Ilustrasi Jenis Pipa PVC

Disukai karena banyak fungsinya, jenis pipa PVC ditawarkan beragam sesuai kebutuhan. Berikut ragam produk yang biasa kita jumpai di pasar.

Tidak bisa dipungkiri, produk pipa PVC begitu popular karena fungsinya yang banyak dan harganya yang relatif lebih murah dibanding produk pipa jenis lain. Tak hanya itu, dalam perkembangannya, produk ini mengalami sejumlah modifikasi sehingga memiliki performa lebih baik.

Popularitas jenis pipa PVC juga biasa dijumpai karena dukungan ragam aksesoris komplit untuk berbagai ukuran. Hal ini membuat aplikasi produk untuk saluran air (baik bersih atau kotor) dapat diwujudkan sesuai dengan harapan.

Nah untuk mengetahui beberapa jenis pipa PVC yang bisa kita jumpai dan manfaatkan untuk kebutuhan saluran air tertentu, berikut beberapa produk yang perlu Anda ketahui.


Jenis Pipa PVC Konvensional

Pipa SNI Ilustrasi 2

Bahan PVC sudah mulai digunakan sebagai material bahan baku pipa air sejak era tahun 1950. Pelopor penggunaan jenis pipa dari material plastik di mulai dari Belanda, karena permasalahan pada penggunaan pipa besi.

Pipa besi awalnya digunakan untuk saluran air bersih bertekanan, yang fungsinya mengalirkan kebutuhan air dari sumber menuju rumah ke rumah. Awalnya produk ini dipilih karena durabilitasnya yang dianggap sangat merepresentasikan kebutuhan membangun saluran air Tangguh.

Namun sayangnya, penggunaan pipa besi tak selalu seusai dengan ekspektasi karena ternyata produk ini tak setangguh yang dibayangkan. Kelemahan produk perpipaan ini adalah munculnya pemasalahan karat.

Karat yang muncul membuat saluran air bersih yang harusnya bebas polusi, justru malah terkontaminasi. Dampaknya, air yang disalurkan malah terkontaminasi reaksi kimia karat pada produk pipa besi, sehingga airnya kurang sehat saat digunakan.

Pemilihan material PVC untuk pipa Air dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Bahan PVC sangat mudah diproduksi, dan material ini sangat mudah dibentuk. Sehingga digunakan material bahan baku untuk beragam jenis produk.

Salah satunya produk pipa air, jenis pipa PVC pada waktu itu sangat sedikit, dan penggunaanya pun merevolusi penggunaan produk perpipaan untuk saluran air. Setelah sukses di Belanda, beberapa negara di Eropa akhrinya mengubah pipa besi mereka menjadi pipa dari material PVC untuk kebutuhan saluran air bersih.

Produk pipa ini kemudian mulai mendunia dan hingga sekarang banyak dijumpai pada produk perpipaan, termasuk di Indonesia. Pipa PVC ditawarkan dengan harga paling ekonomis dibanding produk pipa dari material thermoplastik lain, selain itu memiliki ribuan macam akasesoris tambahan.

Harga yang ekonomis, mudah dipasang sesuai keinginan, dan mudah di dapat di pasaran, membuat produk ini kian popular untuk digunakan beragam kebutuhan. Mulai dari saluran air bersih, hingga kotor.

Sayangnya, kecemerlangan pipa PVC juga tak bisa bertahan lama, setelah diketahui produk ini mengandung bahan BPA yang berdampak buruk pada Kesehatan. Material yang mudah rusak juga membuat produk tak ideal untuk saluran air bersih, karena risiko kontaminasi air dari material pipa yang rusak.

Sehingga dalam perkembangannya, jenis pipa PVC konvensional hanya direkomendasikan untuk saluran air kotor dan limbah buangan. Minim kontaminasi tertelan melalui air bersih, adalah alasan utama rekomendasi ini.

Baca Juga : Mengenal Pipa PVC adalah


Pipa uPVC

Ilustrasi Harga Pipa PVC Rucika Standard

uPVC atau unplasticized polyvinyl chloride merupakan pengembangan dari material PVC konvensional yang lebih bersahabat bagi Kesehatan. Karena material yang lebih solid dan bebas dari bahan berbahaya BPA.

BPA meruapakan senyawa dari material thermoplastic yang jika tertelan berdampak sangat buruk bagi Kesehatan. Dampak paling mengerikan adalah munculnya risiko kanker pada seseorang dari penggunaan produk pipa thermoplastic jenis PVC biasa untuk saluran air.

Pengembangan bahan uPVC mengubah performa jenis pipa PVC biasa menjadi luar biasa. Dengan karakter produk lebih kuat, lentur, dan memiliki tingkat keretakan rendah. Selain itu, produk plumbing dengan material ini bebas dari bahan berbahaya BPA.

Sehingga selain untuk kebutuhan saluran air kotor, pipa PVC dengan bahan uPVC juga kerap direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan. Bahan uPVC sudah banyak digunakan pada produk pipa PVC Modern.

Dalam perkembanganya, beberapa varian produk ditawarkan beragam sesuai dengan ragam standard yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa jenis produk yang bisa ita jumpai dan rekomendasi utama untuk saluran air :


Pipa PVC JIS. Merupakan jenis pipa PVC dari material uPVC yang diproduksi berdasarkan standard industri Jepang atau japanese industrial standards. Standar ini meliputi ukuran standard penggunaan material dan ketahanan pipa terhadap tekanan.

