Ilustrasi Pipa Rucika

Pipa brand Rucika,  merupakan satu diantara tak banyak produk perpiaan yang telah eksis di industri nasional sejak lebih dari 40 tahun. Merupakan pionir produk sejenis untuk beragam kebutuhan saluran air,  seperti air bersih,  limbah atau kotor,  dan beragam jenis yang lain.

Produk Perpipaan Rucika sebelumnya dikenal sebagai salah satu pionir produk pipa PVC di Indonesia. Hanya saja dalam beberapa tahun lalu, perubahan brand Wavin ke Rucika membuat brand Pipa ini dikenal lebih luas dengan beragam produk pipa thermoplastik, seperti pipa HDPE, Pipa PRP dan pipa PVC.


Pipa PVC Rucika

Ilustrasi Pipa PVC Rucika

Produk pipa PVC merupakan jenis pipa thermoplastik pertama yang diperkenalkan Rucika di industri nasional lebih dari 40 tahun yang lalu. Jenis produk standard JIS atau Japanese Industrial Standard, dengan panjang 4 meter per batang.

Dalam perjalannya produk pipa PVC mengalami perkembangan cukup signifikan, diantaranya penggunaan bahan uPVC yang membuat produk memiliki kekuatan dan kelenturan 10 kali dari produk sejenis yang dibuat dari material konvensional.

Tak hanya itu, dalam industri perpipaan di Indonesia, produk juga disesuaikan dengan standard nasional Indonesia (SNI). Sehingga terjadi penyesuaian pada diameter nominal dan Panjang pipa dari 4 meter menjadi 6 meter.

Produk pipa PVC Rucika di Indonesia ditawarkan dalam dua varian. Diantaranya standar JIS atau yang biasa kita kenal dengan istilah pipa AW dan D, serta produk pipa dengan standard SNI dengan model penyambungan solvent cement dan Rubber ring joint.

Selain kedua varian tersebut, pipa PVC Rucika juga menawarakan produk spesialis saluran air limbah yang standardnya juga kerap digunakan brand lain, yakni pipa PVC SDR-41. Produk ini dulu dikenal dengan nama Wavin Lite yang kemudian berubah nama menjadi Rucika Lite.


Baca Juga :


Pipa HDPE Rucika

Ilustrasi Pipa HDPE Rucika

Pipa HDPE brand Rucika Black awalnya dikenal dengan nama Wavin Black. Produk ini sudah hadir sejak 1 dekade yang lalu di industri perpipaan Indonesia dan menjadi role model produk sejenis dengan brand berbeda.

Di Indonesia produk pipa HDPE Rucika Black menawarkan solusi terbaik pipanisasi air bersih bertekanan bebas korosi, bebas polusi dan yang pasti bisa digunakan hingga dalam waktu lama. Dalam penelitian bahkan produk dapat digunakan lebih dari 50 tahun.

Terbuat dari material bahan baku thermoplastik jenis Polietilena berdensitas tinggi (HDPE), dari minyak bumi. Material ini dikenal  memiliki karakter kuat, lentur dan memiliki tingkat keretakan sangat rendah.

Produk yang tak mudah rusak, otomatis membuat saluran air yang dialirkan menjadi terjaga higienitasnya. Tak hanya pipa, bahan yang sama juga kerap digunakan untuk peralatan rumah tangga lain dengan label Food Grade.

Di Indonesia Pipa HDPE Rucika Black menawarkan rangkaian produk dengan standard SNI. Selain dalam bentuk batang dengan Panjang 6 meter, produk juga tersedia dalam bentuk roll dengan Panjang 50 meter, 100 meter bahkan lebih.

Produk juga tersedia dalam varian tekanan yang dapat dibutuhkan, seperti PN-6,3, PN-8, PN-10, PN-12,5 dan PN-16 untuk tekanan tinggi. Sementara diameter pipa terkecil tersedia mulai dari ½” (20mm) hingga 28” (710mm).


Baca Juga : Harga Pipa HDPE Rucika Black


Pipa PPR Rucika

Ilustrasi Pipa PPR Rucika

Salah satu bentuk kerjasama dengan Wavin internasional adalah diperkenalkannya produk pipa PPR,  yang di desain untuk saluran air panas. Karena membawa teknologi dari Eropa,  produk ini menggunakan standard DIN.

