Ilustrasi Kelebihan Pipa HDPE Roll Dibanding Batang

Jika dibandingkan, ada beberapa Kelebihan Pipa HDPE Roll Dibanding dalam bentuk batang, berikut beberapa diantaranya.

Bukan lalgi rahasia, tingkat kelenturan yang luar biasa membuat produk pipa HDPE tersedia dalam bentuk Roll, disamping seperti produk pipa lain, juga tersedia dalam bentuk batang. Kemampuan ini membuat kemasan produk lebih efektif dan efisien.

Karena dalam tiap gulungan produk pipa HDPE, terbentar produk dengan Panjang optimal lebih dari 50 meter, atau rata-rata dengan Panjang 100 meter atau lebih. Untuk produk saluran air bersih, hal ini sangat membantu, salah satunya dalam hal instalasi.

Meski demikian, karena keterbatasan dimensi gulungan, tak semua produk pipa HDPE tersedia dalam bentuk koil, atau roll. Dalam hal ini, di Indonesia kemasan roll produk yang juga dikenal dengan nama pipa PE-100 ini tersedia untuk diameter pipa 4 inch (110mm) kebawah, atau 1/2.” (20mm).

Berikut beberapa kelebihan pipa HDPE roll yang bisa Anda dapatkan berikut penjelasan singkatnya.


Kemudahan Proses Mobilisasi. Kemasan batang dengan Panjang 6 meter kadang menjadi permasalahan akomodasi pipa HDPE. Karena biasanya produk hanya bisa dimuat kendaraan dengan Panjang minimal 6 meter.

Dalam jarak jauh, tentu hal ini tidak menjadi permasalahan, namun bagaimana jika diantar dalam kota atau tempat yang tidak terlalu jauh ? Bisa jadi Anda harus menyewa kendaraan minimal jenis truck Fuso dengan Panjang bak 6 meter.

Pipa HDPE dalam bentuk roll mempermudah proses ini, terutama jika kebutuhan Anda pipa diameter 4 inch atau kurang. Karena jenis kendaraan lebih kecil seperti pick up bisa digunakan. Tentu saja disesuaikan dengan seberapa banyak pipa yang akan di pindah, dengan biaya sewa lebih murah tentunya.


Baca Juga :


Varian Panjang optimal. Kemasan koil menjadi kelebihan pipa HDPE Roll, karena dalam satu gulung tersedia pipa dengan pajang lebih dari 50 meter. Selain mempermudah proses mobillisasi, hal ini juga membuat pipa dapat dismpan di lahan terbatas.

Panjang optimal puluhan hingga ratusan meter juga membuat proses penyambungan tidak perlu sering dilakukan. Terlebih jika Panjang tersebut telah men-cover jarak Panjang keseluruhan gulungan pipa, proses penyambungan bahkan tidak perlu dilakukan sama sekali.

Berbeda dengan pipa HDPE dalam bentuk batang yang memerlukan proses penyambungan minimal setiap 6 meter sekali. Selain memakan waktu dan tenaga, hal ini juga membutuhkan biaya, karena pipa harus disambung dengan mesin khusus, atau biasa dikenal dengan welding machine.


Instalasi Mudah. Semua kemudahan yang bisa Anda dapat dari kelebihan pipa HDPE roll akan sempurna dengan proses penyambungan pipa yang dilakukan sangat sederhana. Tanpa menggunakan bahan kimia perekat dan mesin penyambung pipa HDPE.

Karena hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan aksesoris pipa HDPE yang biasa dikenal dengan nama Fitting Mechanical Joint. Alat ini dapat mempertahankan bagian sambungan pipa dalam jangka waktu lama, minim kebocoran dan dapat dilakukan dengan proses mechanic.

Proses ini dilakukan dengan Collar mechanic, gelang karet khusus untuk mencegah kebocoran dan produk dari bahan polypropylene. Bahan ini memiliki kualitas sangat baik, terutama ketahanan terhadap suhu hingga 60 derajat celcius, kuat, dan tingkat keretakan rendah.

Kelebihan Pipa HDPE Roll Dibanding Batang
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.