahan prosedur penyambungan. Ada beberapa jenis metode penyambungan produk perpipaan. Bahkan dari produk pipa dengan material bahan baku sama, thermoplastik seperti pipa HDPE, pipa PPR dan Pipa PVC.

Setiap pipa memerlukan metode tersendiri untuk disambung satu dengan yang lain. Pipa PVC misalnya disambung dengan model solvent cement (lem) dan Rubbering Joint. Sementara pipa HDPE dan pipa PPR disambung secara welding atau persenyawaan sempurna dengan suhu tinggi.

Kesalahan melakukan metode penyambungan pada produk pipa akan menyebabkan permasalahan. Selain itu, beberapa kesalahan yang dilakukan dalam melakukan setiap metode penyambunga kerap menjadi biang permasalahan saluran pipa berumur pendek.

Saluran Pipa Berumur Pendek, Ini Sebabnya
Tagged on:                     

89 thoughts on “Saluran Pipa Berumur Pendek, Ini Sebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *