Ilustrasi Pipa Saluran Air : Tips Memilih Produk yang Tepat

Pipa Saluran Air merupakan elemen penting dalam mendirikan bangunan hingga gedung, karena kebutuhan air mutlak dibutuhkan untuk konsumsi hingga aktivitas sanitasi. Nah permasalahannya sudah tepatkah produk yang Anda gunakan ?

Selain bangunan yang kokoh dan sesuai dengan kebutuhan, keberadaan pipa saluran air sangat dibutuhkan untuk menjamin kebutuhan air. Tak hanya itu, proses pembuangan air dari aktivitas sanitasi juga kerap membutuhkan hal yang sama.

Saat ini banyak produk pipa air ditawarkan beragam di pasar. Mulai dari brand, keunggulanm hingga fungsi yang membedakan beragam produk tersebut. Nah pada prinsipnya, kebutuhan air dibedakan menjadi 3 jenis, yakni saluran air bersih, kotor dan air panas. Untuk mengetahui lebih jauh, yuk kenali beberapa jenis produk pipa air yang biasa digunakan :

Pipa Saluran Air Bersih

Pada dasarnya produk pipa Saluran air bersih membutuhkan produk yang berstandard Food Grade. Ini artinya material produk pipa tidak mudah rusak dan berpotensi mencemari fluida (air) dari sumber ke tempat dimana air dibutuhkan.

Kebutuhan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan jenis pipa besi. Karena faktor biaya yang cukup besar, kesulitan proses pemasangan dan terutama masalah karat, produk ini akhisnya dikesampingkan. Solusinya dengan menggunakan produk pipa thermoplastik jenis HDPE.

Meski demikian produk Pipa HDPE bukan satu-satunya solusi untuk kebutuhan ini. Pipa PPR dan Pipa uPVC juga kerap digunakan dengan beragam kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca :

Air Kotor dan Buangan

Saluran air kotor biasanya membutuhkan produk pipa saluran air kotor buangan (kamar mandi atau wastafel). Spesifikasi kebutuhan ini pada umumnya tidak membutuhkan karakter pipa terlalu besar, karena aliran fluida (air yang tercampur kotoran) berjalan dengan bantuan gravitasi (tanpa tekanan).

Banyak pilihan produk yang digunakan untuk kebutuhan, dan karena tanpa memutuhkan banyak spesifikasi, maka tak perlu memilih produk dengan harga yang membuat kantong jebol. Karena kebutuhan ini bisa Anda dapatkan dengan memilih produk Pipa PVC.

Pipa PVC digunakan untuk beragam kebutuhan, terutama saluran buangan. Produk dengan spesifikasi standard, dengan harga sangat ekonomis. Disamping itu, produk dengan material uPVC membuat saluran dengan produk pipa ini bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Baca :

Saluran Air Panas

Kebutuhan pipa saluran air panas, pada dasarnya membutuhkan produk dengan karakter spesial seperti kebutuhan saluran air bersih. Diantaranya produk pipa yang tahan terhadap suhu tinggi hingga tekanan tertentu.

Tak banyak produk yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan ini. Pipa Besi sebelumnya menjadi andalan karena faktor kekuatan dibanding produk lain. Namun dalam perjalanan waktu pipa thermoplastik mulai menggantikan kebutuhan produk tersebut.

Yakni produk pipa PPR, produk dari bahan Polypropylene random tipe 3 ini mampu tahan terhadap suhu hingga100 derajat celcius. Tak hanya itu jenis pipa ini juga tahan terhadap tekanan, sehingga cocok untuk saluran air sanitasi untuk kebutuhan rumah tangga, restauran hingga bisnis perhotelan dan rumah sakit.

Baca :

Pipa Saluran Air : Tips Memilih Produk yang Tepat
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published.