Ilustrasi Slide Pipa PVC 2

Produk pipa ini biasa kita kenal dengan istilan pipa PVC AW dan D, atau Pipa VP dan VU. Kedua kelas tersebut pada dasarnya merepresentasikan kekuatan pipa terhadap tekanan terntentu, dalam hal ini tekanan besar atau tekanan kecil.

Kelas AW atau Kelas VP adalah produk pipa PVC JIS untuk tekanan besar, atau mampu bertahan dengan tekanan 10 bar (kg/cm2). Sementara produk pipa D atau VU direkomendasikan untuk tekanan rendah atau kurang dari 5 bar (Kg/cm2).

Selain produk pipa, jenis Pipa PVC JIS juga dilengkapi dengan ribuan aksesoris dari beragam bentuk, diameter dan juga kelas tekanan (AW atau D). Penggunaan ini didasarkan dengan diameter pipa yang digunakan dan jalur seperti apa yang dibutuhkan.

Baca Juga : Harga pipa PVC JIS


Pipa PVC SNI. Merupakan jenis pipa PVC yang diproduksi berdasarkan Standard Nasional Indonesia. Produk pipa ini memiliki varian tekanan, dan metode penyambungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Ilustrasi Pipa PVC SNI

Setidaknya ada 5 jenis kebutuhan tekanan yang bisa disesuaikan dalam produk pipa PVC yang terbuat dari material uPVC ini. Tekanan 6,3 bar, tekanan 8 bar, tekanan 10 bar, tekanan 12,5 bar dan paling besar tekanan 16 bar.

Perbedaan tekanan secara fisik dapat dibedakan berdasarkan tebal tipis dinding pipa. Semakin tebal tentu saja semakin kuat pipa terhadap tekanan besar, dan sebaliknya.

Selain membedakan berdasarkan varian tekanan, piap PVC SNI juga menawarkan dua metode penyambungan, yaitu dengan cara solvent cemen atau “Lem PVC” seperti halnya jenis pipa PVC JIS, dan Rubberring Joint, dengan metode gelang karet.

Tak hanya itu, produk pipa PVC SNI juga menawarkan diameter pipa lebih beragam. Jika standard JIS menawarkan diameter terbesar sampai 12 inch, pada pipa PVC Standard SNI diameter pipa paling besar bisa mencapai 28 inch.

Klik : Distributor Pipa PVC SNI


Pipa PVC SDR-41. Pipa PVC SDR-41 merupakan standar produk perpipaan yang didesain untuk saluran air kotor dan limbah buangan. Sehingga dalam hal fisik, jenis produk ini sangat minimalis dengan tebal dinding tipis sesuai dengan kebutuhan.

Jenis pipa PVC ini memiliki warna dasar cokelat, dengan Panjang produk disesuaikan dengan standard SNI, yakni 6 meter untuk tiap batangnya. Selain itu, produk dipasang dengan metode Rubberring Joint.

Produk pipa PVC SDR-41 memiliki satu varian, karena hanya digunakan untuk saluran air limbah. Diameter yang tersedia pun terkecil ukuran 3 inch, dengan ukuran produk paling besar bisa mencapai 28 inch. Sehingga ideal untuk saluran air limbah sederhana hingga industry besar.

Selain produk perpipaan, jenis pipa PVC ini juga menyediakan beragam aksesoris yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan saluran limbah. Berbeda dengan aksesoris PVC biasa, derajat kemiringan produk ini telah disesuaikan agar limbah dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Baca Juga : Pipa PVC SDR-41 Rucika Lite


Pipa PVC-O

Ilustrasi Produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Pipa PVC-O adalah pengembangan dari produk pipa uPVC modern. Penambahan nama O pada produk berarti Oriented Bi-Axial.

Pasar Indonesia memperkenalkan produk pipa PVC-O pertama kali melalui brand Wavin Apollo. Karena Kerjasama yang tidak diperpanjang, setelah 40 tahun brand Wavin di Indonesia, akhirnya merk ini berubah nama menjadi Rucika Exoplas.

PVC-O merupakan pengembangan dari material uPVC yang telah teruji lentur kuat dan memiliki tingkat keretakan rendah. Hanya saja dalam hal produksi, jenis pipa PVC ini diproses dengan cara stretching.

Proses Teknik penarikan ini pada akhrinya membuat karakter pipa lebih tipis, lebih efisien dan memiliki durabilisat sangat tinggi. Sehingga dalam uji tes kekuatan, produk pipa PVC-O kerap dilindas dengan alat berat.

Aktivitas yang mungkin akan membuat pipa PVC biasa rusak dan hancur, namun tidak pada pipa PVC-O. Tingkat kelenturan tinggi, membuat material kembali setelah ditimpa beban berat. Meski terdapat lipatan, faktanya pipa tetap normal tanpa kebocoran dan kerusakan.

Pipa PVC-O juga memiliki tebal dinding sangat tipis. Sehingga memiliki volume lebih besar per meter perseginya dibanding produk pipa PVC jenis lain. Kelebihan ini juga membuat bobot produk lebih ringan dibanding produk pipa thermoplastic jenis lain.

Pipa PVC-O disambung dengan metode Rubbering joint, dengan Panjang optimal 6 meter tiap batang. Pipa ini tersedia dari ukuran 3 inch hingga 28 inch.

Baca Juga : Pipa PVC-O Rucika Exoplas

error: Content is protected !!