Ilustrasi Saluran-Air-Pipa-PVC,-Jenis-dan-Perbedaannya

Diantara banyak produk perpipaan, Saluran Air Pipa PVC bisa jadi pioneer dalam hal instalasi saluran air (Baik bersih atau kotor). Namun tahukah Anda, ada beberapa jenis produk yang kini di tawarkan di pasar ?

Jenis Saluran Air Pipa PVC SNI

Saluran Air Pipa PVC SNI merupakan pengembangan produk perpipaan dari material Polyvinyl Chloride yang disesuaikan dengan standard nasional (Indonesia). Singkatnya, produk pipa dibuat sesuai dengan persamaan diameter dan varian produk yang dianjurkan.

Produk Pipa PVC SNI memiliki ukuran diameter yang telah di atur dalam satuan mm (millimeter). Sehingga saat digunakan dengan produk perpipaan apapun, ukuran aksesoris dan pipa bisa dipasang satu dengan yang lain, dengan standard SNI yang sama.

Produk pipa PVC SNI ditawarkan beragam. Beberapa produk menawarkan dengan warna dominan abu-abu, sementara brand tertentu menawarkan produk dengan warna putih, atau cenderung putih tulang, dengan list garis tertentu.

Selain list garis biru yang mengindikasikan produk ideal untuk saluran air bersih bertekanan, biasanya juga tertera jenis produk pipa PVC. Dimana produk ini dibedakan dengan beberapa varian tekanan atau biasa direpresentasikan dengan istilah S, atau Schedule.

Varian tersebut mengacu pada ketahanan pipa terhadap tekanan saluran air, atau dalam Bahasa lain juga bisa dikenal dengan istilah PN, atau Pressure Nominal.

Pipa PVC SNI ditawarkan dengan Panjang optimal 6 meter per batang. Meski demikian, untuk ukuran kecil, 1-1/4 inch kebawah, biasanya di tawarkan dengan Panjang 4 meter per batang. Sementara dalam hal penyambungan produk ditawarkan dalam solvent cement atau Rubbering Joint.

Pipa PVC JIS

Merupakan Saluran Air Pipa PVC umum yang telah lama di tawarkan untuk instalasi saluran air multi fungsi. Ini artinya, produk dapat digunakan untuk saluran air bersih, kotor, buangan limbah, bahkan untuk pembungkus kabel.

Istilah pipa PVC JIS diambil dari standar produk yang digunakan, yakni Japanese Industrial Standard (Standar industry di Jepang). Dalam kebutuhannya, produk pipa PVC JIS ditawarkan dalam dua tipe, yakni tipe VP dan Tipe VU.

Tipe VP digunakan untuk instalasi saluran air bertekanan tinggi, atau hingga tekanan 10 bar. Sementara untuk tipe VU digunakan untuk saluran air bertekanan rendah, atau tidak sampai 5 bar (5 kg/cm2), kebutuhan ini biasanya digunakan untuk saluran air kotor dan limbah buangan.

Selain kedua varian tersebut, tipe pipa PVC JIS juga ditawarkan dengan dua kelas lain. Yakni AW dengan ketahanan tekanan mencapai 10 bar. Dan Tipe D yang direkomendasikan untuk saluran air dibawah 5 bar.

 Jenis Pipa PVC JIS ditawarkan dengan diameter beragam, mulai dari ½ inch sampai 12 inch. Hanya saja, beberapa brand menawarkan varian diameter lebih banyak, yakni dengan ukuran mencapai 14 hingga 16 inch.

Produk pipa PVC JIS ditawarkan oleh beragam brand. Seperti Rucika Standard, atau Rucika JIS, TrilliunBasic, Vinilon, Langgeng dan sebagainya. Semua bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan tipe saluran air yang dibutuhkan.

Produk Pipa PVC Limbah

Jenis Pipa PVC Limbah, biasa juga dikenal dengan istilah pipa SDR-41. Istilah ini awalnya dikenalkan oleh produk Wavin Lite, dengan teknologi produk PVC modern yang dikembangkan untuk saluran air buangan di Eropa dan sekitarnya.

Produk pipa jenis ini umumnya memiliki dominasi warna Cokelat atau orange. Penggunaan warna ini umumnya dilakukan untuk monitoring jenis saluran air saat pipa sudah terpasang untuk kebutuhan saluran air kotor atau limbah.

Produk pipa PVC Limbah umumnya tersedia mulai dari 3 inch, hanya saja beberapa brand menawarkan ukuran diameter pipa lebih kecil. Selain tersedia dalam varian penyambungan solvent cement, produk juga biasanya ditawarkan dalam tipe RRJ atau Rubbering Joint.

Untuk kemasan, produk pipa PVC limbah umumnya ditawarkan dengan Panjang sesuai dengan standard Nasional Indonesia atau SNI. Dalam hal ini, pipa ditawarkan dengan ukuran Panjang efektif 6 meter per batang.

Produk pipa PVC Limbah ditawarkan oleh hampir semua brand perpipaan popular di Indonesia. Seperti Rucika Lite (Eks. Wavin Lite), TrilliunShield, Vinilon, Langgeng dan beberapa brand perpipaan yang lain.

Saluran Air Pipa uPVC

Pada dasarnya Saluran Air Pipa uPVC merupakan pengembangan material bahan baku produk pipa PVC konvensional. Hampir semua produk, sudah menggunakan material bahan baku uPVC atau Unplasticised Polyvinyl Chloride.

Merupakan pengembangan material PVC konvensional, sehingga di dapat material produk dengan karakter istimewa. Yakni memiliki durabilitas dan kelenturan sangat baik, namun dengan tangkat keretakkan sangat rendah.

Untuk produk pipa saluran air, material ini membuat produk lebih kuat, lentur, dengan tingkat kerusakkan (Terutama korosi) sangat rendah. Sehingga membuat rata-rata usia pakai produk meningkat, bahkan lebih dari 50 tahun.

Dalam aplikasinya, kelebihan karena peningkatan kualitas material bahan baku membuat Saluran Air Pipa PVC bisa digunakan untuk kebutuhan lebih banyak. Selain untuk saluran air kotor dan buangan, produk juga dapat digunakan untuk saluran air bersih, dengan kebutuhan tekanan dan sesuai dengan standard Food Grade.

Di pasar, hampir semua brand produk pipa PVC sudah menggunakan material uPVC. Diantaranya Rucika, Trilliun, Vinilon, Langgeng dan beberapa merk popular lainnya. Semua ditawarkan berdasarkan standard perpipaan PVC yang dibutuhkan.

Saluran Air Pipa PVC, Jenis dan Perbedaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.