Pertama kali diperkenalkan dengan brand Wavin Tigris Green,  hingga pada akhirnya berubah nama secara resmi menjadi Rucika Kelen Green. Meski demikian, tak ada perubahan pada kualitas, Teknologi dan standard produk yang ditawarkan.

Produk pipa PPR Rucika Kelen Green menawarkan solusi lengkap produk perpipaan yang mendukung saluran air bersih bertekanan dan bersuhu tinggi. Dimana hal ini biasanya hanya bisa dilakukan dengan produk pipa dari bahan besi.

Produk pipa PPR Kelen Green tersedia dari ukuran diameter ½ inch hingga 6 inch. Seperti telah disebutkan diatas,  produk juga dilengkapi dengan ragam aksesoris dari berbagai diameter dan bentuk,  sehingga dapat memenuhi kebutuhan jalur pipa yang dibutuhkan.


Baca juga : Mengenal Pipa PPR dan Cara Menyambungnya


Sebagai produk dengan standard internasional,  Rucika Kelen Green juga menawarkan varian produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini dibedakan berdasarkan PN atau Pressure Nominal yang berkaitan dengan ketebalan dinding pipa.

Berbeda dengan Pipa HDPE varian PN pada Pipa PPR mengindikasikan rekomendasi pipa untuk kebuthan saluran air bersih tertentu.  Misal,  air dingin,  panas bertekanan atau tidak,  berikut penjelasannya :

Pipa PPR PN-10 Rucika Kelen Green : Varian produk dengan tebal dinding paling tipis diantara dua jenis yang lain. Produk ini direkomendasikan untuk saluran air bersih sederhana, tanpa suhu tinggi dan tekanan,  ideal untuk saluran air bersih untuk kebutuhan sanitasi rumah tangga dan bisnis bersekala kecil.

Pipa PPR PN-16 Rucika Kelen Green : Produk ini memiliki tebal dinding lebih dibanding tipe PN sebelumnya. Ideal untuk saluran air dingin bertekanan dan bisa digunakan untuk saluran air panas namun tidak bertekanan.

Pipa PPR PN-20 Rucika Kelen Green : Merupakan varian produk pipa paling tebal dindingnya. Sehingga selain untuk saluran air dingin bertekanan, jenis ini juga dapat digunakan untuk saluran air panas bertekanan.


Baca Juga : Harga Pipa PPR Rucika


Produk Inovasi Rucika

Seperti dijelaskan di atas, produk perpipaan Rucika kerap berinovasi untuk memenuhi setiap kebutuhan saluran air yang dibutuhkan. Tak hanya itu, peningkatan kualitas juga dilakukan dengan optimalisasi bahan baku untuk beberapa produk.

PVC-O Pipe misalnya, Rucika yang awalnya Wavin membawa produk inovasi Eropa ini di industri perpipaan Nasional sebagai generasi produk Perpipaan PVC terbaik, terkuat dan terlentur saat ini. Bahkan produk tidak rusak saat ditimpa alat berat dan sejenisnya.

Pipa PVC-O merupakan produk perpipaan dari material uPVC hanya saja dalam produksinya dimodifikasi sehingga produk lebih kuat, lentur dan memiliki tebal dinding lebih efisien (Tipis). Sehingga memiliki volume air lebih besar dalam skala meter persegi dibanding produk yang lain.

Produk PVC-O dengan Pipa Rucika Exoplast atau dulu dikenal dengan nama Wavin Apollo hadir dengan sambungan revolusioner. Meningkatkan kemampuan sambungan rubber ring biasa, produk ini menggunakan system sambungan anger lock.


Baca Juga : Harga Pipa PVC-O Rucika Exoplas


System sambungan yang sudah dipatenkan ini memiliki bahan Polyfusion disamping Rubber Ring. Fungsinya, tak hanya mencegah dari kebocoran, bahan PP membantu bagian sambungan tetap pada tempatnya hingga jangka waktu lama.

Rucika juga menawarkan produk inovasi lain, seperti produk Perpipaan akustik yang berfungsi meredam bunyi pada saluran buangan. Kemampuan ini membuat bisnis hospitality perhotelan lebih nyaman tanpa gangguan suara berisik saluran buangan.

error: Content is protected !!