Pipa Air Kotor, seperti namanya produk perpipaan ini di pasang untuk kebutuhan membuang sisa air yang tercampur kotoran dari aktivitas sanitas pada tempatnya. Aplikasi produk pipa jenis ini memiliki kriteria lebih simple karena bekerja dengan sistem gravitasi (tanpa tekanan).

Tentang Pipa Limbah
SDR-41


Jenis-jenis Produk Saluran air Buangan

Produk pipa air kotor atau buangan pada dasarnya dapat mengguankan beragam produk pipa thermoplastik. Karena jenis produk ini memiliki banyak kelebihan, terutama jika dibanding dengan produk pipa besi.

Di Indonesia jenis pipa thermoplastik yang tersedia diantaranya pipa HDPE, Pipa PPR dan Pipa PVC. Hanya saja untuk kebutuhan saluran pipa air kotor, hanya pipa PVC yang dapat digunakan dalam hal ini. Selain itu, beberapa produk juga dapat diandalkan, diantaranya pipa Astolan dan sejenisnya.

Dalam pemanfaatnya, produk pipa air kotor dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah kebutuhan ini hanya untuk kebutuhan berskala kecil, proyek komunal, industri dan sebagainya. Karena saat ini banyak produk ditawarkan dengan ragam kelebihan masing-masing.

Pipa PVC AW / D (PVC JIS)

Ilustrasi Pipa PVC Class D

Produk pipa PVC JIS merupakan produk pipa thermoplastik multi fungsi dengan harga ekonomis. Didukung beragam aksesoris dari berbagai diameter dan bentuk, membuat produk ini cocok untuk saluran air biasa hingga kotor (tanpa tekanan).

Pipa PVC JIS menawarkan dua varian produk, kelas AW untuk saluran bertekanan hingga 10 bar, sementara kelas D digunakan untuk saluran air tanpa tekanan, sangat ideal untuk saluran air buangan dengan dorongan gravitasi.

Pipa PVC Kelas D sering digunakan pada banyak saluran air kotor buangan berskala kecil seperti rumah dan bangunan sejenisnya. Untuk saluran utama buangan biasanya digunakan produk pipa diameter 4 inch.

Pipa PVC Kelas D ukuran 4 inch ideal untuk saluran buangan air kotor dari kamar mandi, hujan, cucian yang dipasang secara Horizontal bagian pinggir kanan dan kiri bangunan rumah dan bangunan lain sejenisnya.

Beberapa kebutuhan cukup menggunakan pipa PVC kelas D ukuran 3 inch. Jenis pipa ini biasanya digunakan untuk saluran air talang buangan vertikal. Sementara untuk kebutuhan bervariasi penggunaan pipa diameter 4 inch dikombinasi dengan pipa diameter 3 inch. Selain diameter ideal, jenis produk pipa ini memiliki harga sangat ekonomis, mudah dalam hal instalasi dan awet tahan lama.

Hal ini dikarenakan produk menggunakan bahan uPVC (Unplasticized Polyvinyl). uPVC merupakan pengembangan dari material Polyvinyl Chloride dengan tingkat kelenturan sangat baik, sementara tingkat keretakan rendah.

Harga Pipa PVC JIS AW/D Rucika

 Pipa PVC Lite SDR-41

Ilustrasi Pipa PVC SDR-41Ciri khusus produk pipa saluran air kotor adalah dinding pipa yang tipis (karena kebutuhan saluran air tanpa tekanan) dan halus. Serta bagian sambungan yang tidak bersekat, sehingga memperkecil kemungkinan kotoran tertumpuk dan membuat saluran menjadi tersumbat.

Selain produk pipa PVC JIS, beberapa produk ditawarkan dengan spesialisasi saluran air limbah. Salah satunya produk pipa PVC Lite SDR-41. Produk dari Rucika ini memiliki tebal dinding tipis, permukaan halus, menggunakan bahan uPVC, dan diproduksi berdasarkan stanrard SNI (Standard Nasional Indonesia).

Produk Pipa SDR-41 biasanya ditawarkan dengan warna dominan cokelat. Warna ini merupakan penanda pipa saluran air kotor yang banyak digunakan di Eropa, Amerika dan sebagainya. Dengan sistem penyambungan rubber ring joint.

Berbeda dengan produk pipa PVC JIS, pipa SDR-41 hanya disarankan untuk saluran air kotor buangan. Penggunaan bahan uPVC membuat produk lebih lentur, kuat dan tak mudah rusak, sehingga membuat saluran air kotor buangan lebih ramah lingkungan.

Diproduksi berdasarkan standar Nasional Indonesia, produk pipa memiliki panjang optimal 6 meter setiap batang. Produk ini biasanya tersedia untuk ukuran 4 inch hingga 24 inch untuk kebutuhan saluran air buangan berskala besar.

Sehingga selain dapat digunakan untuk saluran air kotor buangan berskala kecil (rumah tangga) produk juga dapat digunakan untuk proyek berskala besar. Seperti saluran buangan komunal, industri, bisni dan sebagainya.

Harga Pipa PVC SDR-41 Rucika

Pipa Thermoplastik Non PVC untuk Saluran Air Buangan

Untuk kebutuhan saluran air buangan, rupanya produk pipa PVC bukan satu-satunya. Terlebih jika hal tersebut dibangun dengan kebutuhan spesifikasi tertentu. Seperti mengantisipasi munculnya kebisingan yang sering terjadi di saluran ini.

Dalam hal ini biasanya dibutuhkan produk pipa khusus, salah satunya pipa ASTOLAN yang dibawah ke Indonesia melalui brand Wavin. Saat ini produk dengan spesifikasi standard Eropa ini bisa didapat melalui brand Rucika dengan nama Si-Tech.

Seperti namanaya, Pipa Astolan atau Si-Tech, merupakan pengembangan pipa thermoplastik dengan spesifikasi unik. Didesain untuk saluran air buangan, material yang digunakan memiliki karakter peredam kebisingan atau silence technology.

Terbuat dari bahan Polypropylene, Pipa Si-Tech juga memiliki kemampuan tahan terhadap fluida bersuhu tinggi. Sehingga jenis produk ini cocok untuk bangunan hospitality, Restauran hingga rumah sakit.


Sudut Kemiringan dan Pipa Air Kotor

Masalah utama pada saluran pipa air kotor adalah saluran yang mampet atau aliran tidak lancar. Hal ini tentu saja wajar terjadi karena fluida (cairan) yang dialirkan melalui pipa membawa serta pertikel padat seperti sampah dan sebagainya.

Penumpukan kotoran dan partikel padat tersebut yang terjadi (meski dalam jumlah kecil) dalam kurun waktu tertentu akan berdampak pada penyumbatan dan aliran air kotor menjadi tidak atau kurang lancar.

Berbeda dengan saluran pipa air bersih, pada umumnya saluran air kotor memanfaatkan dorongan gravitasi untuk mengalirkan sisa air dan kotoran terbuang pada tempatnya. Dalam hal ini proses pembuangan dilakukan dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah.

Untuk membuat saluran pembuangan yang ideal, terutama untuk kebutuhan wastafel (dimana air kerap tercemar dengan lemak dan sejenisnya) pengambilan sudut harus tepat, sehingga aliran fluida tidak terlalu cepat dan lambat. Ketepatan instalasi dengan sudut tertentu meminimalisir terjadinya penumpukan kotoran (Penyebab sumbatan).

Untuk kebutuhan saluran air kotor, biasanya dibutuhkan sudut 3 derajat. Penggunaan sudut ini dianggap sangat ideal dalam menyalurkan sisa air kotor dan partikel sampah terbuang pada tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!