Ilustrasi Memilih Pipa Ideal Saluran Sanitasi

Banyak pilihan perpipaan ditawarkan, tapi untuk kebutuhan pipa ideal saluran sanitasi, diameter dan jenis produk apa yang tepat ?

Kebutuhan sanitasi kerap dilakukan setiap hari untuk mencegah kontaminasi bakteri, virus dan kuman. Aktivitas ini meliputi membersihkan diri secara keseluruhan (mandi), Sebagian (Cuci tangan, atau cuci muka) atau aktivitas bersih-bersih peralatan makan di wastafel.

Tak hanya itu, aktivitas sanitasi dengan tujuan mendapat suplai air bersih, juga kerap dibutuhkan dalam aktivitas buang air. Air bersih berfungsi membersihkan dan membung kotoran tepat pada tempat semestinya.

Kebutuhan saluran sanitasi sering menjadi prioritas, baik di rumah, Gedung, kebutuhan hospitality, dan yang pasti fasilitas umum. Karena dimasa pandemic seperti sekarang, kebutuhan cuci tangan setiap saat meningkat dan sering dilakukan setiap saat.

Seperti halnya membangun saluran air bersih pada rumah atau Gedung pada umumnya, jenis pipa ideal yang cocok untuk kebutuhan ini adalah diameter kecil. Atau lebih tepatnya diameter 1 inch dengan pengembangan diameter lebih besar atau kecil sebesar dengan jarak ½ inch.

Dalam hal efisiensi penggunaan pipa dengan diameter 1 inch (kurang lebih) membuat saluran air mengalir lancar dengan debit yang tepat. Karena kebutuhan saluran air bersih untuk kebutuhan sanitasi tak bisa terlalu besar atau terlalu kecil.

Hal ini dikarenakan, kebutuhan suplai air bersih hanya dibutuhkan secara personal, atau hanya untuk satu orang. Oleh karena itu, penggunaan pipa dengan diameter lebih besar dianggap kurang efektif, dan efisien. (Info : Distributor Pipa Saluran Air Bersih)

Lalu produk apa yang tepat untuk kebutuhan ini ? Untuk ukuran kecil, ada beberapa jenis produk pipa ideal saluran sanitasi yang bisa Anda pilih. Dalam hal ini pilihan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan kualitas produk, kemudahan instalasi dan tentu saja estimasi biaya yang dikeluarkan.


Pipa HDPE. Selain untuk saluran utama air bersih bertekanan, produk ini juga tersedia dalam ukuran kecil, atau hingga ½ inch.Untuk kebutuhan saluran sanitasi, banyak kelebihan yang bisa Anda dapat dari penggunaan produk yang juga dikenal dengan sebutan pipa PE-100 ini.

Alasan pertama adalah produk yang telah sesuai dengan standard Food Grade, sehingga sangat aman bagi Kesehatan untuk mengalirkan saluran air bersih dengan tekanan. Selain itu untuk ukuran 1 inch, varian produk tersedia dalam bentuk roll (100 meter).

Ini artinya, salah satu Pipa Ideal Saluran Sanitasi bisa dipasang tanpa sambungan, terutama untuk jalur lurus. Yang artinya, selain menghemat penggunaan aksesoris, Anda tak perlu melakukan proses penyambungan. (Baca Juga : Mengenal Pipa HDPE Untuk Saluran Air Bersih)


Pipa PVC. Di pasar, pipa jenis ini ditawarkan beragam sesuai dengan standard produksi. Misalnya standard JIS untuk produk pipa yang biasa dikenal dengan pipa AW/D, atau Standard Nasional Indonesia atau SNI.

Penggunaan produk Perpipaan dari material PVC modern atau biasa dikenal dengan istilah uPVC membuat produk memiliki karakter lebih baik. Dengan tingkat kekuatan, kelenturan lebih baik dibanding produk pipa PVC konvensional.

Penggunaan produk pipa PVC juga akan menghemat biaya pengeluaran, karena pipa ini dikenal sebagai produk dengan harga paling ekonomis. Keberadaan aksesoris yang lengkap, juga membuat produk mudah disambung, dan dapat mewujudkan saluran sanitasi sesuai kebutuhan Anda.

Jenis produk pipa PVC yang tepat adalah kelas AW, atau produk dengan tingkat tekanan 10 bar (PN-10). Jenis produk ini memiliki karakter ideal untuk Pipa Ideal Saluran Sanitasi. (Baca Juga : Mengenal Pipa PVC Untuk Beragam Kebutuhan Saluran Air).

Memilih Pipa Ideal Saluran Sanitasi
Tagged on:                 

71 thoughts on “Memilih Pipa Ideal Saluran Sanitasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *