Ilustrasi halaman pipa air

Pipa Air terbaik dan berkualitas adalah solusi pemenuhan kebutuhan air dan aktivitas pembuangan limbah terpadu masyarakat Modern.  Buruknya infrastruktur membuat proses tidak berjalan sesuai harapan, dampaknya selain menyebabkan krisis Air, kekeringan dan bencana lain sering terjadi di sebuah daerah.

Permasalahan air pada dasarnya dapat diantisipasi dengan proses mendapatkan sumber air bersih yang tepat, dan membuang air kotor atau limbah tepat pada tempatnya. Siklus air yang baik akan memastikan pasokan air tetap terjaga dan lingkungan menjadi lebih baik dan sehat.

Dalam industri perpipaan, produk pipa dibedakan berdasarkan bahan baku yang digunakan. Hal ini pada akhirnya membuat segmentasi pipa lebih berkembang sesuai dengan kebutuhan. Seperti kebutuhan Pipa untuk saluran Air Bersih, Air Kotor dan Kebutuhan Air Panas.


Pipa Air Bersih

Pipa Air Bersih biasanya didesain anti polusi, baik dari luar saluran air dan produk pipa yang digunakan. Dalam hal ini membutuhkan pipa yang Tangguh dan tak mudah rusak, karena partikel kerusakan pipa akan berdampak pada munculnya risiko saluran menjadi tercemar.

Selain itu produk pipa yang Tangguh akan membuat saluran air menjadi awet dan dapat dipakan dalam jangka waktu lama. Selain dari bahan Besi, produk pipa saluran air bersih biasa ditawarkan oleh produk pipa thermoplatik, seperti pipa HDPE, pipa PVC dan Pipa PPR. Setiap produk memiliki kelebihan masing-masing, meski tak dapat dipungkiri juga ada beberapa kelemahan di dalamnya.

Pipa HDPE adalah produk pipa Thermoplastik terbaik yang saat ini direkomendasikan untuk saluran air bersih. Produk dari bahan thermoplastic jenis high density polyethylene, atau polietilena berdensitas tinggi. Baca Juga : Mengenal Produk Pipa HDPE

Material bahan baku ini memiliki kualitas sangat baik, dengan sifat lentur dan kuat. Sehingga selain dalam bentuk batang, produk pipa HDPE juga tersedia dalam bentuk Roll. Disamping itu, material ini juga membuat pipa memiliki tingkat keretakan rendah, alias tak mudah rusak dan menjadi biang pencemaran.

Selain produk pipa HDPE, Pipa PPR juga memiliki kelebihan kuat, Lentur (Meski dalam hal ini masih lebih lentur pipa HDPE) dan yang pasti memiliki tingkat keretakan sangat rendah. Disamping itu, produk pipa PPR juga lebih tahan dibanding suhu tinggi, sehingga selain untuk saluran air bersih, produk ini juga direkomendasikan untuk saluran air panas (bersih) bertekanan.

Produk pipa PVC konvensional pada awalnya diragukan untuk saluran air bersih. Karena pada dasarnya karakter produk ini tak lebih baik dari pipa Besi yang memiliki masalah karat. Pipa dari material polyvinyl chloride sangat getas dan mudah rusak karena lingkungan, terutama sinar UV dan termakan waktu.

Dalam perkembangannya produk pipa PVC berevolusi dengan penggunaan bahan uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Bahan ini membuat produk lebih lentur dan kuat, dengan tingkat keretakan sangat rendah. Sehingga dapat digunakan untuk saluran air bersih sederhana, dengan harga relatif ekonomis.

Selain produk pipa uPVC, evolusi pipa PVC juga memperkenalkan produk revolusioner pipa PVC-O yang memiliki karakter lebih Tangguh. Lebih kuat, lentur, memiliki tingkat keretakan sangat rendah dan memiliki tebal dinding pipa lebih tipis. Sehingga memilili volume air lebih banyak untuk saluran air per meter perseginya.

Baca Juga : Lebih jauh tentang produk pipa untuk saluran air bersih


Pipa Air Kotor

Pipa Saluran Air Kotor adalah produk perpipaan yang didesain mampu menghantarkan fluida (air/cairan) yang telah terkontaminasi atau kotor ke tempat pembuangan. Proses ini dilakukan secara steril, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.

Dibanding produk pipa Saluran air bersih, kebutuhan saluran air kotor biasanya dilakukan lebih sederhana. Karena kebutuhan ini dilakukan tanpa menggunakan tekanan besar atau pendorong. Gravitasi biasanya digunakan untuk mengalirkan air yang tercemar atau kotoran dari asal pembuangan ke tempat seharusnya limbah dibuang.

