Pipa Air Bersih - Ilustrasi

Pipa Air Bersih sangat dibutuhkan untuk saluran air bebas kontaminasi sehingga higienitas material sangat penting, dalam hal ini harus berstandard Food Grade. Nah pipa apa saja yang biasa direkomendasikan untuk kebutuhan ini ?

Pentingnya memilih produk pipa higienis untuk saluran air bersih sudah mulai dirintis sejak tahun 50an. Adalah Johan Keller, seorang pejabat urusan pendistribusian air bersih untuk konsumsi di Belanda yang memulai revolusi penggunaan pipa air modern. Sebelumnya ia menggunakan produk pipa dari bahan metal untuk kebutuhan saluran air bersih.

Masalah karat yang muncul membuat saluran pipa air bersih kurang efektif, dimana kualitas air menurun karena serpihan karat pipa besi. Disamping itu, usia penggunaan pipa menjadi tidak sesuai harapan (lebih singkat karena karat).

Hingga pada akhirnya digunakan produk pipa dari bahan thermoplastik (plastik), pada saat itu menggunakan material Polyvinyl Chloride (PVC). Hingga pada akhirnya produk tersebut menjadi populer dan mulai banyak digunakan di Eropa, Amerika dan (Pada akhirnya) seluruh Dunia.

Produk pipa air revolusioner Johan Keller dari thermoplastik tersebut pada akhirnya dikenal dunia dengan nama “WAVIN”. Hingga sekarang produk pipa thermoplastik menjadi andalan untuk saluran air bersih dengan beragam keistimewaan.

Untuk membangun saluran air bersih, pada dasarnya membutuhkan 4 elemen penting. Diantaranya Sumber, Model Instalasi, Letak Instalasi dan Bahan Material. Berikut rekomendasi produk pipa yang dapat digunakan untuk saluran air bersih bertekanan bahkan bersuhu tinggi.


Pipa Air Bertekanan HDPE

Pipa HDPE adalah produk perpipaan dari bahan thermoplastik jenis High Density Polyethylene. Bahan ini memiliki karakter istimewa, dengan tingkat keretakan rendah, namun lentur dan sangat kuat. Sehingga memiliki standard Food Grade saat diolah menjadi produk jadi.

Banyak produk berstandard Food Grade dengan bahan HDPE. Diantaranya peralatan makan bayi, mainan dan sejenisnya. Dalam kebutuhan saluran Pipa Air Bersih, produk pipa HDPE tentu saja sangat diandalkan.

Tak hanya dalam kebutuhan kecil seperti rumah tangga dan sejenisnya, varian pipa yang dapat digulung membuat jenis pipa ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan saluran pipa air bersih berskala besar. Seperti untuk fasilitas umum dan sebagainya.

Pipa HDPE ditawarkan beragam, namun ada kesamaan dalam beragam brand yang beredar di Indonesia, yakni dominasi warna hitam pada pipa. Selain itu, biasanya juga disertai strip biru di badan pipa. Simbol yang sama juga digunakan di Eropa sebagai penanda jenis pipa untuk saluran air bersih.

Variasi diameter pipa HDPE sangat beragam, mulai dari ukuran ½ inch (20mm) hingga 28 inch (710mm). Beberapa brand bahkan menawarkan diameter pipa lebih besar. Sementara untuk kebutuhan saluran air, pipa jenis ini tersedia mulai dari PN-6.3, PN-8, PN-10, PN-12.5 dan PN-16.

PN merupakan singkatan dari Pressure Nominal, atau kekuatan pipa terhadap tekanan (bar). Hal ini mengacu pada ketebalan dinding, yang berarti semakin kecil PN semakin tipis dinding pipa dan sebaliknya.

Kecemerlangan pipa HDPE untuk saluran air bersih juga terletak pada proses penyambungan dengan teknik persenyawaan sempurna. Proses ini dilakukan dengan melelehkan bagian pipa atau aksesoris yang hendak disambung, pada saat panas kedua sisi akan dipertemukan, dan akan menyatu dengan sempurna pada saat suhu (kembali) normal atau turun.

Hal ini memungkinkan kekuatan sambungan memiliki karakter lebih kuat bahkan dibanding bagian utama pipa. Selain itu, tidak digunakan bahan perekat juga memperkecil kontaminasi fluida (air bersih) yang dialirkan.

Penggunaan pipa HDPE dengan instalasi yang baik dan benar bisa mencapai usia penggunaan sangat panjang. Dalam beberapa penelitian bahkan produk ini dapat digunakan untuk kebutuhan tersebut hingga lebih dari 50 tahun.

Baca Juga :


Pipa Air PVC-O

Pipa Air Bersih PVC-O - IlustrasiPipa PVC-O, seperti namanya produk ini terbuat dari material Biaxially oriented hard polyvinyl chloride. Merupakan material PVC yang diproses produksi dengan metode stretching dengan tujuan meningkatkan kelenturan dan kekuatan produk konvensional.

Tingkat kelenturan dan kekuatan meningkat sementara tingkat keretakan rendah membuat produk tak mudah rusak. Proses ini membuat material lebih tangguh untuk produk pipa, sehingga cocok untuk saluran pipa air bersih bertekanan.

Pipa PVC-O merupakan produk yang direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan tinggi, selain pipa HDPE. Kelebihan produk ini dibanding Pipa PE-100 adalah model penyambungan dengan model RRJ.

RRJ atau Rubber Ring Joint merupakan model sambungan sederhana hanya dengan karet gelang khusus sebagai media pengunci. Cara ini sangat mudah, tanpa menggunakan bahan perekat atau alat penyambung lain (Misalnya : Welding Machine).

