Ilustrasi Tes Ketahanan Pipa PVC-O

Pipa PVC-O adalah produk inovasi perpipaan modern dari bahan uPVC yang didesain dengan karakter tangguh, lentur namun dengan tingkat keretakan rendah. Tak mudah rusak karena benturan dan cuaca membuat produk berstandard Food Grade untuk saluran air bersih bertekanan. 



Sebelum jauh membahas pipa dari material PVC-O, terlebih dahulu kita bahan Polyvinyl Chloride (PVC), yang merupakan material thermoplastik pertama yang digunakan untuk produk piping. Material jenis ini dianggap lebih baik ketimbang bahan metal untuk saluran air bersih bertekanan.

Bahan PVC pertama kali ditemukan sekitar tahun 1872 oleh ahli kimia Jerman Eugen Baumann. Meski demikian, material ini baru digunakan untuk produk komersial sejak awal abad ke 20, atas prakarsa Rusia Ivan Ostromislensky (Sumber : Wikipedia).

Beragam produk menggunakan bahan PVC, salah satunya pada tahun 1950, bahan ini mulai digunakan untuk produk perpipaan di Belanda. Setelah sebelumnya produk pipa dari bahan metal mengalami permasalahan karat.

Produk thermoplastik tidak mengenal karat yang biasa dijumpai pada pipa besi. Sehingga penggunaan untuk saluran pipa air bertekanan, air lebih aman dan tidak terkontaminasi bekas karat yang rontok. Disamping itum karat juga kerap membuat usia penggunaan (pipa besi) lebih singkat.

Sayangnya pipa dari material PVC generasi pertama tidak bisa digunakan sesuai harapan. Karena bahan ini terlalu rentan terhadap kerusakan. Baik karena benturan, cuaca dan karena termakan oleh usia. Sehingga faktanya produk pipa PVC konvensional tidak lebih baik dibanding pipa Besi.

Pada akhirnyanya inovasi bahan PVC untuk saluran perpipaan mengenalkan kita pada produk pipa uPVC. Unplasticized Polyvinyl Chloride atau uPVC adalah pengembangan bahan PVC konvensional sehingga memiliki karakter lebih kuat, lentur dan tak mudah pecah. Di Indonesia pipa uPVC mulai banyak ditawarkan beragam brand, salah satunya Rucika.

Sayangnya tuntutan kebutuhan air yang semakin komplek membuat produk perpipaan dengan karakter lebih kuat dan tak mudah rusak. Inovasi produk dari bahan PVC pun berkembang hingga akhirnya ditemukan material PVC-O.

Material PVC O merupakan generasi terbaru PVC yang mengalami modifikasi cara produksi. Sehingga cara khusus tersebut mampu meningkatkan karakter material lebih kuat dan tak mudah rusak, sehingga tidak mencemari aliran fluida (terutama air bersih).

Seperti material thermoplastik lain untuk produk perpipaan, bahan PVC O dikembangkan melalui industri perpipaan di Eropa. Produk dengan karakter unik dengan tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik.

Penggunaan pipa jenis ini bahkan bisa dipakai sebagai alternatif pengganti pipa HDPE untuk saluran air bersih bertekanan. Di Eropa dan Amerika beberapa perusahaan dan fasilitas air bersih bertekanan menggunakan produk dengan dominasi warna biru.

Kelebihan pipa PVC O dibanding HDPE adalah cara penyambungan yang jauh lebih mudah dan praktis. Karena produk ini disambung dengan cara Rubber Ring Joint. Cara ini dapat dilakukan tanpa welding machine seperti di HDPE dan bahan perekat lain.


Kelebihan Pipa PVC-O


Pada dasarnya pipa PVC O merupakan pengembangan dari produk pendahulunya pipa uPVC (Unplastized Polyvinyl Chloride). Arti O setelah nama PVC bermakna Oriented, yang artinya produk ini memiliki diproduksi melalui proses yang berbeda (Dengan pipa PVC Konvensional).

