Ilustrasi 4 Metode Penyambungan Pipa HDPE

Metode penyambungan Pipa HDPE dikenal kuat, karena dilakukan secara persenyawaan sempurna. Tapi tahukah Anda, setidaknya ada 4 jenis metode penyambungan yang bisa dilakukan untuk produk spesialis air bersih ini ?

Memanfaatkan bahan thermoplastic, pipa HDPE bisa disambung secara “Persenyawaan sempurna”. Yang artinya, model sambungan dapat merekat satu dengan yang lain tanpa sekat, dengan cara dipanaskan dengan suhu lebih dari 220 derajat celcius.

Untuk melakukan hal ini, biasanya proses penyambungan membutuhkan alat khusus yang biasa juga dikenal dengan sebutan mesin HDPE. Atau biasa dikenal dengan HDPE Pipe Welding Machine, meruapakan rangkaian mesin yang dapat digunakan untuk memanaskan bagian ujung pipa yang hendak di sambung.

Meski terkesan rumit, namun proses penyambungan pipa dapat dilakukan secara mudah, dengan banyak tutorial yang di upload secara online. Diluar hal tersebut, setidaknya ada 4 mekanisme metode penyambungan pipa HDPE yang bisa dilakukan.

Baca Juga : PIPA HDPE ADALAH

Metode Welded : Telah sedikit disebuat diatas, metode ini membutuhkan mesin khusus, bernama welding machine Pipa HDPE. Metode ini dilakukan berdasarkan prinsip material thermoplastic yang mudah dibentuk dan disatukan pada saat material meleleh (Karena suhu tinggi).

Selain memungkinkan penyambungan antar pipa, metode ini juga dapat dilakukan dengan dukungan aksesoris HDPE. Beberapa jenis aksesoris yang bisa digunakan diantaranya tipe fitting HDPR Segmented atau IM (Injection Moulding).

Metode Mechanical Joint : Metode penyambungan Pipa HDPE jenis ini dapat dilakukan tanpa menggunakan bantuan mesin khusus. Hanya saja untuk melakukannya Anda membutuhkan aksesoris tipe mechanical joint, atau compression fitting HDPE.

Aksesoris ini memiliki collar khusus yang berfungsi membertahankan bagian pipa yang hendak disambung dalam waktu lama. Untuk mencegah kebocoran, aksesoris juga dilengkapi gelang karet khusus untuk menutup celah.

Mekanisme penyambungan ini biasa direkomendasikan untuk tipe produk pipa HDPE Roll atau diameter 4 inch ke bawah. Sangat ideal untuk proses instalasi saluran air di daerah sulit, seperti perbukitan rawa dan sebagainya.

Metode Dratting : Untuk melakukan mdetode penyambungan jenis ini, tetap dibutuhkan aksesoris pipa HDPE jenis Mechanical Joint. Collar akan membertahankan bagian pipa HDPE yang hendak disambung, sementara bagian lain dari aksesoris berbentuk drat yang dapat disesuaikan dengan mekanisme sambungan.

Dalam hal ini, terdapat dua tipe drat yang bisa dipilih, seperti drat luar atau male dan drat dalam atau female. Mekanisme ini bisa membuat instalasi saluran air dilakukan secara semi permanen, atau untuk menyambung dengan aksesoris khusus seperti valve dan sebagainya.

Metode Flange Joint : Ada dua tipe aksesoris yang bisa dilakukan untuk mewujudkan mekanisme penyambungan jenis ini. Yakni tipe aksesoris pipa HDPE IM (Menggunaan stub end dan backing ring) dan tipe mechanical joint (menggunakan aksesoris flange adaptor).

Metode penyambungan pipa HDPE jenis ini dapat dilakukan secara semi permanen, yang artinya bisa di bongkar pasang. Tipe penyambungan ini dapat dilakukan dengan mekanisme penyambungan menggunakan baut, untuk sambungan antar pipa, pipa jenis lain dan aksesoris khusus (Seperti valve).

4 Metode Penyambungan Pipa HDPE
Tagged on:                 

19 thoughts on “4 Metode Penyambungan Pipa HDPE

Leave a Reply

Your email address will not be published.