Rucika Black adalah produk pipa HDPE terbaik yang dulunya dikenal sebagai brand Wavin Black. Merupakan sistem perpipaan jaringan air minum dengan karakter istimewa, karena diproduksi dengan bahan Polyethylene (PE).

Material bahan baku yang membuat produk memiliki karakter istimewa, dengan tingkat keretakan rendah, sementara tingkat kelenturan tinggi. Sehingga membuat produk Pipa HDPE Rucika Black dalam sebuah uji tes memiliki life time atau usia penggunaan lebih dari 50 tahun. Usia penggunaan jauh lebih lama dibanding pipa besi atau pipa plastik konvensional.

Pipa HDPE atau High Density Polyethylene merupakan pengembangan produk pipa thermo plastik modern yang sudah sejak 2 dekade lalu dikembangkan di Eropa. Prosedur produksi dengan metode ini dapat meningkatkan kualitas pipa dengan raw material yang sudah dimodifikasi.

Biasa juga disebut Pipa PE-100, Pipa Rucika Black tersedia dalam bentuk batang dan roll. Karena produk ini memiliki tingkat keleturan tinggi. Selain memudahkan dalam hal mobilisasi, kelenturan produk dapat mengurangi beban penggunaan aksesoris fitting.

Distributor Pipa HDPE

Table Material Property

Ilustrasi Table Material Property Pipa HDPE

Bahan Polyethylene memiliki tingkat pemuaian linear lebih besar dari pipa besi, atau sekitar 1.3×10-4°C⁻¹. Faktor ini sangat penting diperhatikan dalam proses jaringan pipa, terutama jaringan pipa di atas tanah.

Bila sistem jaringan menggunakan fitting non-end load bearing, maka sangat penting meyakinkan bahwa fitting sudah aman terpasang untuk mencegah pipa terlepas. Pada instalasi jaringan pipa baru di bawah tanah, diharuskan menstabilkan suhu lingkungan sekitar sebelum melakukan akhir penyambungan.

Pengaruh tanah sebagian pada pipa akan membantu meminimalkan efek dari sinar matahari langsung ke jaringan pipa yang ada.

Baca Juga


Alasan Pipa HDPE Rucika Black Lebih Baik

Pipa HDPE Rucika Black merupakan produk pipa air bersih terbaik di Indonesia dan telah digunakan di banyak proyek swasta maupun pemerintah mulit skala. Produk ini diproduksi sesuai dengan beberapa standar yang digunakan untuk jaringan air minum untuk kebutuhan kecil hingga besar. Berikut standar ISO dan SNI produk pipa HDPE Rucika Black :

  • ISO 4427 : 1996 : Polyethylene (PE) pipes for water supply – Specifications
  • SNI 06-4829-2005 : Pipa Polietilena untuk air minum

Standard internasional

Seperti produk Rucika lain, Rucika Black diproduksi dan didesain sesuai dengan standar internasional Rucika, BV. Belanda. Ini artinya produk yang terjual di Indonesia memiliki standar sama dengan produk yang tersedia di Eropa dan negara lain di dunia (Sesuai dengan standar ISO)

Lentur dan fleksibilitas tinggi

Rucika Black didesain dengan polietilene berdensitas tinggi, sehingga memiliki tingkat keretakan sangat rendah, dengan kelenturan tinggi. Sehingga dapat di roll dan tak mudah rusak saat mendapat beban secara tiba-tiba.

Tahan terhadan bahan kimia

Pipa HDPE Rucika Black diproduksi berdasarkan standard Food grade, sehingga direkomendasikan untuk saluran pipa air bersih hingga untuk konsumsi. Karena produk ini tahan terhadap bahan kimia tertentu.

Tahan terhadap suhu rendah

Diproduksi untuk kebutuhan Eropa dan sebagainya, produk pipa HDPE Rucika Black juga cocok diaplikasikan di daerah bersuhu rendah.  Seperti daerah pegunungan dan perbukitan di Indonesia dan sebagainya.

Metode penyambungan bervariasi

Rucika Black diproduksi dengan 3 jenis sistem penyambungan. Dengan welding maching mengunakan metode Butt Fusion, Mechanical Joint atau dengan cara pelelehan elektro fusion dengan sistem kumparan listrik.