Produk ideal untuk saluran air kotor biasanya pipa PVC. Selain murah, kebutuhan sederhana membuat jenis pipa ini lebih efektif dan efisien untuk kebutuhan ini. Selain itu proses penyambungan dan instalasi pipa membuat saluran air kotor tak membutuhkan banyak spesifikasi (produk).

Pipa PVC JIS (Japanese Industrial Standard), atau biasa dikenal dengan pipa AW dan D biasanya digunakan untuk kebutuhan ini. Pipa PVC AW memiliki tingkat ketebalan pipa lebih dibanding D. Karena jenis pipa ini didesain mampu menahan tekanan hingga 10 Kg/cm2, sementera pipa PVC D hanya dibawah 5 Kg/cm2.

Selain pipa PVC JIS, produk Pipa PVC khusus juga ditawarkan untuk saluran air kotor dan limbah buangan. Yakni pipa PVC SDR-41, yang merupakan inovasi produk efektif dan efisien untuk saluran air limbah. Baca Juga : Mengenal Produk Pipa PVC SDR-41

Produk pipa PVC SDR-41 memiliki tebal dinding sangat tipis, sehingga memiliki volume saluran air lebih besar dalam meter persegi. Menggunakan bahan uPVC bahan ini memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik, namun dengan tingkat keretakan sangat rendah.

Pipa PVC SDR-41 ditawarkan melalui brand Rucika Lite. Produk ini merupakan inovasi teknologi internasional yang juga sering digunakan pada produk perpipaan di Eropa. Di Indonesia produk ini awalnya dikenal dengan nama Wavin Lite.

Baca Juga : Lebih jauh tentang produk pipa untuk saluran air Kotor


Pipa Saluran Panas

Pipa saluran Air panas pada dasarnya digunakan untuk saluran fluida bersuhu tinggi dan kadang-kadang memiliki tekanan. Jenis air atau fluida yang dialirkan pun beragam, bisa air bersih atau limbah atau air kotor buangan.

Dalam industri perpipaan saluran air panas, tak semua produk perpipaan dapat digunakan. Karena umumnya kebutuhan ini membutuhkan produk dengan ketahanan terhadap suhu hingga lebih 60 derajat celcius.


Pipa Air Bersih Panas. Kebutuhan ini biasa di penuhi dengan produk pipa dari bahan besi. Kebutuhan saluran air bersih biasanya digunakan untuk aktivitas sanitasi, seperti mandi, kebutuhan membersihkan peralatan makan dan sebagainya.

Dalam industri perpipaan modern, kebutuhan ini juga dapat dipenuhi dengan produk pipa thermoplastic, jenis pipa PPR. Produk ini memiliki kemampuan sangat baik sebagai saluran air (bersih) bersuhu tinggi dengan tekanan.

Kemampuan produk PPR dalam saluran air panas bahkan mampu bertahan di suhu lebih dari 80 derajat celcius. Ideal untuk kebutuhan saluran air panas bertekanan berskala kecil rumah tangga, hingga fasilitas komunal rumah sakit, perhotelan dan sebagainya. Baca : Lebih Jauh tentang Pipa PPR


Perpipaan Air Panas Kotor. Selain untuk saluran air bersih, kebutuhan saluran air panas juga sering dimanfaatkan untuk saluran air kotor. Aktivitas ini biasanya digunakan untuk menampung sisa air atau fluida dari aktivitas sanitasi.

Aktivitas pembuangan limbah panas sering dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Seperti industri dan restaurant, jenis produk yang tepat akan membuat limbah terbuang aman pada tempatnya tanpa mencemari lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, pada bisnis perhotelan kebutuhan saluran air panas untuk saluran buangan lebih komplek. Tak hanya mampu bertahan dengan aliran air atau fluida bersuhu tinggi, kebutuhan anti berisik sering dibutuhkan, sehingga saat mengalir bunyi tak lagi terdengar dari tiap kamar.

Kebutuhan ini biasa dikenal dengan saluran pipa akustik, yang fungsinya mampu meredam kebisingan. Produk pipa thermoplastik jenis Astolan sering dimanfaatkan dalam hal ini. Selain tahan terhadap panas, bahan khusus mampu meredam bising, sehingga saluran aman dan senyap.

Baca Juga : Lebih jauh tentang produk pipa untuk saluran air Panas

error: Content is protected !!