Ilustrasi-Pipa-HDPE-untuk-Saluran-Limbah

Menghitung jarak lengkungan pipa HDPE dapat digunakan untuk mengetahui ukuran kemasan roll produk. Selain itu cara ini dapat digunakan untuk mengetahui jarak ideal belokkan untuk kebutuhan instalasi saluran air bersih bertekanan dan sesuai standard Food Grade.

Tingkat kelenturan tinggi merupakan salah satu kelebihan pipa HDPE. Selain membuat produk tersedia dalam bentuk roll, berkat kelebihan ini, penggunaan aksesoris bisa diminimalisir. Lalu bagaimana cara menghitung jarak lengkungan yang tepat pada produk pipa thermoplastic ini ?

BACA JUGA :

Untuk mengetahui ukuran gulungan produk pipa HDPE Roll, Anda bisa perhatikan tabel yang ada di bawah :

Ilustrasi Rumus Menghitung Jarak Lengkungan Pipa HDPE

Keterangan Tabel

  • Ukuran ½ inch hingga 4 inch tersedia dalam bentuk roll atau gulungan dengan kemasan 50 – 100 meter. Karena alasan ukuran roll yang terlalu besar, ukuran 5 inch ke atas tidak tersedia dalam bentuk Roll.
  • Jarak Lengkungan Pipa HDPE dapat dilakukan tanpa menggunakan aksesoris, dengan rumus belokkan seperti pada tabel, disesuaikan dengan ukuran diameter pipa.
  • Semakin besar ukuran diameter pipa, ukuran lenkungan ideal akan semakin Panjang, dan tentu saja dibutuhkan peralatan karena bobot pipa yang semakin bear.
  • Ukuran pipa HDPE diatas 12 inch dapat dihitung dengan rumus 25 kali ukuran diameter luar dalam bentuk meter.

Meski dapat ditekuk dan digulung hingga 360 derajat, perlu diketahui butuh tenaga lebih untuk melakukannya. Pada proses produksinya, cara ini dilakukan menggunakan mesin agar gulungan pipa lebih rapi.

Oleh sebab itu, setelah kemasan roll dibuka, sebaiknya produk segera digunakan, atau tidak bisa dikembalikan ke dalam bentuk roll. Dan hal tersebut yang menjawab kenapa produk pipa HDPE roll hanya tersedia dalam ukuran diameter 4 inch.

Untuk ukuran diatas 4 inch, bisa dipastikan gulungan akan mencapai ukuran yang sangat besar. Hal tersebut akan membuat proses mobilitas produk semain sulit dilakukan. Mengingat ukuran truk dan container rata-rata hanya memiliki diameter 2.5 meter.

Tak hanya ukuran yang besar, beban produk yang dikemas dalam Panjang lebih dari 50 meter juga akan mempersulit aktivitas pengangkutan dan instalasi. Sehingga rata-rata brand pipa HDPE hanya menyediakan ukuran 4 inch ke bawah untuk varian roll.

Meski demikian, dalam hal kebutuhan belokkan, Jarak Lengkungan Pipa HDPE dapat ditekuk sedemikian rupa dengan rumus 25 kali diameter luar (untuk lengkungan 360 derajat). Cara ini biasa digunakan untuk meminimalisir penggunaan aksesoris dan titik sambungan.

Sehingga aktivitas instalasi saluran air bersih bertekanan dengan pipa HDPE dapati dilakukan dengan mudah, singkat dan efektif.

Jarak Lengkungan Pipa HDPE (Tips Menghitung)

2,076 thoughts on “Jarak Lengkungan Pipa HDPE (Tips Menghitung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *