Ilustrasi Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Rucika Exoplas adalah produk pipa PVC-O pertama di Indonesia, merupakan evolusi produk pipa PVC Biaxially Oriented sehingga memiliki karakter kuat, lentur, dan tak mudah pecah, bahkan saat dilindas alat berat. Produk yang sudah banyak digunakan di Eropa dan Amerika ini awalnya diperkenalkan dengan nama Wavin Apollo.

Pipa PVC-O Rucika Exoplas merupakan generasi produk pipa PVC modern yang dikembangkan dari material pipa PVC yang didesain sedemikian rupa, sehingga memiliki karakter istimewa, atau biasa disebut Pipa PVC-0.

Pipa PVC-0 Rucika Exoplas didesain untuk mendukung jaringan saluran peripipaan dengan karakter tangguh. Ini dikarenakan pengembangan material PVC yang dibuat dengan orientasi sistem Bi-axial, membuat pipa memiliki tingkat keretakan rendah, namun dengan tingkat kelenturan sangat tinggi.

Prosedur peningkatan kualitas pipa PVC oleh Pipa PVC-O dilakukan dengan unik, dan telah dipatenkan oleh Wavin yang kini oleh Rucika. Ini artinya, produk PVC-O di Indonesia dengan jaminan kualitas hanya dipegang oleh PT Wahana Duta Rucika (Atau dulunya PT Wavin Duta Jaya).

Proses Bi-axial dilakukan dengan cara orientasi in-line pada produksinya, baik arah putar dan axial. Hal tersebut dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini membuat konsep peregangan molekul dinding yang kuat akan meningkatkan kekuatan mekanik dan ketangguhan material.

Hal ini yang pada akhirnya membuat molekul berorientasi dapat menahan lebih banyak beban. Dan saat tak lagi terbebani, material akan dengan otomatis kembali ke bentuk semula, tanpa terjadi kerusakan atau kebocoran (Jika diaplikasikan pada produk pipa).

Pipa PVC-O Rucika Exoplas Durability Test
Pipa PVC-O Rucika Exoplas Durability Test

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Pipa PVC-O


Hal tersebut yang membuat produk ini mampu kembali ke bentuk semula setelah dilindas material hingga kendaraan berat. Kondisi sangat berbeda akan terjadi pada pipa PVC konvensional yang kemungkinan besar akan hancur dan tak bisa dipakai kembali.

Di Eropa pengembangan material PVC dengan orientasi sistem Bi-axial sendiri telah dilakukan selama beberapa tahun. Dan produk pipa PVC-O sudah sering menjadi solusi di banyak proyek jaringan perpipaan dalam skala rumah tangga, industri hingga proyek komersial lain.

Pipa PVC-O menawarkan karakter pipa unik, dengan sepintas mirip dengan karakter Pipa HDPE. Hanya saja, Pipa PVC-O memiliki karakter lebih ringan, lebih tipis sehingga memiliki volume aliran lebih besar dan sangat mudah aplikasi penyambungan.

Pipa PVC-O Rucika Exoplas tersedia dalam ukuran 3 Inch (90mm) hingga 16 Inch (400mm) dengan jenjang produk 6 meter per batang (Sesuai dengan Standard SNI). Salah satu kelebihan Rucika Exoplas adalah menggunakan sistem penyambungan rubber ring Joint. Sehingga dapat dipasang tanpa menggunakan alat atau bahan kimia penyambung lain.


Standar Kualitas Rucika Exoplas

Pipa PVC-O Rucika Exoplas diproduksi sesuai dengan standar ISO 16422 : 2006. Tentang Pipes and joints made og Oriented Unplasticized Poly (Vinyl Chloride) (PVC-O) for the Conveyance of Water under pressure – Specifications.

Material yang ramah lingkungan dan prosedur penyambungan tanpa bahan kimia, membuat produk Rucika Exoplas sesuai dengan standard Food Grade. Sehingga sangat aman digunakan untuk menyalurkan air bersih dan air minum.


Aplikasi Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Pipa PVC-O Rucika Exoplas direkomendasikan dapat menunjang berbagai aplikasi jaringan perpipaan dalam skala rumah tangga hingga kebutuhan industri, komersial dan sebagainya. Secara umum, berikut beberapa proyek pengerjaan yang bisa ditunjang menggunakan produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas.

  • Jaringan transmisi dan distribusi proyek pemerintahan (Sesuai dengan standard SNI)
  • Jaringan distribusi air minum PDAM
  • Instalasi jaringan air bersih untuk kebutuhan industri
  • Instalasi jaringan air bersih bertekanan untuk kebutuhan perkebunan, irigasi dan pertanian

Baca Juga : Harga Pipa PVC-O


Kelebihan Produk

Dalam aplikasinya, pipa PVC-O Rucika Exoplas memiliki sejumlah kelebihan dibandin beberapa jenis pipa lain, diantaranya pipa PVC konvensional kebanyakan. Berikut secara umum kelebihan produk ini :

Tahan terhadap tekanan air tinggi
Proses produksi material sesuai dengan standar Bi-axial seperti yang telah dijelaskan, membuat produk mampu menghasilkan 2 kali kekuatan. Ini artinya pada produk Rucika Exoplas akan memiliki dinding lebih tipis di banding produk pipa PVC-U dan Pipa HDPE dengan tekanan setara.

Ketahanan Terhadap bentur tinggi
Dibanding pipa PVC konvensional, produk pipa PVC-O Rucika ini memiliki tingkat kekuatan hingga 3 kali dari pipa konvensional.

Tahan terhadap beban “point loading”
Memiliki karakter elastis, membuat produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas tahan terhadap point loading. Atau kondisi galian secara tidak segaja membuat titik beban pada pipa.

Fleksibilitas tinggi
Hal ini dapat mengurangi penggunaan fitting bend atau elbow dengan sudut kemiringan 11° hingga 22°.

Lebih Ringan
Dibanding produk pipa PVC kebanyakan, Pipa PVC-O memiliki beban lebih ringan hingga 2.5 kali. 2 kali lebih ringan dibanding pipa HDPE dan 7 kali lebih ringan dibanding produk pipa besi. Sehingga memudahkan mobilisasi pipa di daerah sulit.

Sambungan Terintegrasi
Pipa PVC-O Rucika Exoplas menggunakan sistem penyambungan rubbering powerlock, yang menggunakan bahan rubber dan polypropylene. Mekanisme penguncian dengan sistem sambungan ini sangat efektif mencegah air keluar dan bocor.  

Biaya Instalasi Ringan

Rucika Exoplas didukung sistem penyambungan rubbering powerlock, sehingga tidak perlu menggunakan mesin dan bahan perekat pipa pada umumnya. Hal ini dapat menekan biaya instalasi dan mobilisasi, karena pipa relatif sangat ringan.

Sumber : pipaplastik.com

error: Content is protected !!