Ilustrasi Mesin Pipa

Mesin pipa adalah media yang digunakan untuk menyambung produk pipa baik dari jenis HDPE (High Density Polyethylene) maupun PPR (Polypropilene random tipe 3). 

Salah satu kelebihan pipa thermoplastik adalah bagian sambungan yang memiliki kekuatan setara dengan bagian utama pipa. Sehingga sistem penyambungan jenis pipa ini sangat awet, berusia pakai lebih lama sehingga minim biaya dan waktu perawatan.



Dibanding jenis pipa plastik konvensional jenis pipa PVC, sistem persenyawaan sempurna pada pipa thermoplastik jenis PPR dan HDPE adalah tidak adanya sekat di bagian sambungan. Proses pelelehan dengan suhu tinggi mampu membuat kedua bagian pipa dengan pipa atau aksesoris menyatu dengan sempurna. 

Hal ini yang membuat bagian sambungan jika dibelah tak ubahnya bagian badan pipa, menyatu dengan sempurna. Kelebihan ini membuat saluran pipi tahan terhadap tekanan (Sebagaimana kebutuhan saluran air bertekanan yang diharapkan mampu menggunakan pipa HDPE dan pipa PPR).

Berikut secara umum kelebihan proses penyambungan pipa thermoplastik menggunakan mesin welded, atau biasa dikenal Welding Machine pada Pipa HDPE dan Mesin Polyfusion pada pipa PPR.

  • Sambungan sesuai standard Food Grade
  • Tahan terhadap tekanan dan kuat setara dengan bagian utama pipa
  • Tingkat kebocoran nol
  • Mudah dipelajari, banyak video tutorial di Youtube
  • Minim biaya perawatan
  • Memiliki usia penggunaan lebih dari lima puluh tahun

Mesin HDPE

Mesin Pipa HDPE atau biasa dikenal dengan nama HDPE Welding Machine, merupakan alat penyambung produk pipa dari material High Density Polyethylene secara “Persenyawaan sempurna” dengan metode Butt Fusion*.

HDPE Welding Machine atau Mesin penyambung Pipa HDPE ditawarkan dalam beragam bentuk (produk), namun secara umum produk ini dibedakan berdasarkan dua varian, Manual dan Otomatis. Pembagian ini dibedakan berdasarkan cara menggerakkan pipa maju dan mundur pada saat menyambung pipa HDPE.

Baca : Mengenal Pipa HDPE

Dalam unit HDPE Welding Machine baik otomatis dan manual biasanya terdiri dari beberapa bagian utama. Seperti ragum pipa, teflon pemanas dan alat penyerut. Sesuai dengan langkah proses penyambungan : Meratakan bagian ujung – proses pelelehan – penyambungan.

Karena perbedaan cara kerja, mesin manual dan mesin otomatis atau hidrolis juga (masing-masing) dilengkapi alat tambahan lain. Hal ini difungsikan dalam mendukung proses penyambungan pipa secara Butt Fusion.

Mesin manual, seperti namanya produk ini digerakkan dengan tenaga manusia. Proses maju mundur pipa dilakukan dengan cara mendorong tuas dan lalu menariknya. Proses ini dilakukan pada saat proses penyerutan ujung pipa, pemanasan dan terakhir penyambungan.

Dalam unit mesin ini biasanya tersedia tuas (Tuas Putar) yang dapat digunakan untuk mendorong dan menarik ragum pada rell mesin HDPE manual. Mesin jenis ini umumnya lebih ringkas karena beberapa bagian yang sederhana, tanpa mesin hidraulic. Sumber energi listrik pada dasarnya hanya digunakan untuk proses penyerutan dan pemanasan.

Sementara mesin pipa otomatis, merupakan HDPE Welding Machine yang memiliki hydraulic, yang fungsinya menggerakkan maju mundur pipa pada saat proses penyambungan. Mesin ini biasanya tidak dilengkapi tuas, namun tombol yang dapat digunakan untuk mengoperasikan gerakan ragum pipa (Maju mundur).