Tahan abrasi dan sendimentasi

Sifat ini membuat pipa HDPE Rucika Black sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai saluran air bawah laut. Pipa untuk kebutuhan ini biasanya memiliki karakter tahan terhadap abrasi dan sendimentasi.

Ringan

Pipa HDPE Rucika Black didesain dengan karakter berat relatif ringan. Sehingga mudah diaplikasikan dan disambung bahkan di daerah sulit sekalipun. Karena mudah di mobilisasi, dan disambung dimanapun tempatnya.

Tahan Karat

Rucika Black merupakan solusi pipanisasi untuk saluran air minum dan air bersih yang sebelumnya menggunakan saluran produk pipa air bersih. Karena produk Rucika Black memiliki keunggulan, tidak berkarat yang dapat mencemari aliran.

Life Time hingga 50 tahun

Produk Pipa HDPE diciptakan sebagai produk saluran perpipaan tangguh, dengan mengantisipasi kelemahan beragam jenis pipa. Hal tersebut membuat life time pipa HDPE Rucika Black rata-rata bisa digunakan hingga 50 tahun.

Tahan Terhadap segala cuaca

Di wilayah tropis seperti di Indonesia, Rucika Black sangat cocok untuk instalasi saluran pipa air bersih dan air minum. Karena bahan yang tahan terhadap beragam jenis cuaca, baik saat kemarau maupun musim dingin.


Aplikasi Sistem Pipa HDPE

Jaringan pipa HDPE Rucika Black direkomendasikan dalam banyak kebutuhan saluran air bersih dan sebagainya. Berikut beberapa jaringan saluran perpiaan yang direkomendasikan dengan produk ini :

Jaringan Pipa Bawah Air

Untuk jaringan bawah air, Pipa HDPE Rucika Black memiliki sejumlah keunggulan dibanding produk pipa yang lain. Salah satunya karena karakter unik produk, yakni kelenturan yang tinggi dan sistem persenyawaan sempurnya yang dapat meminimalkan sambungan.

Hal tersebut yang membuat pipa HDPE sangat direkomendasikan untuk jaringan bawah air (laut). Sebagai solusi jaringan sistem perpipaan dengan karakter tangguh, yang dapat menahan beban yang timbul selama terapung.

Prosedur persenyawaan sempurna dan material relatif ringan membuat produk dapat tersambung dengan mudah dan cepat di lapangan. Termasuk proses penyambungan material pipa untuk daerah sulit.

Proyek Relining

Pipa HDPE Rucika Black sangat ideal untuk proyek Relining jaringan drainase dan air minum. Sistem sambungan persenyawaan sempurna, membuat jaringan rawan mengalami kebocoran dan menunjang usia penggunaan lebih lama. karena dengan sistem ini, bagian sambungan memiliki kualitas kekuatan setara dengan produk pipa.

Kelenturan material membuat produk bisa dilengkungkan hingga radius 25 kali diameter luar. Hal ini mengefektifkan penggunaan aksesoris fitting dan sekaligus meminimalisir terjadinya kebocoran dengan jenjang produk dalam bentuk roll.

Bobot yang ringan membuat produk mudah dimobilisasi dan disambung. Hal ini membuat proses relining sangat efektif dalam usaha penekanan waktu dan biaya. Begitu juga saat terjadi kerusakan, proses renovasi dapat dilakukan dengan sederhana dan mudah.

Pemasangan di daerah sulit

Produk pipa HDPE Rucika Black mendukung mobilisasi dan aplikasi pemasangan di daerah sulit. Karena memiliki tingkat keretakan rendah, lentur dan sangat ringan saat dibawa kemana-mana, termasuk di daerah dengan kontur dan medan sulit. Seperti genangan air, rawa, daerah rawan gempa, daerah labil yang memungkinkan pipa tertindih beban yang tak diinginkan. Kelenturan yang tinggi juga memungkinkan produk terpasang sesuai dengan kontur daerah sulit, seperti perbukitan dengan jalur tidak konstan.

error: Content is protected !!