Ilustrasi-Pipa-PVC-AW-D-Rucika

Pipa PVC AW/D merupakan produk perpipaan dari material uPVC yang diproduksi berdasarkan standard JIS, berikut info lebih lanjut.

Merupakan produk pipa PVC yang dibuat berdasarkan Japanese Industrial Standar. Oleh karena itu, produk ini juga biasa dikenal dengan nama Pipa PVC JIS. Panjang optimal produk pipa PVC AW/D pada umumnya adalah 4 meter setiap batang.

Di Indonesia, Pipa PVC JIS sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu, bahkan brand Rucika telah dikenal melalui produk pipa PVCnya sejak lebih dari 40 tahun yang lalu. Hingga kini, produk masih menjadi pilihan karena kelebihannya.

Dalam aplikasi penggunaannya, produk pipa PVC AW/D direkomendasikan untuk beragam kebutuhan jaringan saluran air. Seperti saluran air bersih multi skala, saluran pembuangan, limbah, saluran irigasi dan ventilasi atau saluran angin.

Baca Juga :


Jenis Pipa PVC JIS (AW/D)

Di Indonesia, produk perpipaan uPVC JIS, biasa dikenal dengan sebutah Pipa PVC AW/D. Karena istilah ini lebih familiar dalam penyebutan spesifikasi pipa berdasarkan jenis saluran air yang akan dibangun berdasarkan kebutuhan tekanan.

Kelas AW adalah produk pipa PVC JIS yang didesain mampu digunakan untuk saluran air bertekanan. Misal saluran air bersih yang biasa digunakan di rumah, Gedung, fasilitas umum dan kebutuhan komunal yang lain.

Produk Pipa PVC JIS Kelas AW tersedia dari ukuran diameter ½ inch hingga 12 inch. Sementara untuk kelas D tersedia mulai dari diameter 1-1/4 inch hingga 12 inch.

Produk ini memiliki ketahanan lebih baik terhadap tekanan hingga 10 bar. Sehingga secara fisik, produk pipa dengan kelas ini memiliki tingkat ketebalan lebih dibanding produk pipa PVC kelas D yang lebih tipis.

Kelas D sendiri dirancang untuk saluran air sederhana, atau untuk kebutuhan saluran tanpa tekanan. Jenis saluran ini biasanya digunakan untuk aktivitas pembuangan limbah dan air kotor sisa aktivitas sanitasi.

Tebal dinding lebih tipis, membuat produk sangat efisien untuk kebutuhan saluran air limbah dan buangan. Dimana saluran air bekerja atau mengalir berdasarkan dorongan gaya grafitasi hingga tempat dimana air limbah dan kotor dibuang.

Meski demikian, produk pipa PVC JIS di Indonesia juga menawarkan kelas berbeda, diluar dua kelas yang kita sebut di atas. Yakni produk pipa PVC JIS Kelas VP dan Kelas VU. Sama seperti AW/D kedua varian ini dibedakan berdasarkan jenis tekanan dan tebal dinding pipa.

Kelas VP merupakan varian premium untuk kelas AW, untuk tekanan tak lebih dari 10 bar. Produk ini memiliki spesifikasi hampir sama, hanya saja dibuat dengan standard Japanese Standard secara keseluruhan. Berdasarkan bahan baku yang digunakan dan ukuran tentu saja.

Sementara kelas VU merupakan varian premium untuk kelas D, yang biasa digunakan untuk saluran air tidak bertekanan. Produk ini dapat digunakan untuk saluran air dengan tekanan tak sampai 5 bar, dengan spesifikasi JIS sepenuhnya.

Nah karena dibedakan berdasarkan varian tekanan dan kualitas produksi, berikut info harga produk pipa PVC AW/D Rucika Standard (Eks. Wavin Standard) dan Rucika JIS (Eks. Rucika) :

Ilustrasi Harga Pipa uPVC

Kelebihan Produk

Harga Ekonomis. Dibanding semua produk perpipaan, pipa PVC memiliki harga paling ekonomis. Bahkan dibanding jenis produk perpipaan dari material thermoplastik lain. Seperti pipa HDPE dan Pipa PPR (yang biasa digunakan untuk saluran air panas).

Sehingga dalam hal membangun saluran air bersih, atau kotor, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dengan menggunakan produk ini. Hal ini juga berlaku untuk harga produk aksesoris PVC JIS.


Banyak Kegunaan. Selain digunakan untuk saluran air bersih, pipa PVC JIS juga biasa digunakan untuk saluran air kotor dan limbah buangan. Luasnya ruang lingkup penggunaan membuat produk ini biasa dikenal sebagai pipa serba guna.

Penggunaan bahan uPVC membuat produk lebih kokoh, lentur dan tak mudah rusak. Orang sering memanfaatkan kelebihan ini bahkan diluar untuk membangun saluran air. Seperti membuat perabotan (meja dan Kursi), Peralatan, Dekorasi ruagan dan sebagainya.

Baca Juga : Resto Unik dengan Dekorasi Pipa PVC Limbah


Kuat, Lentur dan Tak Mudah Rusak. Kelebihan ini dikembangkan berkat perubahan bahan baku yang digunakan. Yakni menggunakan bahan uPVC (Unplasticized Poly Chloride), merupakan pengembangan dari material PVC konvensional yang banyak bermasalah.

Bahan ini mengupah karakteristik material PVC konvensional yang mudah rusak dan berbahaya bagi Kesehatan. Bahan uPVC membuat pipa kuat, lentur dan tidak mudah rusak, sehingga tidak mengandung bahan berbahaya seperti Bpa dan sebagainya.


Mudah di pasang : Pipa PVC AW/D memiliki beragam dukungan aksesoris berbagai bentuk dan ukuran. Hal ini memungkinkan pipa dipasang sesuai dengan banyak ide dalam membangun saluran air bersih maupun kotor.

Seperti halnya produk pipa, Aksesoris produk ini juga dibedakan menjadi dua varian, berdasarkan kebutuhan tekanan dan jenis saluran air yang akan dibangun. Kelas AW untuk tekanan tinggi atau kebutuhan saluran air bersih bertekanan dan Kelas D untuk saluran air buangan dan kotor.

error: Content is protected !!