Produksi dengan cara stretching juga membuat dinding pipa lebih tipis dibanding produk Pipa PVC biasa. Meski demikian, dengan perbedaan ini, tingkat kekuatan tekanan (Pressure Nominal) yang sama. Untuk kebutuhan saluran pipa air bersih hal ini memberi manfaat berupa debit fluida yang disalurkan menjadi besar.

Pipa PVC-O sudah sering direkomendasikan sebagai produk piping untuk saluran air bersih bertekanan di Eropa dan Amerika. Produk ini memiliki warna dominan biru dengan beberapa varian tekanan (PN-10 dan PN-12.5).

Sementara di Indonesia, tak banyak brand menawarkan jenis produk ini. Saat ini hanya Rucika dengan brand Rucika Exoplast, yang dahulunya dikenal dengan nama Wavin Apollo. Berbeda dengan produk yang beredar di Eropa, di Indonesia produk ini tersedia dengan dominasi warna putih.

Baca Juga : 

  • Mengenal Pipa PVC-O lebih jauh
  • Harga Pipa PVC-O

Pipa Air Panas PPR

Pipa Air Bersih PPR - IlustrasiMeski dikenal memiliki kemampuan menghantar air bersuhu tinggi dengan tekanan, pipa PPR juga kerap direkomendasikan untuk kebutuhan pipa air bersih. Mengingat produk ini juga memiliki varian pipa dengan karakter sederhana, Pipa PN-10.

Pipa PPR memiliki karakter hampir mirip dengan pipa HDPE, material pembentuknya merupakan salah satu percabangan bahan thermoplastik yang biasa dikenal dengan nama Polypropylene Random yang akan lumer saat dipanaskan dan solid pada saat suhu normal (mirip bahan High Density Polyethylene / HDPE)

Karakter dengan kelenturan dan kekuatan sangat baik, namun dengan tingkat keretakan rendah sangat dimiliki material ini. Bahkan dalam kondisi menyalurkan fluida (Air Bersih) bersuhu hingga 100° C material ini sangat mampu.

Karakter istimewa ini yang membuat produk pipa PPR sering digunakan sebagai pengganti penggunaan pipa aluminium (untuk kebutuhan saluran air bersih bersuhu tinggi dan bertekanan). Disamping masalah harga yang lebih ekonomis, bebas karat, kelebihan pipa dari bahan PPR adalah ringan, mempermudah proses instalasi dan mobilisasi.

Pipa PPR kerap direkomendasikan untuk kebutuhan pipa air bersih sederhana, hingga bersuhu tinggi. Cocok untuk kebutuhan dan bisnis Hospitality, seperti hotel dan sejenisnya, disamping untuk kebutuhan rumah tangga.

Pipa PPR ditawarkan dalam bentuk batang, dengan panjang 4 meter setiap batangnya. Sementara diameter pipa yang ditawarkan mulai dari 20mm (1/2 inch) hingga 160mm (6 inch) tergantung merk produk yang Anda gunakan. Bahkan tak menutup kemungkinan ada diameter pipa diluar ketentuan tersebut.

Rahasia higienitas pipa PPR untuk kebutuhan saluran pipa air bersih juga terletak pada proses penyambungannya. Pipa ini disambung dengan teknik welded atau pelelehan bersuhu tinggi (Mencapai 260° C) dengan alat khusus bernama Polyfusion.

Baca Juga :


Pipa PVC

Pipa Air Bersih PVC - IlustrasiMeski bukan pilihan utama, namun pipa PVC juga kerap direkomendasikan untuk kebutuhan produk pipa air bersih. Dengan catatan produk tersebut menggunakan bahan polyvinyl chloride yang telah disempurnakan, atau biasa dikenal dengan sebutan UPVC.

Tak banyak produk pipa PVC di pasaran yang menggunakan bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC). Hal tersebut menjawab kenapa ada produk pipa murah ditawarkan, sementara produk lain ditawarkan dengan harga jauh lebih mahal.

Lalu seberapa pentingkah UPVC ? Bagi Anda yang menggunakan produk ini untuk kebutuhan saluran buangan, atau saluran buangan dengan umur sementaram bahan UPVC tidaklah penting. Sementara jika Anda membutuhkan saluran higienis dengan usia penggunaan pipa lebih lama, maka hal tersebut sangat penting.

Dikutip dari Hazlemere, bahan UPVC memiliki karakter istimewa dengan kelenturan dan kekuatan material sangat baik. Sementara tingkat keretakan dan kerusakan pipa sangat rendah, hal ini membuat produk generasi pipa PVC modern ini sangat baik dibanding pendahulunya.

Tingkat keretakan rendah ini yang membuat pipa tak mudah rusak. Selain mendukung penggunaan dalam jangka panjang, hal ini membuat produk juga sesuai dengan standard Food Grade, produk Pipa Air Bersih.

Hal ini dikarenakan risiko serpihan pipa yang rusak tidak akan mencemari fluida (air bersih) yang dialirkannya. Sehingga higienitas air tetap terjaga dari sumber hingga tempat akhir dimana air dibutuhkan (untuk konsumsi, sanitasi dan sebagainya).

Kelebihan penggunaan pipa PVC untuk saluran pipa air bersih adalah harganya yang murah, dibanding varian pilihan produk pipa di atas. Sementara itu, proses penyambungan rubbering Joint dan solvent cement yang dapat dilakukan tanpa welding machine juga menjadi point penting dalam hal ini.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!