Ilustrasi Jenis Pemanas Saluran Air di Rumah

Jenis Pemanas Saluran Air untuk kebutuhan rumah dapat disesuaikan dengan kebutuhan, berikut beberapa varian produk yang bisa Anda Gunakan.

Sudah terbukti, mandi dengan air hangat dapat memberi manfaat bagi Kesehatan. Salah satunya ampuh dalam mengendalikan tingkat stres karena aktivitas setiap hari. Hal ini yang membuat memiliki saluran air panas sendiri di rumah seakan sudah menjadi kebutuhan.

Nah, beragam produk pemanas air untuk saluran air panas ditawarkan beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja selain kelebihan beberapa produk tersebut juga memiliki beberapa kelemahan.

Untuk menentukan Jenis Pemanas Saluran Air yang tepat untuk kebutuhan rumah atau Gedung, berikut beberapa varian yang bisa jadi pilihan Anda :


Pemanas Electric. Seperti namanya, alat ini bekerja dengan bantuan energi listrik yang dikonversi menjadi sumber panas yang berfungsi meningkatkan suhu aliran air. Mekanisme ini pada dasarnya mirip dengan cara kerja setrika listrik yang biasa dipakai untuk melicinkan pakaian.

Jenis Pemanas Saluran Air ini ditawarkan dalam dua jenis. Wateh Heater Electric dengan tangka dan ada pula yang tanpa tangki. Kedua varian tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan saluran air di rumah atau Gedung.

Harga pemanas dengan tangki umumnya berdasarkan besar volume, semakin besar maka bandrol yang ditawarkan semakin mahal. Selain itu, kelebihan jenis ini adalah penggunaan daya yang lebih kecil dibanding pemanas tanpa tangki.

Pemanas tanpa tangki dalam bekerja membutuhkan daya sekitar 2.000 watt. Meski demikian, kini juga tersedia produk yang sama dengan daya listrik lebih rendah, bahkan hingga 300 watt. Hanya saja tipe ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 untuk proses pemanasan.

Baca Juga :


Pemanas Air Tenaga Matahari. Atau biasa dikenal dengan sebutan Solar Water Heater. Seperti namanya, produk ini bekerja dengan bantuan tenaga sinar matahari menggunakan media panel surya untuk mengumpulkan panas.

Panas yang didapat kemudian digunakan untuk meningkatkan saluran air bersih untuk kebutuhan aktivitas sanitasi. Karena sangat bergantung pada matahari, alat ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu 24 jam, atau digunakan pada saat ada matahari.

Di negara tropis seperti Indonesia, Jenis Pemanas Saluran Air ini sangat ideal, mengingat sinar matahari mudah didapat. Meski demikian, untuk mengantisipasi musim penghujan atau saat digunakan malam hari, produk ini juga kerap digunakan Bersama pemanas air elektrik.


Pemanas Ari Gas. Atau biasa dikenal dengan istilah Gas Water Heater. Alat ini bekerja tanpa menggunakan energi listrik, sehingga memiliki biaya lebih murah. Melainkan dengan menggunakan bantuan gas LNG.

Cara kerja Jenis Pemanas Saluran Air ini mirip sekali kompor dalam upaya proses pemanasan. Dilengkapi dengan cerobong asap, alat berbentuk persegi ini memiliki kemampuan proses pemanasan yang sangat cepat, yakni hanya sekitar 3-5 detik setelah dihidupkan.


Aircon Water Heater. Atau biasa dikenal dengan istilah Heat Exchanger Water Heater. Produk ini bekerja dengan memanfaatkan energi buangan dari kipas luar Air Conditioner. Suhu yang keluar dari aktivitas freon dikumpulkan dan menjadi sumber panas potensial untuk meningkatkan suhu air.

Proses ini dilakukan dalam tabung khusus yang kemudian dapat diambil dan dimanfaatkan untuk aktivitas sanitasi. Alat ini tidak bisa berdiri sendiri, seperti telah dijelaskan di atas, penggunaan produk ini bersamaan dengan aktivitas penyejuk ruangan atau AC.


Pemanas air jenis Heat Pump. Produk pemanas air yang satu ini bekerja dengan bantuan freon dan tentu saja energi listrik. Hanya saja dibanding jenis pemanas air electric, produk ini memakan daya listrik lebih hemat atau kecil.

Proses perpaduan ini bahkan dapat menghemat 3 kali biaya listrik untuk jenis pemanas electric. Alat ini bekerja dengan caramenghisap udara dari luar, lalu melalui kompresor bagian refrigerator menjadi sumber panas yang meningkatkan suhu saluran air.

Jenis Pemanas Saluran Air di Rumah
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.