Aksesoris Pipa PPR Mengenal Ragam Sambungan

Mesin Pipa PPR adalah alat pemanas untuk menyambung produk perpipaan polypropylene random secara Polyfusion agar bersenyawa dengan sempurna.

Seperti diketahui, pipa PPR merupakan produk perpipaan dari material thermoplsatik yang disambung secara persenyawaan sempurna. Memanfaatkan sifat plastic yang akan meleleh pada saat dipanaskan, dan mengeras pada saat suhu normal.

Hal yang sama juga dilakukan pada produk Pipa HDPE yang disambung secara Butt Fusion dengan konsep persenyawaan yang sempurna. Hanya saja pada pipa PPR bagian yang disambung adalah dinding dalam aksesoris dan dinding luar pipa.

Prosedur penyambungan ini biasa dikenal dengan Polyfusion Joint. Metode ini dilakukan dengan aksesoris PPR dan mesin pipa PPR. Yang keduanya memiliki fungsi masing-masing dalam mendukung saluran air panas atau dingin bertekanan untuk penggunaan lebih dari 50 tahun.

Berbeda dengan mesin pada pipa HDPE, Mesin pipa PPR didesain sangat sederhana. Hal ini dikarenakan penggunaan produk pipa ini umumnya memiliki diameter pipa paling besar 4 inch atau 110mm.

Keberadaan alat hanya terdiri dari handling pemanas dengan cetakan yang dapat disesuaikan dengan diameter pipa yang hendak disambung. Selain itu dalam bekerja alat ini membutuhkan energi listrik untuk mendapat sumber air panas yang tepat, atau mencapai 220 derajat celcius.

Baca Juga


Spesifikasi Produk

Ilustrasi-Unit-Pembelian-Mesin-Pipa-PPR

Dalam setiap unitnya, Mesin pipa PPR ditawarkan beragam, sesuai dengan merk apa yang sedang Anda gunakan. Meski demikian ada beberapa alat utama yang wajib ada, karena berkaitan dengan proses penyambungan secara polyfusion.

Beberapa Alat tersebut diantaranya :

Handling Pemanas. Merupakan media yang mengubah energi listrik menjadi sumber panas. Alat ini berfungsi memanaskan bagian matrice atau cetakan yang bertujuan melelehkan fitting dan produk pipa yang hendak disambung.

Matrice. Dalam pembelian alat penyambung pipa PPR, biasanya Anda mendapat lebih dari 3 pasang matrice beberapa ukuran diameter. Saat digunakan alat ini terdiri dari sepasang yang dapat diletakkan pada bagian kiri dan kanan Handling Pemanas. Fungsinya satu sisi untuk memanaskan bagian dinding luar pipa, dan dinding dalam aksesoris pada sisi yang lain.

Kunci L. Alat ini berfungsi dalam proses pemasangan matrice ke handling pemanas pipa PPR. Proses penyambungan ini dilakukan dengan bantuan baut dan mur dengan kepala persegi yang dapat di sesuaikan dengan kunci L.

Centring Unit. Merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk menempatkan Handling pemanas tetap pada posisinya, tanpa harus dipegang. Alat ini membantu proses penyambungan saat tangan kanan dan kiri memegang pipa dan aksesoris.


Selain peralatan utama, umumnya beberapa brand memberikan beberapa peralatan tambahan. Meski tidak wajib, keberadaan alat-alat ini akan mempermudah proses pemanasan pipa PPR. Berikut beberapa diantaranya :

Alat Pemotong Pipa. Seperti namanya alat berbentuk gunting dengan kepala mirip paruh burung kakaktua ini berfungsi sebagai pemotong, sekaligus merapikan ujung pipa yang hendak disambung. Alat ini kadang terdapat dalam unit pembelian mesin pipa ppr, jika tidak Anda bisa membelinya dalam jumlah satuan.

Sarung Tangan. Berhubungan dengan mesin pemanas, akan membuat tangan Anda berpotensi tersengat mesin. Beberapa brand memberi alat perlindungan ini untuk memperlancar proses penyambungan Polyfusion pipa PPR.

Lap. Alat ini membersihkan sisa potongan, atau kotoran yang menempel pada bagian pipa atau aksesoris. Beberapa hal yang dapat membuat proses penyambungan pipa PPR tidak berjalan sempurna, dan mudah rusak karena kotoran yang menempel.

Spidol. Dibutuhkan alat penanda agar proses penyambungan, terutama antara pipa dan aksesoris masuk dengan pas dan sempurna. Penanda spidol akan membuat hal ini lebih mudah dan membuat proses berjalan lancar.

Penggaris. Seperti spidol, penggaris juga kerap dibutuhkan untuk mengukur kedalaman proses penyambungan. Meski tidak terlalu wajib, alat ini akan memberi Anda kemudahan dalam proses penyambungan secara presisi.


Harga Pemanas Pipa PPR

Harga Pemanas Pipa PPR umumnya ditawarkan beragam sesuai dengan kemampuan produk menyambung diamter tertentu dan juga brand yang digunakan. Meski demikian, alat ini biasanya ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibanding Welding machine Pipa HDPE.

Berikut harga dua tipe mesin pemanas pipa PPR yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan diameter produk :

Mesin Tipe 20/63. Alat ini biasa digunakan untuk menyambung produk pipa PPR diameter ½ inch (20mm) hingga 2 inch atau (63mm). Dalam penawarannya, produk ini ditawarkan dengan Harga Rp 3 juta / unit.

Mesin 75/110. Alat ini digunakan untuk menyambung pipa air panas dan dingin bertekanan ukuran besar, yakni 2-1/2 inch atau 75mm hingga 4 inch atau 110mm. Dalam penawaran produk, mesin pipa PPR tipe ini dibandrol dengan harga Rp. 3.8 Juta / Unit.

Untuk info stock dan penawaran harga terbaik produk silahkan hubungi kami, atau kunjungi workshop kami dengan : Distributor Welding Machine Pipa PPR

error: Content is protected !!