Berbeda dengan jenis mesin pipa HDPE Manual, produk ini tersedia lebih komplit dengan beragam dukungan alat pendukung. Seperti media penggerak hidrolis, panel pemantau suhu pemanas dan jumlah tekanan yang dilakukan.

Karena alat yang komplit, proses penyambungan lebih detil dan dapat dilakukan sesuai presisi. Sehingga hasil yang didapat (Proses penyambungan persenyawaan sempurna) lebih tepat, efektif dan efisien.

1 unit produk mesin penyambung pipa HDPE biasanya ditawarkan dapat menyambung beberapa diameter pipa. Dan semakin besar fungsi penyambungan untuk diameter pipa, biasanya semakin besar pula ukuran mesin. Beberapa mesin untuk ukuran besar bahkan juga dilengkapi crane untuk mempermudah proses pengangkatan pipa.

* Butt Fusion merupakan metode penyambungan antara ujung pipa dengan pipa atau aksesoris HDPE, proses dilakukan dengan proses pelelehan (suhu tinggi), dan saat suhu normal bagian sambungan menjadi keras.


Mesin Pipa PPR Polyfusion

Ilustrasi Welding Machine Pipa PPR

Seperti namanya, produk mesin pipa PPR didesain untuk menyambung pipa dari material Polypropilene random tipe 3 atau PPR. Berbeda dengan mesin HDPE, karena ditujukan untuk diamter kecil produk ini lebih simple dalam hal bentuk dan ukuran.

Mesin penyambung pipa PPR biasa dikenal dengan istilah mesin Polyfusion. Meski inti kerjanya sama dengan mesin pada pipa HDPE (Welded untuk penyambungan persenyawaan sempurna), namun cara kerja alat ini sepenuhnya berbeda. 

Mesin Polyfusion pipa PPR digunakan wajib dengan Aksesoris Pipa PPR. Alat ini bekerja bukan untuk ujung pipa dengan aksesoris, melainkan bagian dalam luar ujung pipa dan bagian dalam aksesoris dalam waktu bersamaan. Dalam kondisi meleleh, kedua bahan ini kemudian di satukan satu dengan yang lain sehingga terjadi persenyawaan sempurna (Bagian sambungan tidak memiliki sekat). 

Baca : Harga Aksesoris Pipa PPR

Secara umum, produk mesin penyambung pipa PPR terdiri dari beberapa bagian, diantaranya Matrice (Beberapa macam dalam satu box sesuai kebutuhan diameter), Welding Machine dengan lampu indikator (Untuk temperature) dan media penyangga Welding Machine.

Selain beberapa peralatan utama tersebut, dalam setiap box welding machine pipa PPR juga tersedia beberapa material pendukung. Diantaranya gunting pemotong pipa, sarung tangan, alat pengukur dan sejenisnya.

Produk mesin penyambungn pipa PPR ditawarkan beragam. Biasanya dibedakan berdasarkan ketersediaan ukuran diameter pipa yang dapat disambung dalam setiap unitnya. Meski demikian dalam kondisi tertentu (Penggunaan pipa PPR diameter lebih dari 4 inch), proses penyambungan bisa dilakukan dengan metode Butt Fusion, seperti pipa HDPE.

Proses Butt Fusion untuk pipa PPR dilakukan tanpa menggunakan aksesoris (Seperti pipa HDPE), yang artinya juga bisa menggunakan HDPE Welding Machine. Dalam hal aksesoris, pipa PPR juga dapat disambung dengan jenis fitting Segmented (Yang terbuat dari potongan pipa PPR). Perlu di catat, meski pipa PPR dan HDPE dapat disambung dengan cara sama, namun dalam metode Butt Fusion keduanya tidak dapat disambung satu dengan yang lain. 

Hal ini dikarenakan perbedaan material pipa keduanya yang berbeda. Sehingga proses penyambungan tidak dapat mencapai proses “Persenyawaan sempurna” seperti yang di harapkan.


Tabel Parameter Waktu Penyambungan Pipa PPR

Diameter
(mm)
Heat-Up
Time (s)
Time of Removal
and Assembly (s)
Cooling
Time (min)
20542
25742
32864
401264
501864
632486
753086
904086
11050108
12560108
160701510

error: Content is protected !!