Ilustrasi Menengok Sistem Pengolahan Air Bersih Singapura

Pengolahan Air Bersih Singapura dilakukan secara modern dan terstruktur, car aini membuat negara ini terbebas dari permasalahan krisis air bersih.  

Singapura memiliki wilayah  sangat kecil, atau hanya sekitar 721,5 Km2 dengan suplai air bersih terbatas. Kekurangan tersebut tak lantas membuat negara tersebut kerap mengalami permasalahan sumber air bersih.

Ada tak kurang 4 cara Pengolahan Air Bersih di Singapura, dalam hal ini untuk menjaga ketersediaan sumber air bersih di negaranya. Berikut beberapa diantanya ;


Reklamasi Air Limbah

Proses Pengolahan Air Bersih Singapura ini dilakukan dengan memanfaatkan sumber air limbah, atau air bekas yang digunakan masyarakat untuk dikonsumsi kembali. Metode ini dilakukan dengan proses penjernihan yang sudah dilakukan sejak tahun 1970.

Sebuah pabrik daur ulang air dibangun, dan menghasilkan produk air bersih yang telah teruji aman sesuai dengan standard WHO. Proses ini dilakukan secara reklamasi air limbah menjadi lebih higienis dan steril oleh perusahaan bernama NEWater Visitor Center.

Produk air siap digunakan ini kemudian dialirkan ke tiap rumah di Singapura. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, juga digunakan air resapan dengan kualitas yang tak jauh berbeda dengan air yang dihasilkan oleh pengolahan pabrik.

Baca Juga :


Pengolahan Sumber Daya Air Laut

Selain air limbah, Singapura juga memanfaatkan kelebihan air laut untuk bisa dikonsumsi, seperti halnya di negara Arab Saudi (baca : Cara Arab Saudi Menggunakan Air Laut Untuk Dikonsumsi). Cara ini secara teknis biasa dikenal dengan metode Desalinasi.

Desalinasi meruapakan metode pemurnian dengan penurunan tingkat kadar garam air laut. Proses penjernihan ini menghasilkan air tawar yang aman untuk dikonsumsi, cara ini sudah dilakukan sejak tahun 2005 dengan tujuan menjaga pasokan air bersih Singapura.


Memanfaatkan air resapan

Cara yang lazim dilakukan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Metode ini dilakukan dengan mengambil suplai air bersih yang tersimpan beberapa puluh meter di dalam tanah, atau biasa kita kenal dengan istilah air sumur resapan.

Tak hanya itu, beberapa sumber juga dimanfaatkan dalam hal ini. Seperti sungai, limpahan air hujann, sistem drainase dan saluran air. Semua sumber air tersebut disimpan dalam 17 reservoir (waduk) untuk proses pengolahan sebelum akhirnya didistribusikan ke masyarakat.


Metode import

Cara Pengolahan Air Bersih Singapura terakhir dalam memasok suplai air bersih adalah dengan import air tawar dari Malaysia. Cara ini ampuh dan instan jika terdapat kendala dari beberapa usaha yang dilakukan di atas.

Cara ini sudah dilakukan sejak tahun 2011 untuk stabilitas suplai air bersih di Singapura. Sumber air tawar di datangkan dari Johor, Malaysia untuk diolah kembali di Singapura sebelum akhirnya di salurkan ke masyarakat.

Kerjasama antar negara ini dilakukan oleh singapura dalam sebuah surat perjanjian yang berlaku dari tanggal 2011 hingga 2061. Beberapa usaha yang dilakukan membuat negara ini tidak pernah merasakan dampak kekeringan di musim kemarau.

Menengok Sistem Pengolahan Air Bersih Singapura
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.