Ilustrasi Tips Memilih Pipa Plastik Untuk Saluran Air

Setiap kebutuhan saluran air, memiliki kebutuhan jenis produk yang tepat, berikut tips memilih pipa plastik dilihat dalam beragam aspek.


Tentukan Jenis yang tepat sesuai Kebutuhan. Tak semua kebutuhan saluran air dapat di handle satu jenis produk pipa. Tips memilih pipa plastik dalam hal ini, sebelum memutuskan untuk berbelanja produk yang tepat ada baiknya jika Anda mengenal pipa yang sesuai.

Misalnya, pipa air panas ideal untuk saluran air panas bertekanan, pipa HDPE untuk air bersih dan pipa PVC ideal untuk segela saluran air sederhana. Semua produk yang digunakan secara tepat akan membuat usia pakai maksimal, alias awet digunakan dalam jangka waktu lama.


Mengenali Jenis Bahan baku yang digunakan. Mengenali jenis produk perpipaan yang tepat, adalah dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan pipa tersebut saat digunakan untuk saluran air. Misalnya pipa air besi yang kerap terkendala dengan masalah karat, sehingga kurang ideal untuk saluran air bersih.

Sementara itu, pipa plastik memiliki beragam jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ini artinya satu produk tidak didesain untuk semua saluran air. Saluran air panas misalnya, hanya ideal dengan pipa PPR, tidak dengan pipa HDPE atau pipa PVC karena jenis bahan baku yang digunakan.


Sesuaikan dengan Budget. Budgeting merupakan salah satu proses perencanaan instalasi plumbing, atau saluran air dengan produk perpipaan yang tepat. Karena tips memilih pipa plastik kali ini berkaitan dengan pemilihan produk yang tepat, dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan biaya berlebih, memilih produk perpipaan terbaik adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Sementara budgeting terbatas, membuat Anda harus lebih cermat memilih produk yang tepat. Untuk saluran air bersih misalnya, dengan idealnya menggunakan pipa HDPE, sementara dengan budget terbatas, Anda bisa menggunakan produk pipa PVC sesuai dengan standard SNI.

Baca Juga :


Jaminan kualitas. Bagi Anda yang membutuhkan produk perpipaan dengan harga ekonomis, faktor ini bisa jadi bukan yang utama. Namun jika kebutuhan plumbing dilakukan dengan tujuan jangka panjang, hal ini bisa jadi merupakan elemen penting.

Beberapa brand ditawarkan dengan jaminan kualitas, dengan penggunaan material bahan baku terbaik dan standar dimensi pipa sesuai dengan yang ditawarkan. Sehingga tips memilih pipa plastik ini berkaitan dengan saat digunakan, produk dan aksesoris bisa dipasang dengan tepat.


Dukungan Aksesoris. Tak sedikit produk perpipaan dengan tanpa dukungan aksesoris atau fitting pipa. Sehingga saat Anda gunakan, Anda membutuhkan dukungan aksesoris dengan brand lain dengan risiko tidak bisa terpasang karena penggunaan stanar yang berbeda.

Beberapa brand seperti Rucika menawarkan beragam produk perpipaan dengan ragam aksesoris dan fitting yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, tanyakan aksesoris terkait yang berhubungan dengan pekerjaan plumbing sebelum memutuskan menggunakan produk pipa yang tepat.

Tips Memilih Pipa Plastik Untuk Saluran Air
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!