Ilustrasi TIPS, Memilih Pipa Limbah Ideal

Memilik pipa limbah ideal bisa ditentukan beberapa hal, selain harga, kemudahan instalasi dan standarisasi menjadi hal sangat penting.

Sebelum lebih jauh berbicara soal produk ideal, ada baiknya kita memahami karakter saluran air limbah dan buangan pada umumnya. Saluran ini bekerja secara alami dengan dorongan gravitasi, dan mengalirkan fluida (cairan) dengan campuran zat padat atau kotoran.

Berbeda dengan saluran air bersih yang memerlukan dorongan pompa air, karena bekerja dengan bantuan gravitasi, saluran air limbah tidak memerlukan produk pipa terlalu tinggi. Sehingga umumnya produk pipa limbah

Nah, untuk mencari produk yang tepat, berikut beberapa kriteria yang bisa Anda perhatikan saat akan menggunakan pipa limbah :


Memiliki Standarisasi yang Jelas. Proses penyambungan bebas bocor bisa jadi tips pertama dalam meiliki pipa Limbah ideal. Karena jika hal ini terjadi, limbah akan tidak terbuang pada tempatnya, dan berpotensi menyebabkan munculnya sarang kuman dan penyakit.

Nah tak hanya produk pipa yang memiliki kualitas baik, proses penyambungan bebas bocor merupakan standard utama dalam kebutuhan ini. Tak hanya itu, kebutuhan saluran limbah juga membutuhkan karakter pipa dengan dinding licin, bebas sekat.

Tak banyak produk memiliki standar limbah seperti ini, bahkan pipa HDPE karena jenis produk ini disambung dengan sekat dengan metode butt Fusion. Idealnya produk pipa yang tepat adalah jenis pipa PVC, terutama khusus saluran air limbah.

Di Eropa, penggunaan produk pipa PVC limbah memiliki standard pewarnaan. Yakni cokelat, cara ini mempermudah proses identifikasi saluran pada saat telah terpasang dengan jenis saluran lain. Di Indonesia produk yang sama juga kerap ditawarkan dengan warna dominan cokelat.


Mendukung sistem saluran Limbah dan buangan. Seperti sedikit dijelaskan di atas, meski tak membutuhkan banyak spesifikasi, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya permukaan dinding dalam pipa yang mulus dan model sambungan yang tak mudah rusak.

Tak hanya itu, Pipa Limbah Ideal biasanya dilengkapi dengan aksesoris pendukung yang tepat. Berbeda dengan aksesoris pipa konvensional, derajat kemiringan produk fitting biasanya disesuaikan agar saluran berjalan lancar dari atas ke bawah (dengan dorongan gravitasi).

Baca Juga :


Mudah dipasang. Merupakan kelebihan yang bisa Anda dapat jika Memilih Pipa Limbah Ideal. Pada pipa thermoplastic, ada beberapa cara model penyambungan yang biasa dilakukan. Seperti welding joint, solvent cement dan yang paling mudah dilakukan adalah Rubbering joint.

Model penyambungan rubbering joint sangat ideal untuk saluran limbah. Karena dapat dilakukan tanpa media perekat dan mesin penyambung (Solvent Cement). Hanya dengan memasukkan bagian socket ke spigot yang didalamnya terdapat gelang karet khusus.

Gelang karet ini bisa Anda dapat saat membeli pipa atau aksesoris pipa limbah, terutama jenis Pipa PVC SDR-41 yang didesain khusus untuk saluran air limbah dan kotor buangan.


Harga Ekonomis. Alasan ini menjadi pilihan lebih terspesifikasi produk pipa PVC modern yang kini menggunakan bahan baku uPVC. Bahan ini membuat produk memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik, dibanding produk Pipa PVC Konvensional.

Mengeluarkan biaya yang tepat untuk hasil yang maksimal bisa Anda dapatkan dari Memilih Pipa Limbah Ideal. Dalam hal ini produk pepipaan dari material PVC modern sangat cukup dalam membangun kebutuhan ini, tanpa biaya besar.

Proses penyambungan yang mudah dapat dilakukan dengan biaya juga tak kalah ekonomis. Terlebih boboh pipa yang ringan membuat tak hanya mudah dibawa (mobilisasi) tapi juga membantu proses instalasi lebih cepat.

TIPS, Memilih Pipa Limbah Ideal
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.