Ilustrasi Tips Menyimpan Pipa PVC Limbah

Karena satu dan beberapa hal, menyimpan pipa PVC Limbah harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu, berikut tips agar pipa tetap awet dan tak mudah rusak.

Karena kelebihan atau proyek yang harus ditunda dalam kurun waktu tertentu, membuat kita harus menyimpan stok pipa PVC limbah atau biasa kita kenal dengan nama Pipa SDR-41.

Pipa PVC Limbah yang beredar di pasaran, seperti brand “Rucika Lite” pada umumnya sudah menggunakan bahan uPVC atau PVC modern. Bahan ini membuat karakter produk lebih kokoh, lentur dan tak mudah rusak.

Meski demikian, penanganan yang kurang baik dapat memperpendek  usia pemakaian. Dan hal ini bisa berawal dari proses penyimpanan pipa atau aksesoris yang buruk. Atau tidak sesuai dengan standard yang disarankan.

Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips menyimpanan pipa PVC Limbah agar tetap awet pada saat digunakan :


Kelompokkan Sesuai dengan Spesifikasi. Cara ini mempermudah kita memonitor jumlah pipa atau aksesoris yang kita simpan pada satu tempat. Yakni dengan cara mengumpulkan jenis dan diameter pipa atau aksesoris.

Terutama dalam hal prosedur menyimpang pipa PVC limbah, ukuran yang sama akan membuat mekanisme tumpukan tertata dengan baik, dengan beban yang merata. Ini artinya tidak ada satu titik pipa paling terbebani dan hal ini membuat usia pakai pipa tetap sama seperti baru pada saat dipakai.

Baca Juga :


Tumpukan dengan tinggi maksimal. Pada dasarnya setiap diameter pipa dapat ditumpuk dengan rumus tumpukan yang sama. Yakni dengan tak lebih dari tinggi 1,5 meter. Cara mudah ini dapat menyelamatkan bagian bawah tumpukan dari beban berlebih yang dapat mengakibatkan kerusakan.

Meski sudah diantisipasi dengan bahan terbaik, namun dengan usia penumpukkan (penyimpanan) terlalu lama risiko kerusakkan akan tetap ada. Walaupun tak rusak, kemungkinan pipa dapat berpotensi mengalami perubahan bentuk.


Gunakan Landasan. Atau dengan Bahasa lain adalah tatakan, atau media yang memungkinkan pipa bagian bawah tumpukan tidak langsung kontak dengan tanah. Seperti tips sebelumnya cara ini mencegah risiko pipa terbawah rusak karena beban berlebih.

Gunakan material dengan karakter lunak seperti dari karet dan sejenisnya. Atau Anda bisa menggunakan bahan kayu palet yang biasa digunakan sebagai packing untuk media pengiriman dan sebagainya.


Sekat setiap Kelompok. Sekat berfungsi mengelompokkan pipa diameter tertentu dengan yang lain. Cara ini bisa Anda lakukan dengan membangun sekat setinggi 2 meter, atau lebih tinggi ½ meter dari tumpukan pipa.

Selain mempermudah monitoring, menghitung dan management material agar proses menyimpan pipa PVC Limbah aman, cara ini juga dapat mempertahankan posisi tumpukkan tetap stabil. Karena jika sampai berubah karena jatuh dan sebagainya, kerusakan pipa mengalami kerusakkan akan muncul.


Lindungi dari Sinar Matahari. Tips menyimpan pipa PVC limbah selanjutnya adalah, simpan di tempat teduh. Tak hanya pipa PVC, hampir semua jenis pipa Plastik tidak disarankan terjemur matahari dalam waktu lama.

Meski tak mengalami kerusakan secara langsung, namun cara ini akan memperpendek usia penggunaan pipa. Terutama pada saat pipa dalam kurun waktu lama disimpan, dan akan digunakan dalam kemudian hari.


Lindungi bagian Socket Pipa. Tips Menyimpan pipa PVC Limbah paling penting adalah melindungi bagian socket. Bagian ini kerap mengalami gangguan yang berpotensi mengalami kerusakkan. Karena menonjol, dan memiliki diameter berbeda dengan bagian utama pipa.

Bagian socket pipa PVC Limbah pada umumnya terdiri dari satu sisi. Bagian ini berguna sebagai media penyambungan, sehingga pipa dalam jalur lurus dapat dipasang tanpa menggunakan aksesoris.

Tips Menyimpan Pipa PVC Limbah
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.