Rahasia kekuatan dan kelenturan pipa PVC O terletak pada proses produksi yang dilakukan secara Biax atau mekanisme Biaxially. Mekanisme ini dilakukan dengan proses straching secara vertikal dan horisontal, sehingga menghasilkan pipa dengan karaktr kuat dan tangguh dibanding produk pipa PVC konvensional.

Proses ini juga membuat produk lebih efisien, karena tebal dinding pipa lebih berkurang. Ini artinya aliran fluida yang dapat dihantar pipa dalam hitungan meter persegi lebih besar ketimbang jenis produk pipa lain. Seperti pipa HDPE, Pipa PVC atau Pipa PPR.

Baca Juga : 

Hebatnya tebal dinding yang berkurang karena proses ini tak mengurangi ketahanan pipa terhada tekanan. Berikut beberapa kelebihan pipa PVC O dibanding produk perpipaan yang ditawarkan di pasar saat ini :


  • Kuat

Diproduksi secara Biaxialy Oriented, Produk pipa dari material PVC-O memiliki tingkat kekuatan lebih baik dibanding produk PVC Konvensional. Dalam beberapa uji kekuatan, pipa tidak mengalami kendala setelah dilindas alat berat dan sejenisnya.


  • Ringan

Pipa PVC O didesain secara efektif dan efisien, sehingga didapat tebal dinding lebih tipis tanpa merubah ketahanan pipa terhadap tekanan. Hal ini juga berpengaruh pada bobot pipa secara keseluruhan. Beban yang ringan membuat produk mudah dalam hal mobilisasi dan instalasi.


  • Fleksibel

Fleksibilitas tinggi pipa PVC O membuat instalasi produk ini tak memerlukan aksesoris tambahan. Karena pipa dapat dibengkokkan 11 derajat hingga 22 derajat. Cocok untuk saluran air berkelok (tidak lurus).


  • High Impact

Dalam sebuah uji tes, pipa PVC O memiliki banyak kelebihan bahkan jika dibanding produk pipa uPVC modern. Berikut tabel uji tes yang dilakukan dengan perbandingan produk piping uPVC class AW (Tekanan dibawah 10 bar) dan D (Tekanan dibawah 5 bar).

No.PembandingTes ke 1Tes ke 2Tes ke 3
1Material PipaPVC-UPVC-UPVC O
2Berat Beban Impact3.2 Kg8 Kg8 Kg
3Radius Ujung Beban ImpactR 50R 12.5R 12.6
4Ketinggian Beban Jatuhan2 Meter1 Meter2 Meter
5Energi / Gaya64 Nm80 Nm160 Nm
6Hasil PengujianBagusPecahExellence

  • Menghantar Lebih Banyak Debit Air

Dengan tebal dinding lebih tipis melalui proses produksi Biaxialy, membuat debit rata-rata air yang dialirkan pipa PVC O lebih banyak dibanding kebanyakan produk pipa. Berikut perbandingan debit Air yang dialirkan dibanding pipa HDPE :

Perbandingan Volume Per 1 Meter Pipa (Diam. 12″ (315mm)

HDPE PN-12.5HDPE PN-10Exoplas
56.63 Lt61.19 Lt72.55 Lt

  • Sistem Penyambungan revolusioner

Ilustrasi Produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Sistem penyambungan pipa PVC O adalah Rubber Ring Joint yang telah disempurnakan. Yakni dengan menggunakan sistem Angerlock. Sistem ini pertama dan hanya digunakan produk Rucika, Pipa PVC O Rucika Exoplas.

Sistem ini menambahkan bagian pengunci ring dari bahan polypropilene yang fungsinya menjaga gelang karet (RRJ) selalu pada posisinya. Sehingga saat dipasang karet pada bagian sambungan tidak mudah bergeser dan rusak.

Pipa PVC O Rucika Exoplas tersedia sesuai dengan standar SNI (Standar Nasional Indonesia). Dengan diameter terkecil yang ditawarkan 3 inch (90 mm) hingga 20 inch (500 mm) dengan dua varian PN (Pressure Nominal). PN-10 untuk saluran air standard dan PN-12.5 untuk saluran air bersih bertekanan lebih besar.

error: Content is protected !!