Instalasi saluran air limbah dengan pipa HDPE memiliki kelebihan, namun jika tidak diantisipasi dengan benar, juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan untuk mewujudkan kebutuhan ini.

Pipa HDPE memiliki durabilitas sangat baik, kuat lentur dan tidak mudah rusak. Sehingga jenis pipa ini sangat direkomendasikan untuk saluran air bersih. Penggunaan produk pipa jenis ini membuat saluran air ramah lingkungan dan sesuai dengan standard Food Grade. (BACA : PIPA HDPE ADALAH)

Namun ada kalanya produk pipa HDPE kerap digunakan untuk saluran air limbah. Bahkan beberapa brand seperti TrilliunShield dalam katalog produknya juga merekomendasikan pipa PE-100 untuk saluran air limbah.

Pada dasarnya pipa HDPE tersedia dalam beragam varian, selain bertekanan tinggi, produk juga tersedia dalam tekanan rendah. Atau dalam hal ini varian produk pipa dengan pressure nominal 6,3 kg / cm2.

Seperti membangun saluran air bersih, karakter yang kuat dan lentur membuat pipa HDPE lebih awet. Dalam penggunaannya, pipa HDPE dapat digunakan lebih dari 50 tahun. Dengan catatan dibutuhkan perlakuan khusus.

Untuk saluran air kotor dan limbah buangan, bagian sambungan pipa HDPE sebaiknya diperhalus, sehingga lipatan akibat proses penyambungan menjadi hilang. Permukaan dalam pipa yang licin, akan mempermudah lalulintas fluida yang telah tercampur dengan benda padat.

Sayangnya, membuat saluran air limbah dengan pipa HDPE memiliki kekurangan dalam hal biaya. Dibanding produk pipa PVC, cara ini membutuhkan biaya lebih besar, terutama dalam hal pembelian material dan proses penyambungan.

Proses penyambungan dengan welding machine dan fitting tertentu juga dirasa membutuhkan usaha, atau setidaknya pengalaman. Sangat berbeda dengan pipa PVC yang mudah disambung dengan fitting berharga murah.

Menghitung rugi untungnya, pipa HDPE pada dasarnya lebih direkomendasikan untuk saluran air bersih dibanding saluran air kotor atau limbah. Meski demikian, untuk saluran air limbah utama dengan ukuran besar, pipa PE-100 dapat dimanfaatkan.

Beberapa brand menawarkan varian produk dengan tekanan rendah, atau tebal dinding pipa lebih tipis. Sehingga sangat ideal untuk saluran air limbah dan kotor buangan, dari hal fungsi dan harga produk tentu saja.

Pipa HDPE untuk Saluran Limbah

53 thoughts on “Pipa HDPE untuk Saluran Limbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *