Ilustrasi Pipa PVC Getas dan Mudah Rusak Itu Dulu

Produk pipa PVC dikenal dapat digunakan untuk beragam kebutuhan saluran air sederhana, dan dengan harga relatif lebih murah. Hanya saja dalam hal durabilitas, produk ini dikenal gampang rusak dan tidak tepat digunakan untuk saluran air bersih, benarkah ?

Dikembangkan sejak era tahun 50 an, pipa PVC pertama kali dikenalkan sebagai pengganti pipa besi untuk saluran air bersih. Permasalah karat yang muncul menjadi dasar utama produk pipa PVC direkomendasikan pada saat itu.

Sayangnya produk pipa PVC masih belum menjawab kendala yang sering dihadapi untuk saluran air bersih. Meski tidak berkarat, karena pengaruh lingkungan dan sebagainya, saluran air dengan produk ini memiliki tingkat kerusakkan tak kalah tinggi.

Bahan yang getas, mudah rusak saat terkena benturan dan paparan sinar matahari, membuat permasalahan tak selesai. Hingga pada era tahun 90 an, penggunaan produk peripaan dari bahan HDPE diperkenalkan dan menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan saluran air.

Lantas apa yang terjadi pada produk pipa PVC ?

Hingga saat ini produk pipa PVC masih digunakan untuk beragam kebutuhan. Bahkan tak hanya saluran air kotor, produk ini juga digunakan untuk instalasi saluran air bersih bertekanan dan sesuai dengan standard Food Grade.

Perubahan teknologi produksi membuat bahan PVC untuk produk perpipaan lebih bersahabat. Salah satunya peningkatan material bahan baku yang dapat mengurangi risiko kerusakkan material seperti bahan konvensional.

Hingga saat ini, indsutri perpipaan mengenal bahan uPVC dan PVC-O yang sama-sama memiliki kekuatan dan membuat pipa PVC aman digunakan untuk saluran air bersih.

BACA :

Generasi Pipa uPVC

Seperti dikutip dari sumber : Mengenal Pipa uPVC, Perbedaan Dengan Pipa dari PVC – Distributor Pipa (ragampipa.com), berbeda dengan produk konvensioal, pipa UPVC di desain lebih tangguh. Kuat, lentur dan tak mudah rusak, sehingga produk ini juga direkomendasikan untuk saluran air bersih.

UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride merupakan pengembangan bahan PVC konvensional dengan modifikasi sifat dasar. Proses teknologi dan pengembangan membuat bahan PVC menjadi lebih kuat, lentur dan tidak getas.

Bahan ini mulai banyak digunakan untuk beragam produk, seperti pakaian, peralatan makan, pakaian hingga produk perpipaan.

Untuk saluran air perpipaan, bahan uPVC mampu mengubah paradigma produk yang mudah rusak menjadi lebih Tangguh. Bahkan saat digunakan untuk saluran air bersih yang mengutamakan tekanan dan sesuai dengan standard Food Grade.

Produk uPVC banyak ditawarkan di pasar, untuk mendapatkannya kita bisa menggunakan produk dengan brand popular. Seperti Vinilon, Trilliun, Rucika dan merk lain yang juga telah menggunakan material bahan baku uPVC untuk produk mereka.

Baca  : HARGA PIPA UPVC

Produk Pipa PVC-O

Modifikasi bahan baku tak hanya dilakukan dengan mengubah material dasar thermoplastic, PVC. Tapi juga proses produksi material bahan baku, yang pada akhirnya memperkenalkan jenis thermoplastik jenis oriented polyvinyl chloride.

Seperti material uPVC, PVC-O juga memiliki karakter spesial, dengan kelenturan dan kekuatan sangat baik. Dalam uji durabilitas, produk pipa dengan bahan material ini bahkan tahan dilindas oleh kendaraan alat berat sekalipun.

Di Eropa, produk PVC-O banyak dikenalkan oleh beberapa brand, salah satunya Wavin dan sebagainya. Sementara di Indonesia, produk ini dapat dijumpai dengan merk dagang Rucika Exoplas.

Baca  : HARGA PIPA PVC-O

Meski demikian, tak semua produk pipa PVC ditawarkan dengan karakter dan spesifikasi terbaik. Beberapa produk masih mempertahankan proses produksi konvensional, termasuk menggunakan bahan material jenis lama.

Cara ini biasa dilakukan untuk menekan biaya produksi, sehingga pipa PVC ditawarkan dengan harga jauh lebih murah. Sifat produk dan permasalahan yang sama pada akhirnya sering dijumpai, dan instalasi saluran air kerap berusia pakai tidak lama.

Pipa PVC Getas dan Mudah Rusak ? Itu Dulu
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.