Ilustrasi Pipa Plastik Tahan Panas dari Material PPR

Tak hanya untuk air bersih, pipa plastik tahan panas juga tersedia dari material thermoplastik jenis Polypropylene Random atau PPR.

Biasa juga dikenal sebagai pipa PPR adalah produk perpipaan dengan dominasi warna dominan hijau. Produk yang didesain sebagai distribusi air bersih bersuhu tinggi, bahkan untuk saluran mengalir bisa mencapai 100 derajat celcius.

Produk Pipa Plastik Tahan Panas yang satu ini sangat ideal untuk kebutuhan saluran sanitasi air panas dan dingin, karenamaterial thermoplastik jenis polypropylene random. Material ini memiliki simbol daur ulang nomer lima, dan memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi sangat baik.

Material thermoplastik adalah bahan material olahan plastik memiliki beberapa jenis penggolongan, perbedaan ini didasarkan atas mekanisme proses daur ulang dan karakter produk. Dalam penggunaannya produk thermoplastik rata-rata memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi mencapai 60 derajat celcius.


Meski demikian, tak semua jenis material memiliki kelemahan yang sama, karena material jenis polypropylene random berbeda dalam hal kebutuhan ini. Beberapa produk sering  menggunakan bahan material dengan sebutan PP ini, salah satunya produk pipa air bersih. (Baca Juga : Pipa PPR adalah)

Material polypropylene random secara spesifik digunakan untuk saluran air bersih karena kelebihan yang bisa diandalkan. Selain tahan panas, material ini memiliki kekuatan dan kelenturan sangat baik. Selain itu tingkat keretakan sangat rendah membuat material ini memiliki standard Food Grade.

Tak semua material bahan baku plastik memiliki kualitas seperti polypropylene random, terutama untuk kebutuhan saluran air panas. Kebutuhan ini dulunya terpenuhi dari penggunaan produk perpipaan dari material besi. (Distributor Pipa Thermoplastik – PPR)

Kendala karat dan kelemahan lain pada akhirnya membuat orang melirik produk thermoplastik untuk hampir semua kebutuhan saluran air. Salah satunya saluran air bersih bersuhu tinggi dengan tekanan, yang saat ini idealnya menggunakan produk pipa PPR.


 Dalam penggunaanya Pipa Plastik Tahan Panas ini mampu diandalkan sebagai produk pipa terbaik dengan beragam kelebihan. Salah satunya proses intlasasi produk yang sangat simple dan sederhana, sehingga tanpa dibutuhkan alat bantu lain.

Mekanisme penyambungan pipa PPR dilakukan secara welded joint, dengan mekanisme Polyfusion. Mekanisme ini dilakukan dengan melelehkan bagian ujung pipa dengan aksesoris dengan suhu diatas 220 derajat celcius.

Saat kondisi meleleh, kedua ujung pada akhirnya disatukan, setelah suhu normal bagian ini akan mengeras dan terjadi proses “Persenyawaan sempurna”.

Kelabihal lain dari produk ini adalah Bobot yang ringan, sehingga mempermudah proses instalasi, mobilisasi dan tidak membebani konstruksi bangunan. Sehingga mekanisme instalasi produk ini dapat dilakukan dengan mudah, dan dipasang dibalik dinding tanpa risiko kerusakan fatal yang terjadi di kemudian hari.

Dalam penggunaannya Pipa Plastik Tahan Panas ini biasa digunakan untuk beragam kebutuhan. Mulai dari keperluan rumah tangga, bisnis, komersil dan fasilitas umum. Produk tersedia dari ukuran ½ inch hingga 4 inch. (Baca Juga : Keterangan Harga Pipa PPR)

Pipa Plastik Tahan Panas dari Material PPR
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.